Apa itu sound system dan audio system?

Apa itu sound system dan audio system?

Sound system atau tata suara adalah nyawa dari sebuah pertunjukan,tanpa adanya sound system mungkin orang tak akan mengenal yang namanya konser atau pun pagelaran musik orkestra dan segala bentuk pementasan di dunia ini. Karena sound system merupakan pendukung dari segala kegiatan yang sudah saya sebutkan diatas.

Namun kita sering terjebak dalam mengartikan kata sound system ini. Masalahnya ada juga istilah yang mirip dengan sound system,yaitu audio system

SOUNDSYSTEM dan AUDIOSYSTEM apa perbedaannya?




Di Indonesia kita sering sekali mendengar kata sound system.Namun berbeda dengan negara negara lain yang mengartikan soundsystem sebagai alat audio seperti surroundsoundsystem,6.1 sound system dan masih banyak lagi,pengertiannya pun menjadi rancu bila hal ini diterapkan diindonesia, bahkan di Jamaika sound system memiliki pengertian yang berbeda dari negri kita ini,menurut Wikipedia sound system dijamaika berarti sebuah kelompok yang beranggotakan DJ,MC,dan teknisi yang bermain musik ska dan sebagainya.

Maka dari itu kali ini saya akan berusaha mengartikannya dalam pengertian yang sesuai dengan kaidah yang diterapkan diindonesia.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sound system diindonesia ini kerap kali digunakan dalam acara acara resmi seperti acara resepsi pernikahan yang mengadakan hiburan live musik dangdut/lokal,maupun pada acara acara konser yang menggunakan sound gantung atau rigging/flying system.

Tapi apakah sound system berbeda dengan audio system???Lalu,apa itu sound system?

Mari kita cari tau terlebih dulu.Pengertian sound system mungkin telah banyak yang mengulas hal ini,namun kebanyakan pengertiannya lebih condong kepada pengertian dari audiosystem dimana

"Audio system merupakan sekumpulan alat elektronik yang berfungsi untuk mereproduksi suara baik itu dalam hal recording maupun live stage".

Berbeda dengan sound system yang memadukan seluruh faktor pendukung sehingga tercipta sebuah audio system yang lebih systematis.Jadi bisa dikatakan sound system ini adalah penyempurnaan dari audio system,bila diibaratkan audio system adalah jenis species sedangkan soundsystem adalah ekologinya.

Maka kali ini saya akan mencoba memaparkan pengertian dan faktor pendukungnya secara lugas agar ditemukan kebenarannya.Namun karena tak ada patokan khusus dalam hal penataan alat sampai saat ini mungkin ini hanya akan meanjadi salah satu referensi buat anda.Baiklah,mari kita mulai

Pengertian

Pengertian arti kata sound system ini hampir mirip dengan audio system hanya saja audio system lebih berfokus kepada peralatan audionya sedangkan sound system lebih kepada faktor pendukungnya atau dengan kata lain sound system lebih condong kepada fungsi dibandingkan peralatan.
Jadi pengertian dari Sound system atau tata suara adalah:
"Sekumpulan peralatan elektronik audio dan sumber daya intelektual yang tertata sedemikian rupa agar tercipta keharmonisasian dalam mereproduksi audio yang diharapkan dan dapat mengolah sinyal suara serta meningkatkan level suara sehingga terjadi kelipatan gain suara yang kemudian diterjemahkan atau disalurkan ke bagian loudspeaker sehingga terdengar kembali oleh telinga dengan kekuatan suara yang telah meningkat dengan cara memaksimalkan kinerja mekanisme audio system elektronik,sumber daya manusia dan sinyal suara yang terreproduksi sehingga menghasilkan kualitas audio yang selaras atau harmonis"
Dari deskripsi diatas kita ketahui tanpa adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya harmonisasi audio yang diharapkan akan sulit tercipta,itulah kenapa sekumpulan atau faktor pendukung yang dimiliki harus selalu harmonis.

Bayangkan bila salah satu faktor saja kurang,maka ketimpangan akan terjadi,misalkan:
"Peralatan pendukung elektronik yang tidak lengkap mustahil speaker yang ada akan memiliki kinerja yang maksimal.!!!!"
"Atau sumberdaya yang tidak memiliki intelektualitas dalam kedisiplinan ilmu namun memiliki perlengkapan elektronik yang mumpuni,system yang diharapkan pun tak akan tercipta.!!!!"
Akan tetapi ada juga arti yang lain yang lebih familiar bagi orang orang diindonesia,yaitu soundsystem adalah jasa
"penyewaan peralatan audio dalam satu set,,,"
Memang agak aneh memang.hahahah...
Namun itulah indonesia negri ku yang tercinta....Negri yang cinta akan kesederhanaan sehingga sering babarblas...heheheh...

Nah itulah pengertian dari soundsystem atau tata suara.

