Apa itu Sound engineer ?

Salah satu ujung tombak dan profesi paling vital didunia industri rental soundsystem saat ini ialah SOUND ENGINEER.
Ya...profesi ini hanya dapat dimiliki oleh praktisi yang berlisensi dan paham seluk beluk system audio yang dipergunakan dalam venue.


sound engineer

Berbeda dengan Soundman sebagai operator sound engineer merupakan pendesign system yang digunakan oleh Soundman.

Jika sound system itu diibaratkan pesawat jet tempur Soundman adalah sang pilot namun sound engineer adalah sang creator dari jet tempur tersebut.

Segala piranti piranti yang digunakan seorang soundman sang sound engineer lah yang berhak memutuskan settingan dari console console yang digunakan.

Posisi ini hanya berhak diduduki oleh orang yang sangat berpengalaman dalam industri sound system.


Apa itu sound engineer?

Lalu apa sajakah kriteria yang harus dimiliki oleh seorang sound engineer ini?


1. Penguasaan piranti

Seorang sound engineer diwajibkan menguasai berbagai macam piranti sound system,karena dia merupakan dalang dalam setting sound system'

2. Problem solver

Apabila ada trouble dalam pementasan yang berkaitan dengan audio hardware orang inilah yang pertama diminta pendapatnya

3. Designer

Karena sound yang digunakan menggunakan system' yang terdesign sedemikian rupa maka sound engineer lah yang menjadi designer nya.

4. Leadership

Bila dilihat dari perannya yang lebih mirip sebagai manager,maka sifat leadership memang harus dimiliki,selain dari problem silver yah.

5. Teliti dan cermat

Kunci keberhasilan sebuah pagelaran ialah ketelitian,dan sukses sebuah sound design dihasilkan dengan kecermatan,nah beliaulah yang menentukan semua kunci kesuksesan ini.

Setelah mengetahui semua tanggung jawab dan pekerjaan yang harus dilakukan sebagai seorang engineer sound,apakah anda berminat menjadi salah satunya?jika saya yang ditanya maka akan saya jawab...ntar dulu deh,ilmu saya belum cukup...hihihi.
Semoga bermanfaat.