cara menulis artikel agar lebih SEO friendly

Setelah anda selesai menerapkan praktik praktik SEO seperti penyempurnaan SEO onpage dan peningkatan otoritas melalui SEO offpage,langkah selanjutnya dari SEO yang patut anda lakukan ialah membuat atau menulis sebuah artikel yang SEO friendly.Namun jika kedua faktor SEO tersebut belum anda lakukan ada baiknya anda membaca terlebih dahulu artikel saya yang berjudul keuntungan menjadi seorang blogger newbie

Seiring dengan update SEO starter guide 2017 milik google ada beberapa poin penting perihal artikel yang SEO friendly.Nah kali ini soundonmike akan berusaha memilahnya agar para blogger sekalian bisa menerapkan cara cara menulis artikel yang sesuai dengan google SEO starter guide dan menjadikan artikel anda lebih SEO friendly.

Artikel SEO friendly

Pengertian SEO artikel

Yang pertama kali dan perlu dibahas ialah pengertian dari artikel SEO.Apa sih artikel SEO itu?
Artikel SEO adalah sebuah artikel yang memiliki karakteristik karakteristik yang mengarah pada poin poin atau kriteria  penting SEO.
Kriteria tersebut nanti akan kami jabarkan dipostingan kali ini.Maka dari itu silahkan anda baca sampai habis yah.

SEO friendly

Yang kedua yaitu SEO friendly,apa sih SEO friendly itu?
SEO friendly adalah praktik praktik yang dilakukan sesuai dengan kaidah pengoptimalan mesin penelusuran.
Bila anda ingin mengetahui lebih lanjut perihal SEO google silahkan anda baca artikel saya yang berjudul mengenal lebih jauh perihal google seo.

Artikel SEO friendly

Jadi artikel SEO friendly adalah:
Artikel yang ditulis dan diterbitkan setelah diterapkan praktik praktik  atau cara dan gaya menulis yang sesuai dengan kaidah pengoptimalan dari mesin penelusuran
Lalu seperti apakah praktik praktik terbaik dari kaidah pengoptimalan mesin penelusuran yang dikatakan sebagai SEO friendly?
Jawabnya ialah membuat sebuah artikel yang memiliki kriteria yang sesuai dengan apa yang akan saya tuliskan dibawah ini.

Kriteria artikel SEO friendly

Seperti janji saya diatas bahwa sebuah artikel akan dikatakan sebagai artikel yang SEO friendly jika memiliki kriteria khusus yang berhubungan erat dengan SEO.Maka inilah kriteria kriteria atau contoh dari sebuah artikel yang SEO friendly.Silahkan anda terapkan beberapa cara menulis artikel seo friendly berikut:

1.Memiliki Heading tags/struktur tulisan yang jelas

Sebuah artikel yang terstruktur merupakan jenis artikel yang memiliki kaidah SEO didalamnya,dan cara ini merupakan yang terbaik  dalam membuat artikel yang seo friendly.Contoh sebuah artikel yang terstruktur memiliki judul atau title yang jelas baik itu judul utama(H1) sub judul (H2) maupun judul minor (H3).Sedangkan isi artikel(H4) dianjurkan memuat kata kata yang mudah dipahami oleh manusia atau memiliki pengalaman pengguna yang baik,sehingga sebuah artikel yang memiliki isi yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan(EYD) merupakan sebuah artikel yang paling baik nilai SEO nya Dimata mesin pencari.

2.Memiliki nilai pengalaman pengguna yang baik(user-x)

Sebuah artikel yang SEO friendly sudah pasti memiliki nilai pengalaman pengguna yang bagus.Ini merupakan contoh artikel yang baik.Lalu,Seperti apakah ukuran sebuah artikel yang memiliki pengalaman pengguna yang bagus itu?
  • Memiliki internal link yang relevan
Sebuah internal link yang relevan bukan hanya baik untuk menavigasi pengguna akan tetapi baik juga untuk menavigasi mesin pencari agar mengetahui arah atau topik yang sedang dibicarakan dan relevansinya dengan artikel yang ada,sehingga hal ini dapat menjadi salah satu dari 200 rangking faktor dari search engine result page(SERP)

  • Memiliki sesi waktu yang baik
Bila berkaitan dengan sesi waktu maka erat kaitannya dengan isi konten,semakin panjang sebuah konten maka semakin lama pula sesi waktu yang dihabiskan,namun apabila sebuah konten yang panjang namun tak memiliki kenaturalan isi maka sesi waktu pun akan berubah menjadi bounce atau pantulan.Jadi bijaklah dalam membuat konten atau artikel.Usahakan memiliki kealamian dalam hal isi bahasan dari artikel yang anda buat.

  • Memiliki nilai bounce yang kecil
Seperti yang saya tuliskan diatas,nilai bounce atau pantulan semua tergantung dari bagaimana anda membuat sebuah konten dan memberikan navigasi yang baik bagi pengguna.Untuk contohnya anda dapat membacanya pada bullet selanjutnya.