Lalu,faktor apa sajakah yang masuk ke dalam kategori soundsystem ini?saya akan mencoba merangkumnya untuk anda,dan anda dapat melihatnya pada tulisan saya dibawah ini

Persyaratan atau faktor pendukung

Inilah persyaratan atau faktor pendukung yang seharusnya dimiliki oleh sound system.Ini juga merupakan bagian bagian dan fungsi dari sound system yang biasa digunakan didalam sebuah pagelaran musik.Jadi inilah peralatan sound system yang biasa digunakan beserta fungsi nya,Yaitu:

1.SDM(sumber daya manusia)

Sebagai pelaku instalasi,pengoperasian dan pendesign system.Mengapa faktor ini merupakan faktor utama?
Seperti yang sudah saya utarakan diatas tanpa suber daya manusia yang berkualitas maka sound itu tak memiliki system yang sesuai dengan standarisasi sound system yang baik.

Sehebat hebatnya peralatan audiosystem yang dimiliki akan hambar bila tidak memiliki kwalitas sumber daya manusia yang handal.Sebagai persyaratan utama sebuah sound system harus memiliki sumber daya manusia yang handal,terkadang hal inilah yang paling sering dilupakan maka dari itu saya menempatkannya di urutan teratas.

Adapun sumber manusia itu ialah seorang soundman,sound engineer,dan beberapa crew yang memiliki jobdesk yang masing masing.mungkin saya akan mengulas hal ini lain kali.

2.Mixer

Berfungsi sebagai alat elektronik yang mencampur signal dari beberapa instrument.Alat ini merupakan peralatan elektronik yg paling vital,atau bisa dikatakan sebagai jantungnya dari penataan suara itu sendiri,dikarenakan fungsinya belum bisa digantikan oleh alat lain.

Bahkan fitur alat yang satu ini pun kian canggih dalam bentuk digital,karena versi digitalnya telah dilengkapi oleh converter audio digital yang built in alias tertanam didalamnya,untuk mengetahui tehnik mixing silahkan anda baca artikel yang membahas seputar cara mengoperasikan mixer audio yang berikut dan mungkin next saya akan membahas mengenai mixing console atau mixer.

3.Converter dan Inverter audio

Sebagai pengubah frekwensi audio sebelum masuk ke power amplifier.Converter ini berbeda dengan inverter,adapun converter itu adalah alat seperti graphic Equalizer dan active crossover,sedangkan inverter itu adalah alat elektronik seperti compresor,noise gate,digital efx.

Namun saat ini sudah mulai tergantikan oleh sebuah alat digital seperti digital management loud speaker yang telah built-in converter dan inverter didalamnya.Hanya inverter digital efx tentunya yang masih digunakan secara standallone.

Jika ingin mengetahui apa itu crossover anda bisa membaca artikel saya yang mengulas tentang crossover pasif berikut.

4.Power amplifier

Sebagai driver dari beberapa speaker atau pengeras suara.Klo di Indonesia terkenalnya power amplifier atau biasa disebut power,Benda ini biasanya dihubungkan dengan nilai Watt dari system tersebutMemiliki beberapa prinsip kerja dalam penggunaannya yang berdasarkan pada nilai tahanan atau resistor sebuah speaker,klo tenarnya sih impedansi.

Nanti lain kali saya juga akan mencoba mengulas hal ini.

5.Speaker

Sebagai alat pengubah gelombang tegangan arus menjadi signal suara atau biasa disebut sebagai pengeras suara.Biasanya speaker audio profesional memiliki standart impedansi 8 ohm perspeaker.Dan biasa dibalut didalam box speaker atau enclosure yang banyak Skali memiliki type dan fungsinya masing masing.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya yang berjudul Speakers dan sound system gantung berikut ini.

6.Instrument amps

Sebagai alat awal penerima signal audio,Adapun alat itu biasa kita sebut sebagai amplifier combo/solid state,Padahal ada juga yg type head cabinet/tube bahkan ada juga yang hybrid namun kurang efisien bila menjadi amplifier andalan touring.

Untuk lebih jelasnya tentang jenis amplifier atau instrument amps silahkan anda baca 3 jenis Amplifier gitar yang tepat untuk anda.

7.Kabel

Sebagai pengirim signal audio,kabel ini diibaratkan sebagai urat nadinya sound system yang mengalirkan darah signal kesemua alat yang berfungsi didalam system tata suara.

Adapun type kabel ini sangat beragam,anda dapat membacanya pada artikel yang berjudul JENIS JENIS KABEL AUDIO dan JENIS JACK ATAU CONNECTOR AUDIO.

8.Alat pendukung

Sebagai pendukung pementasan,alat ini mungkin merupakan alat pendukung sekunder.Adapun alat pendukung itu seperti peralatan service atau peralatan perbaikan,stand stand seperti stand mic,stand keyboard,stand book dan lain lainnya,peralatan instrument pun termasuk,seperti microphone,gitar,bass,keyboard,dan drum set

Nah itulah pengertian dan persyaratan atau faktor pendukung sebuah alat audio yang bisa dikatakan sebagai sound system.Dan apa bila ada kekurangan dalam penulisan artikel ini saya akan berusaha untuk mempebaikinya hingga artikel ini lebih bermanfaat agi yang membacanya.

Bila ada hal yang menurut anda kurang berkenan,silahkan tinggalkan komen anda dibox komen dibawah ini.terima kasih