onstage monitor system : cara setting speaker monitor panggung

Apabila disaat kita menggunakan system FOH(front of house) dengan menggunakan 2 buah mixer,terkadang kita bingung dengan cara setting sound system live yang dibutuhkan pada monitor panggung yang kita miliki.
Cara setting speaker monitor panggung

Oleh karena penempatannya yang tergolong simple,monitor terkadang dilupakan.Padahal monitor merupakan salah satu aspek penting dalam perhelatan musik.Karena bisa dikatakan disanalah aura audio pertama kali dibuat untuk menghasilkan suara FOH yang harmonis.

Sebenarnya apa sih fungsi monitor dipanggung?

Fungsi monitor panggung

Monitor speaker atau biasa kita sebut sebagai monitor panggung merupakan system yang diperuntukkan bagi player atau pemain musik yang sedang perform atau tampil diatas panggung.

Speaker ini berguna untuk mengontrol atau mendengarkan instrument yang sedang dimainkan oleh siplayer tersebut.Sehingga seluruh instrument yang terlibat dapat didengar oleh semua musisi.

Jenis penempatan speaker monitor

Dalam hal penempatan atau peletakan speaker,bagian monitor memiliki beberapa penempatan yang fix,diantaranya:

1.Floor monitor

Cara setting monitor panggung

Monitor jenis ini ditempatkan dengan cara menidurkan speaker dilantai panggung dan menghadap langsung pada sipengunjung musik agar mereka dapat mengontrol instrumen yang ingin mereka dengar lebih dominan,Floor monitor pun terbagi menjadi 2 :
  • Floor monitor untuk singer atau penyanyi
  • Floor monitor untuk musisi
Terkadang floor monitor pun disebut juga stadia.

2.Sidefill monitor


Cara setting monitor panggung

Monitor ini biasa ditempatkan di sisi kanan dan kiri panggung dan biasanya mengeluarkan suara hasil mix master output pada pada mixer monitor.Makanya hasil suara dari Sidefill dapat terdengar secara stereo.

3.Drumfill

Cara setting monitor panggung

Monitor khusus buat player perkusi seperti gendang,drum dan sebagainya.

4.in ear monitor

Jenis monitor yang biasanya menggunakan headphone atau earphone yang biasanya mengandalkan teknologi wireless untuk pengiriman signal outputnya.

Nah kalau masalah cara menggunakan in earth monitor ini lebih simple atau bisa disebut juga lebih aman untuk signal output FOH karena rendah laten feedback.

Cara setting monitor panggung yang baik

Cara setting dan memasang monitor yang baik sebenarnya bukan pada penempatannya melainkan pada system wiring monitor panggung.Mengapa?
Karena kita berbicara mengenai cara setting yang menggabungkan 2 buah mixer menjadi satu kesatuan system yang terpisah.

Dikarenakan mixer FOH mendapatkan signal input melalui snake cable maka input yang berasal dari instrumen wajib dipisah agar mixer monitor pun memiliki hak input yang sama dengan mixer FOH.

Oleh karenanya dibutuhkan sebuah alat yang bernama splitterbox atau biasa juga disebut jumpbox.
Cara setting monitor panggung


Jumpbox memiliki fungsi yang hampir sama dengan DIbox,namun dalam jumlah yang masiv.Jumpbox inilah yang akan membagi signal instrumen menjadi 2 arah.1 kemixer FOH dan yang 1 nya kemixer monitor.

Nah setelah memisah sumber input saatnya kita bahas perihal output mixer.

Pembagian output mixer monitor.

1.Stereo master out ->Graphic equalizer->stereo crossover->power for Sidefill monitor.
2.Aux out->Graphic equalizer->floor monitor Active speaker
3.Aux out->Graphic equalizer->drumfill Active speaker
4.Aux out->Graphic equalizer->ini ear monitor transmitter->ini ear monitor recieve.

Nah itulah cara setting monitor panggung yang biasa digunakan pada perhelatan musik atau pagelaran pagelaran yang menggunakan system FOH.
Semoga beemanfaat