Cara setting mixer dangdut yang mudah

Cara setting mixer untuk dangdut yang mudah

Setting mixer dangdut

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa musik dangdut merupakan salah satu musik yang paling banyak ditampilkan dipentas hiburan hajatan dihampir seluruh propinsi di Indonesia.

Karena dangdut musik yang paling sering dipentaskan,maka banyak pula usaha usaha rental sound kelas hajatan yang banyak tersebar di seluruh Indonesia,baik yang dikelola secara profesional maupun secara amatir.

Nah karena banyak rental sound amatir yang masih bingung dengan setting mixer dangdut,maka kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara setting mixer untuk dangdut yang paling simple dan mudah.

Setting disini dalam artian penempatan input instrument yang sering sekali dianggap kurang penting,padahal jika kita menggunakan channel yang sudah ditentukan untuk instrumen tertentu,sudah pasti untuk mendapatkan karakter dari instrumen tersebut akan lebih mudah dan cepat.

Input tetap

Seperti yang sudah saya ungkapkan diatas input tetap berdampak pada kemudahan dalam menemukan setting headroom,equalisasi dan tuning suara pada sebuah instrumen.

Setting dangdut full

Sebagai contoh kita menggunakan mixer berkanal atau channel input berjumlah 24 channel full. Mixer ini digunakan untuk perform dangdut full yang mana biasanya terdiri dari banyak instrumen yang akan dimixing. Diantaranya :
  • Gendang 2 kanal 
  • Bass 1 kanal
  • Gitar melodi 1 kanal
  • gitar rhythm 1 kanal 
  • string 1 kanal
  • blok piano 1 kanal
  • tamborine 1 kanal
  • Suling 1 kanal
  • drum 5 kanal diantaranya kick,snare,Remo,tom,floor Tom
  • Saxophone 2 kanal(optional)
  • Vocal minim 2 kanal
Dari list instrument input diatas kita bisa menetapkan urutan sebagai berikut :
  1. Channel 1   : Gendang dut
  2. Channel 2   : Gendang tak
  3. Channel 3   : Bass
  4. Channel 4   : Melodi
  5. Channel 5   : Rhythm
  6. Channel 6   : Strings keyboard
  7. Channel 7   : Blok piano
  8. Channel 8   : Tamborine
  9. Channel 9   : Suling
  10. Channel 10 : Kick drum
  11. Channel 11 : Snare drum
  12. Channel 12 : Remo
  13. Channel 13 : Tom 
  14. Channel 14 : Tom floor
  15. Channel 15 : Saxophone
  16. Channel 16 : Trompet
  17. Channel 17 : Vocal 1
  18. Channel 18 : Vocal 2
  19. Channel 19 : null(persiapan untuk instrumen tambahan)
  20. Channel 20 : null
  21. Dan seterusnya sampai channel 24

Setting organ tunggal +

Untuk setting organ tunggal + biasanya kita hanya memerlukan mixer berukuran 12 channel saja sudah cukup,karena input yang dibutuhkan untuk organ tungga biasanya hanya input untuk keyboard dan pendukungnya,seperti :
  • Keyboar 2 kanal
  • Gitar 1 kanal
  • Suling 1 kanal
  • Vokal 2 kanal
  • Gendang 2 kanal
Jadi setting mixer 12 channel yang baik seperti :
  1. Channel 1 : Dut gendang
  2. Channel 2 : Tak gendang
  3. Channel 3 : Suling
  4. Channel 4 : Gitar
  5. Channel 5 : Keyboard L
  6. Channel 6 : Keyboard R
  7. Channel 7 : Vocal 1
  8. Channel 8 : Vocal 2
  9. Sisanya digunakan sebagai channel untuk instrumen tambahan.

Jika kita mengunakan skema input seperti diatas dan menghafalnya diluar kepala tanpa harus menempelkan lakban kertas pada mixer saya yakin mixer kita akan tetap kinclong tanpa adanya bekas tempelan dari lakban kertas.seperti gambar mixer dibawah ini

Cara setting mixer dangdut yang mudah


Jika skema diatas dijadikan patokan standar dangdut full dimixer yang kita gunakan maka setiap ada pagelaran dangdut full kita tak perlu balancing terlalu lama,karena settingan equalisasi dan warna suara untuk masing masing instrumen telah ditemukan di tiap channel input.

Hal ini memudahkan kita dan mempersingkat waktu dalam menemukan kontur Yang diinginkan baik oleh player maupun oleh kita sendiri sebagai soundman. Nah,apakah anda juga pengadopsi settingan mixer dangdut seperti diatas?.....Jika ya selamat,karena mixer anda bersih dari benda benda yang lengket(lakban)....heheheh

Note : settingan diatas tak terikat dan dapat diubah sesuai dengan kehendak anda. Toh disound system tak ada yang namanya settingan pasti,semuanya bergantung pada mood dan feel anda....para soundman Indonesia.....


Comments