Menyambut era baru Google SEO mobile indexing

Pada tanggal 18 Oktober 2017 yang lalu ketika saya sedang melakukan aktifitas blogwalking disalah satu situs ada sebuah postingan yang menarik saya untuk mengunjungi situs tersebut.

Google mobile indexing


Yah,dari gambar diatas ada pengumuman yang menarik menurut saya.Kemudian saya mencoba mencari tau dan mencoba membahas nya disalah satu komunitas diskusi blogger G+ terbesar diindonesia yaitu IAPD(Indonesian Adsense Publisher Discussion)

Dan saya pun berhasil menarik kesimpulan dari semua diskusi yang saya buat dikomunitas tersebut plus hasil bacaan saya di situs search engine roundtable yang biasa mengulas update terbaru dari Simbah Google.

yang juga menarik untuk dibaca:

Blogwalking


Mobile indexing plan

Memang google tak pernah mengumumkan secara resmi tentang update algoritma terbaru mereka terkait UX dan Mobile indexing ini.
Namun google memiliki gelagat dalam perencanaan updatenya.Seperti:

Resmi launch situs testmysite benchmark

Situs ini merupakan situs checker yang terbaru yang dikeluarkan oleh thinkwithgoogle pada Februari 2017 silam,berbeda dengan mobile friendly test dan pagespeed insight,testmysite dikhususkan untuk mengecek speed tampilan seluler kita,dengan standarisasi penilaian speed great,good,fairly dan poor.Diukur berdasarkan kecepatan loading halaman situs per detik,dengan asumsi user menggunakan jaringan 3G bukan 4G.

Google membuat Benchmark baru setelah situs ini keluar dalam statementnya di situs resmi thinkwithgoogle ini

Dengan resmi diluncurkannya situs mobile tester ini menjadi salah satu gelagat google dalam pembaruan algoritmanya,yaitu mobile indexing yang kemungkinan menjadi pedoman SEO di tahun 2018 nanti.

Keluarnya 4 tema blogger terbaru

yang juga menarik untuk dibaca:

Insting seo


Setelah resmi mengumumkan Benchmark baru dan dan launch testmysite,pada awal Maret 2017 salah satu anak perusahaan google yaitu atap dari para publisher blog yang bernama blogger.com meluncurkan sebuah pembaruan yaitu berubahnya fitur templete menjadi tema dan secara resmi meluncurkan 4 tema terbarunya yang lebih mobile friendly.

Tema desain terbaru blogger yang masing masing memiliki tampilan yang lebih mirip dengan Desain AMP yang masih terus dalam pengembangan.

Desain yang diberi judul Contempo,Soho,emporio,dan terkemuka ini digadang gadang sebagai desain yang mobile friendly.Indikasi ini semakin menguatkan opini bahwa google memang serius dalam mengembangkan era baru mobile indexing ini.

Unnamed algoritm update

Selain itu google juga sedang rajin rajinnya mengupdate unnamed algoritma terbarunya yang mengutamakan UX sebagai penilaian situs yang layak sebagai situs user friendly.Jika ditilik dari pengguna android yang kian meningkat,update unnamed algoritm ini bisa jadi salah satu upaya google untuk memaksimalkan era mobile indexing yang akan menjadi tolak ukur Google SEO.

Dari beberapa hasil penelitian saya diatas nampaknya sudah selayaknya bagi kita para blogger Nasional mulai tanggap dengan hal ini,agar bila saatnya era mobile indexing google benar benar resmi diberlakukan,kita tak perlu kaget dikemudian hari jika situs kita merosot dalam hal rangking serps dan visitor situs.

Hal hal yang saya tuliskan kali ini hanyalah asumsi saya pribadi,bukti dan kebenarannya belum bisa dipastikan.Tulisan ini dibuat agar kita bisa mengantisipasi dan tak kaget lagi bila suatu hari nanti update ini berlaku.Berbagai cara penanggulangannya sudah dibahas dibeberapa blog SEO yaitu dengan mempercepat loading tampilan seluler kita,dan membuat konten konten yang memiliki nilai lebih Dimata user google.

Semoga beemanfaat