Fungsi audio processor sound system( aksesoris sound system )

Fungsi audio processor

Audio processor adalah sekumpulan peralatan audio processing yang berguna sebagai filtrasi dari signal output mixer sebelum menuju ke amplifier atau biasa disebut sebagai pre-amp.Jadi fungsi audio processor ialah sebagai alat penyempurna output mixer sebelum mengarah Kepower amplifier.

Aksesoris sound system

Didunia sound system indonesia audio processor biasa disebut sebagai aksesoris sound system.Piranti ini berupa sekumpulan konverter dan inverter audio yang dapat memperbaiki kualitas audio signal yang akan dikirim ke amplifier.

Jenis jenis audio processor

Dalam hal jenis,secara garis besar audio processor yang wajib digunakan adalah:
  • Graphic equalizer
  • Active crossover
  • External Audio efx
  • Compressor/limiter
Namun seiring dengan perkembangan teknologi audio digital,semua converter dan inverter yang saya sebutkan diatas telah terwakili oleh alat digital yang bernama DLMS.

Kegunaan audio processor berdasarkan jenis.

1. Graphic Equalizer

Sebagai alat penyeimbang frekwensi.Alat ini dapat meng-cut frekwensi berlebih atau pun mem-boost frekwensi yang kurang. Silahkan baca artikel Fungsi Graphic equalizer untuk mengetahui lebih lanjut

2. Active crossover

Sebagai alat pembagi frekwensi suara berdasarkan kriteria type speaker.Seperti driver high atau Tweeter speaker yang dapat diberikan frekwensi high saja melalui Active crossover ini.

3. External Audio efx

Alat ini berfungsi sebagai penambah efx Vocal agar hasil suara Vocal pada microphone berkesan lebih megah,type efx yang biasa digunakan adalah echo,delay dan hall.

4. Compressor/limiter

Alat yang bertugas mencegat gain berlebih dari signal input instrumen,biasa digunakan dengan metode insert.

Bila ada sebuah produk inverter audio yang menamai produk tersebut sebagai audio processor,tak lain dan tak bukan inverter tersebut hanyalah sebuah tone control biasa yang hanya berguna sebagai exciter,dan saya kira kurang cocok jika digunakan sebagai inverter didunia audio profesional.

Karena exciter hanya cocok untuk instrumen seperti gitar elektrik,bass gitar dan instrumen lainnya,dan hal tersebut pun telah terwakili oleh amplifier tone control yang mereka gunakan.Jadi lebih baik tak menggunakan tone control yang bernama audio processor ya gan....

Nah itulah penjelasan singkat saya perihal fungsi audio processor,semoga penjelasan singkat saya mengenai audio processor dapat membantu anda memahami fungsi dari audio processor. Bila ada yang ingin ditanyakan atau perlu bantuan,silahkan anda tuliskan melalui kolom komentar.
Semoga bermanfaat!


Komentar

  1. Oh,saya pikir audio prosesor itu yang ada edge sama bottom nya,ternyata itu cuma merk dagang toh...aslinya prosesor audio itu ya console yang ada dirakit aksesoris yah...makasih om,sangat informatif sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitur edge dan bottom biasanya ada pada Sonic miximizer atau biasa disebut juga binaural controller....jadi prosessor yang agan maksud sebenarnya hanyalah tune control biasa yang memiliki fitur edge dan bottom...TRIms dah mau berkunjung😊

      Hapus
  2. Terimakasih banyak ya om, saya sekarang lagi cari jawaban soalnya.

    BalasHapus
  3. Tanya, pak..sy menggunakan mixer VR8 Pro dan speaker monitor DS5A, kompressor merek apa yg cocok untuk perangkat sy. Mohon pencerahan. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya saya mau luruskan,mungkin maksud agan itu soundcard VR8 pro x yah?klo saya kira untuk compressor sih saya belum bisa kasih merk takut dibilang endorse...hehehe....tapi speaker punya om rudi dolphin lumayan juga itu.....maaf om rudi belum bisa kasih kata bagus belum endorse soalnya...wkwkwk.....back to Q....untuk kompressor analog ada baiknya gunakan yang familiar gan agar mudah dalam penyetingan....untuk soundcard saya rasa compressor digital seperti plugin pada softwere juga bisa digunakan kok,dan banyak free plug in softwere dijagad maya bertebaran menunggu untuk ditemukan lho mas....semoga bermanfaat

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish