Sound gantung : sound system flying rigging

Sound Gantung

Sound system gantung atau sound gantung,bahasa kerennya sound system rigging atau line array sound system,merupakan type sound system yang penempatannya diangkat sehingga tampak seperti di gantung.

Line array merupakan system teradvanced yang diciptakan oleh pabrikan pabrikan sound system ternama dunia.

Sound system gantung

Banyak vendor vendor berkelas dunia seperti Martin audio,Electro voice,JBL,dan Meyer telah banyak memproduksi sound system gantung dan design terbaik seperti ini.

Berbeda dengan system ground stage yang ditata secara horizontal,Line array atau sound system gantung ini ditata secara vertikal,dan lebih baik penggunaannya di lapangan.

Diindonesia sound gantung seperti ini kerap kali digunakan sebagai sound system lapangan dan sering digunakan pada acara acara hajatan.Ada pula sound system gantung miniatur yang memiliki box ukuran mini yang juga sering digunakan sebagai ajang kontes didaerah Jawa timur.

Geliat mereka bisa anda baca disalah satu artikel saya yang berjudul geliat sound system mini diindonesia.Dan sound system gantung terbaik diindonesia saat ini yang pernah saya dengar ialah sound pabrikan nexo Geo series yang kualitas suaranya bisa dikatakan HD.

Meskipun harga sound gantung 1 set tergolong mahal baik itu harga pabrikan maupun harga costum,tetap saja type sound system ini masih dikatakan paling digemari sampai saat ini.

Sebelum kita melangkah lebih jauh,ada baiknya kita kenali dulu apa itu sound system gantung line array ini.

Line array

Line Array adalah sound system loudspeaker yang terdiri dari sejumlah elemen loudspeaker yang identik dan terpasang segaris juga memiliki keluaran suara yang lebih terarah,sehingga sumber suara yang akan tercipta hampir flat.

Jarak antara driver dengan driver lainnya yang cukup dekat secara konstruktif saling menenekan untuk mengirim gelombang suara lebih jauh daripada loudspeaker horn tradisional atau biasa disebut groundstage,dan dengan pola output suara yang lebih merata. 

Line Array dapat diorientasikan ke segala arah,karena penggunaan utama mereka didalam publik address adalah dalam bentuk array vertikal yang memberikan ruang output vertikal menjadi sempit sehingga berguna untuk memfokuskan suara ke khalayak tanpa membuang energi keluaran ketempat yang kosong di atas penonton.

Line Array berbentuk vertikal menampilkan pola horisontal yang biasanya lebar yang berguna untuk menyuplai suara ke mayoritas penonton konser.Sebaliknya line horizontal(groundstage) memiliki pola horisontal yang sangat sempit dan pola vertikal tinggi.

Serangkaian subwoofer di sepanjang tepi depan panggung konser dapat berperilaku sebagai garis horisontal dan dapat berguna sebagai penyetara,kecuali jika sinyal yang diberikan pada mereka disesuaikan (tertunda, terpolarisasi,atau disamakan) untuk membentuk pola sebaliknya.

Speaker sound system gantung ini dapat dirancang untuk disusun secara horisontal tanpa berperilaku sebagai sumber garis horizontal.

Line Array modern menggunakan crossover terpisah untuk passband high, mid dan low frequency agar sumber line dapat bekerja, driver di setiap passband perlu berada dalam 1 garis.

Oleh karena itu, masing-masing box harus dirancang untuk dipasang secara bersama-sama dengan erat untuk membentuk kolom yang terdiri dari pengeras suara speaker tingkat tinggi, menengah dan rendah.

Meningkatkan jumlah driver di setiap enclosure meningkatkan jangkauan frekuensi dan tingkat tekanan suara maksimum, sambil menambahkan box tambahan ke array juga akan menurunkan frekuensi di mana array mencapai pola dispersi yang terarah.

Rangkaian LIne Array berformat besar telah menjadi standar untuk tempat konser besar dan festival luar ruangan, di mana sistem semacam itu dapat diflying (dianggkat,dikerek) dari balok struktural atau biasa disebut rigging.

Karena posisi rig yang menggantung dari satu titik inilah yang membuat mereka lebih mudah untuk dirakit dan lebih mudah dalam instalasi kabel daripada metode pengeras suara array lainnya.

Bagian bawah garis array umumnya melengkung ke belakang untuk meningkatkan dispersi di bagian bawah array dan memungkinkan suara menjangkau lebih banyak anggota audiens.

Biasanya, kabinet atau box speaker yang digunakan dalam Line array adalah trapesium,dan dihubungkan oleh hardwere khusus yang terpasang dan saling mengunci satu sama lain.

Itulah sepenggal pengetahuan saya mengenai sound system gantung yang biasa digunakan dilapangan terbuka untuk pagelaran konser dan acara besar lainnya.

Yang jelas nama dari sound system gantung ini sebenarnya adalah LINE ARRAY bukan speaker gantung yang biasa kita sebutkan.Tapi istilah soundsystem gantung juga sepertinya lebih cocok buat lidah masyarakat kita,heheheh

semoga bermanfaat


share this article to :

Comments

  1. wohhh baru tahu nih aa sound begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya udh lama gan ada...rental pertama diindonesia yang Pke sumberia sound system',Pke EAW kf series tahun 2000an 😊

      Delete
  2. Ini sih sound rigging ya namanya gan?ini mah lagi ngetren disound rental kelas kampung dijakarta.pada lomba bagus bagusan....heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan sound rigging😊emg bukan dijakarta aja x...diindonesia emg LG trend😊

      Delete

Post a Comment

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely

LAGI NAIK DAUN

Fungsi audio processor sound system( aksesoris sound system )

Jangan lupa : like our Facebook page !!!