Apa itu SOUNDMAN ?

soundman.jpgย 

Sebagai seorang Soundman,kali ini saya akan membagikan sedikit info tentang hal dan kriteria apa saja yang wajib dimiliki oleh seseorang yang berprofesi di bidang ini.Dikarenakan bidang ini melibatkan antara musisi dan audiens.Ok baiklah kalau begitu langsung saja ke pokok bahasan.

DESKRIPSI

Soundman merupakan ujung tombak dalam merepro sebuah penyelenggaraan live perform audio on stage,bila diibaratkan soundman itu merupakan driver atau sopir dari kendaraan yang bernama sound system bukan hanya Mixer akan tetapi alat pendukung lainnya yang berhubungan dengan event tersebut.
Ia adalah operator dari keseluruhan system audio yang ada.
Jadi secara keseluruhan Soundman itu adalah operator dari system audio yang bertanggung jawab terhadap hasil suara yang diproses melalui tehnik memixing yang baik sehingga hasil kualitas dan kuantitas audio dapat dinikmati oleh para audiens.

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa posisi seorang Soundman dalam sebuah event yang melibatkan sebuah system audio sangatlah central,dikarenakan fungsi atau jobdesk yang dimilikinya sangat berperan penting dalam menentukan kualitas dan kuantitas dalam hal penyampaian audio para musisi kepada para audiens.

Namun sayang hanya segelintir musisi amatir yang dapat menghargainya.hanya musisi profesional saja yang telah dapat menerima keberadaan dari seorang Soundman ini.

KRITERIA WAJIB SEORANG SOUNDMAN

Seseorang bisa dikatakan sebagai seorang soundman apabila ia memiliki beberapa kriteria sebagai berikut:

  • GOOD HEARING

Modal utama dan yang paling vital ialah pendengaran yang bagus,jikalau bisa memiliki pendengaran super,mengapa demikian?

Karena ia mesti dan wajib mendengarkan detil detil instrumen yang sedang bermain diatas panggung.

Ia mesti dapat membedakan yang mana bunyi dari gitar dan karakter soundnya dan juga ia mesti bisa membedakan yang mana bunyi kick drum dan yang mana bunyi tam floor atau pun menentukan yang mana bunyi snare drum atau bunyi cymbal secara detil dan dapat menyeimbangkan suara suara tersebut agar terdengar harmonis.

  • GOOD PERSONALITY

Seorang soundman harus memiliki personalitas yang baik,memiliki sopan santun,integritas dan kharisma sebaga seorang team player dan team leader,

Karena seorang soundman sudah bisa dipastikan akan berinteraksi dengan banyak pihak,baik itu pada sound crew maupun pada performer atau musisi agar tercipta sebuah koordinasi yang baik.

  • GOOD STAMINA

Yang satu ini tak kalah pentingnya,karena musuh utama dari seorang soundman adalah fatigue/kelelahan.
Karena bila seorang soundman yang mengalami kelelahan sudah dapat dipastikan hasil mixingnya berantakan

  • GOOD KNOWLADGE

Hal yang terakhir yang wajib dimiliki seorang soundman adalah pengetahuan yang mumpuni tentang peralatan yang ia gunakan,
Karena apabila ia tdak memiliki pengetahuan tentang apa yang sedang dia operasikan sama saja seperti orang buta yang mengendarai sebuah mobil.

semoga info kecil dari saya kali ini dapat membuka mata kita,bahwa profesi soundman itu bukanlah sekedar sebuah profesi yang tidak seharusnya dipandang sebelah mata oleh para pelaku bisnis yang memerlukan jasa mereka.

Karena soundman memiliki level pekerjaan yang setara dengan supervisor disebuah perusahaan.Berbeda dengan sound engineer yang lebih viral lagi posisinya.

"So...give applouse for a soundman"๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