Pengenalan mixer sound system

 Pengenalan mixer sound system

Copyright © 2017 sound on mike.Dalam dunia perentalan sound system diindonesia,yang namanya mixer sudah barang tentu semua owner rental pasti mengenali dan memilikinya.Namun banyak diantara mereka yang kurang memahami fungsi dasar dari mixer tersebut.

Maka dari itu dibutuhkan seorang sound consultan untuk memberikan referensi yang bijak untuk para pemilik rental ini.Biasanya para sound consultan hanya memberikan referensi berdasarkan pengalaman dalam menggunakan mixer yang direferensikan,dan memang harus demikian.

Karena apabila mereferensikan sebuh alat yang dikategorikan sebagai alat yang berharga wah ini tanpa pernah menggunakannya atau mengetahui seluk beluk dari si"mixer" ini saya rasa pada saat penggunaannya nanti akan terasa sekali kurang maksimalnya penggunaan fitur fitur yang tersedia didalamnya.

pengenalan mixer sound system
pic:pixabay

Berbicara mengenai fitur dan fungsi mixer,ada baiknya saya kupas sedikit tentang pengenalan mixer sound system,agar kita sama sama mengenali jenis jenis dari sebuah mixer sound system.Terdapat 3 jenis mixer sound system yang patut kita ketahui,diantaranya:

1.Mixer Analog

Mixer analog adalah sebuah mixer yang memiliki fitur yang stand alone tanpa aksesoris audio yang tertanam didalamnya,atau mixer yang masih beroperasi tanpa menggunakan operating system didalamnya.Mixer analog ditandai dengan banyaknya potensio dan tombol yang terintegrasi dan dipilah sesuai dengan channel inputnya.

Beberapa fitur tambahan masih berbasis signal perchannel,sehingga dalam pengoperasiannya dibutuhkan kejelian mata,karena segala setup yang telah dilakukan masih dapat terlihat oleh kasat mata.

Beberapa fitur yang paling sering digunakan dalam memixing menggunakan mixer analog dapat anda baca pada artikel saya yang berjudul fungsi tombol pfl,afl,sip pada mixer. Serta persenjatai diri anda dengan 3 headphone terbaik untuk mixing.

2.Mixer digital

 Mixer digital merupakan produk baru dipasaran,Fiturnya pun dibuat sekomplit mungkin agar dapat memiliki nilai efesiensi dalam penggunaan aksesoris analog yang tak lagi dibutuhkan dalam preparing soundcheck.

Karena mixer ini telah dilengkapi oleh aksesoris audio yang built in,ini semua  berkat system operandi yang dimiliki oleh sebuah mixer digital.Dalam hal fitur channel input dibuat seringkas mungkin dan mampu menampung banyak channel walauoun sizenya lebih kecil dari pada mixer analog.

Makanya dalam pagelaran konser yang membutuhkan channel super banyak mixer ini adalah jawabannya.

3.Mixer semi digital 

 MIxer ini merupakan penggabungan atau perkawinan silang antara mixer analog dengan mixer digital.Produk ini lahir karena masih banyaknya pecinta mixer analog yang kurang sreg menggunakan mixer digital,karena mixer digital lebih rumuit dalam pengoperasiannya.
beberapa produk seperti yamaha seri MGP misalnya,didalamnya telah dibenamkan aksesoris audio seperti graphic equalizer,compressor dan digital efx.

4.Powered Mixer

Mixer ini merupakan mixer bundled yang terdapat power amplifier didalamnya,hal ini membuat mixer ini lebih serba guna apabila digunakan pada venue skala kecil yang tidak memerlukan kluaran suara yang kuat,biasanya digunakan pada meeting room,karaoke room dan sebagainya.

Itulah jenis jenis dari mixer yang saat ini telah beredar diluar sana,artikel ini dibuat hanya sebagai pengenalan dasar mengenai jenis jenis mixer sound system yang biasa digunakan oleh rental rental diindonesia.Apabila ada tulisan saya yang kurang berkenan silahkan anda anda tuangkan didalam box komentar dibawah artikel ini.Saran dan masukan anda akan menjadi pertimbangan yang positif buat saya dalam mempersembahkan artikel artikel mendatang.Terimakasih.

Semoga bermanfaat