Memahami fungsi Aux pada mixer

Auxilary

Mixing console atau biasa kita sebut sebagai mixer,memiliki banyak sekali fitur fitur tambahan didalamnya,salah satunya ialah Aux(auxilary).Apa sih fungsi dari Aux itu? Mari coba kita bahas agar kita dapat memahami apa fungsi dari fitur aux yang ada pada mixer kali ini.
Memahami fungsi Aux pada mixer

Auxilary atau Aux adalah salah satu fitur mixer yang menjadi tambahan paling penting jika kita berbicara mengenai pementasan live dengan single mixing console on stage.

Karena Aux biasa digunakan untuk output tambahan dari mixer ke speaker input stage monitor.Namun bukan hanya itu saja fungsi dari Aux ini,Aux juga bisa digunakan sebagai input inverter dan input subwoofer.

Banyak dari kita hanya memanfaatkan efx in-out atau efx send/return sebagai input,padahal jika kita menggunakan Aux,kebebasan pengaturan besaran input dan kemerdekaan penggunaan efx pada instrumen akan lebih mudah kita dapatkan.

Contoh:
Biasanya efx send/return memiliki output global,atau dengan kata lain tak dapat mengontrol keluaran send pada tiap channel yang ada dimoderatori,nah bila kondisi ini yang kita temui maka akan lebih mudah bagi kita untuk menggunakan Aux send sebagai input efx,dan apabila seorang player gitar(biasanya) yang ingin menambahkan efx reverb dan delay kedalam outputnya,kita dapat menambahkan dari Aux send yang menjadi input efx.
Nah,cukup bebas bukan penggunaan Aux send ini?

Aux send sebagai input sub

Jika berbicara mengenai subwoofer instrumen yang dapat dimasukkan kedalam speaker sub,alangkah baiknya dipilah terlebih dahulu,jangan digunakan global output kedalam input sub woofer,karena apa?

Karena apabila suara vocal muncul dispeaker sub...tandanya system subwoofer anda memiliki anomali.

Jadi instrumen apa sajakah yang wajib menjadi input sub woofer agar speaker subwoofer dapat bekerja secara maksimal?

Mari kita pilah....

Subwoofer adalah speaker yang khusus menyalurkan suara rendah,jadi instrumen yang memiliki suara rendah yang dominan merupakan instrumen yang cocok sebagai input dari subwoofer.
Seperti :
  • Kick drum
  • Tom floor
  • Kendang dut
  • Bass gitar
  • Cajon
  • Dsb.
Nah,sudah sedikit agak paham bukan mengenai fungsi dari Aux yang ada didalam mixer bukan?
Bila masih ada yang anda kurang pahami,silahkan anda tanyakan langsung melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.
Semoga bermanfaat



share this article to :

Comments

LAGI NAIK DAUN

Fungsi audio processor sound system( aksesoris sound system )