3 headphone terbaik untuk mixing audio

Copyright © 2017 sound on mike.Dalam pengoperasian sebuah mixer,headphone merupakan senjata terbaik dalam memixing seluruh input instrumen yang masuk ketiap tiap channel mixer yang sedang kita operasikan.

Sebagaimana yang telah saya tuliskan dalam artikel saya mengenai fungsi tombol pfl,afl dan sip sebelumnya bahwa dalam memonitoring instrument via tombol PreFaderListen kita membutuhkan sebuah headphone.Namun bukan sekedar headphone,melainkan sebuah headphone yang memiliki kualitas suara yang natural.

Nah,kali ini saya akan membuat list kecil beberapa headphone terbaik untuk mixing audio atau untuk rekaman.Memang untuk memixing diperlukan headphone yang baik,namun mungkin anda akan bingung jika diantara list saya terdapat headphone dengan harga dibawah 1 JT,bahkan anda yang dibawah 500rb.

Dalam proses mixing audio dibutuhkan sebuah headphone terbaik yang memiliki range frequensi yang natural,atau biasa kita sebut Flat response.Akan tetapi tidak semua headphone memiliki flat response ini.

Karena banyak beredar diluar sana berbagai macam type headphone yang memiliki harga fantastis namun kebergunaannya kurang sesuai dengan penggunaan sound system live mixing,Seperti headphone untuk DJ,headphone Gaming,headphone celluler,dan sebagainya yang banyak beredar saat ini.

List ini didapat berdasarkan pengalaman pengguna atau pengalaman saya pribadi selama ini dalam menggunakan headphone dalam mengoperasikan sebuah mixer.Langsung saja yah....

3 headphone terbaik

3 Headphone terbaik untuk mixing audio

1.SENNHEISER HD202

Headphone besutan pabrikan jerman ini merupakan pabrikan yang telah terkenal dengan produk produk headphone kelas dunia,bahkan salah satu produknya didampuk menjadi salah satu headphone yang termahal dan terbaik didunia saat ini.

Namun kali ini yang saya bicarakan bukan produk tersebut,melainkan salah satu seri headphone yang pernah saya gunakan sebelumnya,yaitu seri HD202.
Seri HD202 termasuk headphone yang memiliki kualitas suara yang sangat baik dalam mengontrol instrumen input via tombol PFL.

Response frequensi yang dimiliki boleh dikatakan natural atau flat response.Sennheiser HD202 patut menjadi rekomendasi utama saya sebagai senjata utama dalam pengoperasian sebuah mixing console atau biasa kita sebut sebagai mixer.

2.Fostex T50RP MK3N 

Headphone fostex yang satu ini merupakan headphone terjujur yang pernah saya gunakan,karena hasil output yang telah saya kelola via hedphone ini selalu menghasilkan outpun suara yang sama dengan output pada main speaker atau FOH.

Tak heran jika headphone ini merupakan andalan para insinyur didunia rekaman,karena hasil suaranya benar benar natural.Headphone pbrikan jepang ini memang telah dikenal sebagai salah satu merk dagang terbaik untuk recording.

3.Clarion WH204

Clarion type ini mungkin sudah tak beredar lagi dipasaran,karena terakhir saya menggunakannya pada 2002.Yang spesial mengenai headphone ini adlah powerfull,meskipun bisa dikatakan tidak natural hasil keluarannya,namun ada beberapa trik guna mengakalinya,yang membuat saya terpukau adalah gain outputnya,benar benar loud....mungkin saat ini anda bisa mencoba seri DJ nya,seperti DJ 9500 yang saya kira cukup bisa mengimbangi loud yang dimiliki dari pendahulunya.

Itulah 3 headphone terbaik yang pernah saya gunakan selama saya menggeluti dunia audio profesional,sebenarnya masih ada banyak headphone yang baik untuk digunakan dalam memixing via PFL,salah satunya produk dari behringer,AKG,dan Audio technica.Namun sya belum bisa berbicara banyak dengan produk produk tersebut,karena saya belum terlalu sering menggunakannya.

Semoga bermanfaat