Apakah harga menentukan kualitas?

Pertanyaan yang agak klise menurut saya jika judul diatas dihubungkan dengan speaker sound system.Maka dari itu mari kita luruskan sejenak penyataan dari pertanyaan yang sering kita dengar apabila kita sedang memilih speaker yang sesuai dengan kebutuhan kita.

https://www.soundonmike.co.uk/

"Harga speaker sound system bukanlah penentu bagus atau tidaknya kualitas dari sound system."

Jargon yang agak menyesatkan menurut saya apabila harga dikaitkan dengan kualitas.

Karena untuk mendapatkan sesuatu yang berkualitas itu harus memiliki persyaratan tertentu sehingga barang yang kita beli mampu menghasilkan kualitas yang kita harapkan.

Contoh:


Speaker low dengan harga diatas 3 juta keatas ditempatkan atau digunakan sebagai speaker full range.
Apakah kualitas suaranya sesuai dengan harapan?

Akan berbeda jika sebuah speaker full range seharga 1 jutaan dan digunakan sebagai speaker full range.maka akan menghasilkan suara full range yang sesuai dengan harapan kita.

Apakah yang anda lihat dari contoh diatas harga mahal bisa menentukan kualitas?

Sebuah speaker akan berkualitas jika ditempatkan pada tempatnya serta memiliki sumber daya intelektual didalam penggunaan dan pemberdayaan.

Nah,masih terpaku kah anda pada jargon title artikel saya kali ini?silahkan anda berfikir ulang.Efesiensilah sebenarnya yang menentukan kualitas,bukan cuma harga.

Jargon harga mahal adalah kualitas hanyalah sekedar bahasa promosional sang pedagang agar barang mahalnya itu laku terjual,dan mereka berhasil.

Apakah anda masih bingung tentang menentukan mana yang anda pilih dalam membeli speaker?

Saran saya ajaklah sumber daya intelektual (teknisi sound/sound engineer)anda ketika anda hendak mbeli sebuah speaker system' baru.karena masukan dari merekalah yang harus anda percayai,bukan sang pedagang.
Happy hunting....on harga speaker sound system!!!.

Salam blogger