  • Memiliki navigasi halaman yang baik
Sebuah halaman artikel yang memiliki navigasi yang sederhana akan lebih memiliki pengalaman pengguna yang baik jika dibandingkan dengan halaman artikel yang memiliki navigasi yang banyak.Mengapa?
Jika anda seorang pengguna dan mencari informasi pada sebuah artikel blog dan ketika anda tiba diblog tersebut ternyata memiliki navigasi yang banyak baik itu navigasi utama,breadcrumbs,related post dan sebagainya namun hanya related post saja yang terlihat sesuai dengan tujuan anda apakah navigasi yang lain bermanfaat?
Nah pengalaman pengguna yang baik justru didapat dari nilai relevansi kebutuhan pengguna bukan?

Jika navigasi anda terlalu banyak pada sebuah halaman maka pengguna hanya akan membaca artikel yang dituju saja,namun jika navigasi anda simple dan mudah dipahami pengguna maka pengguna akan rela menelusuri bagian lain blog anda karena tingkat relevansi dengan apa yang dicari pengguna cukup tinggi.

Dengan kata lain sebuah artikel yang SEO friendly harus mementingkan pengalaman pengguna(user-x).

3.Memiliki keyword terbidik

Sebuah artikel yang SEO friendly terasa kurang jika tak menjadi sebuah artikel yang berkualitas.Contoh sebuah artikel yang berkualitas ialah artikel yang memiliki keyword yang terbidik.Sebuah artikel yang memiliki keyword yang terbidik memiliki ciri ciri khusus,seperti:
  • Memiliki keyword Longtail pada title
Bila berbicara mengenai Longtail maka title atau judul merupakan tempat terbaik menempatkan Longtail keyword.
Apa sih Longtail keyword itu?
Longtail keyword adalah sebuah keyword yang memiliki keyword lebih dari satu suku kata.
Lalu bagaimana mana cara mencari Longtail keyword yang baik?
Cara termudah ya melalui google search itu sendiri.Caranya silahkan anda ketik sembarang kata digoogle search,maka akan muncul saran penelusuran yang berkaitan dengan Keyword yang anda cari bukan?
Google keyword suggestions
Nah saran keyword tersebut dapat anda gunakan sebagai Longtail anda.
  • Memiliki Latent Semantics indexing(LSI) keyword didalam artikel
Apa itu LSI?LSI adalah sebuah keyword yang biasanya akan muncul pada keyword yang dibidik dan memiliki keterkaitan kata kunci atau keyword.Lalu bagaimana cara mengetahui LSI keyword?coba liat gambar dibawah ini
LSI keyword

Anda lihat tulisan penelusuran yang terkait dengan kata kunci diatas?Nah itulah LSI keyword dari Longtail yang anda miliki.

Jadi jangan pernah lupakan untuk menempatkan keyword didalam artikel anda agar artikel anda mampu bersaing dalam hasil pencarian.

4.Mengoptimalkan deskripsi penelusuran(khusus blogger)

Untuk pengguna blogspot,jangan pernah anda remehkan deskripsi penelusuran,karena deskripsi penelusuran dapat memberikan signal kepada mesin pencari agar menampilkan deskripsi tersebut pada hasil penelusuran search engine.Ini merupakan contoh dari salah satu artikel soundonmike


Deskripsi penelusuran

Pada deskripsi tersebut saya tanamkan sebuah paragraf diartikel saya yang berjudul Potensi blog untuk generasi muda masa kini .Dan lihat deskripsi yang ada dihasil pencarian google berikut.


Deskripsi penelusuran artikel
Bukankah isi deskripsinya sesuai dengan gambar diatas?
Inilah mengapa sebuah deskripsi penelusuran yang anda edit pada saat anda membuat sebuah artikel menjadi sangat penting.


5.Optimasi image

Mungkin ini merupakan cara terdasar dari prinsip pembuatan sebuah artikel namun terkadang masih banyak yang lupa akan pengoptimasian gambar ini.
Pengoptimalan keyword melalui title txt dan alt txt pada properties image merupakan salah satu praktik SEO dalam hal pengoptimalan image dari sebuah artikel.Jadi manfaatkan opsi tersebut agar keyword anda lebih terbidik melalui pencarian gambar.Caranya pun mudah,anda tinggal mengisi kolom alt teks dengan keyword yang anda incar atau bidik.

Nah itulah beberapa kriteria artikel yang dapat dikatakan sebagai artikel yang SEO friendly.Artikel yang SEO friendly merupakan bentuk dari artikel yang berkualitas,maka dari itu jika anda ingin memulai membuat sebuah artikel yang berkualitas,maka pahami poin poin penting diatas agar anda dapat membuat sebuah artikel yang benar benar berkualitas untuk orang atau pengguna dari mesin pencari.
Semoga bermanfaat.


Komentar

  1. emang kalo artikelnya seo bakalan naik traffiknya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung artikelnya dibuat untuk siapa gan,apa untuk robot search engine saja atau untuk pengguna dari search engine itu sendiri.....karena SEO friendly memiliki 2 tahap.
      1.seo untuk robot search engine
      2.seo untuk pengguna search engine.

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish