Apa itu Kabel hdmi? Dari sejarah dan fungsionalitas

HDMI

Kali ini saya akan membahas salah satu kabel yang dikatakan sebagai kabel evolusioner didunia digital audio video.Karena kabel ini merupakan kabel yang tak memiliki kompresi data sama sekali sehingga setiap data digital yang dihubungkan melalui kabel ini akan diterima sepenuhnya oleh perangkat yang terhubung.

Kabel HDMI

Pengertian HDMI 

HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah kabel interface audio / video eksklusif yang berfungsi untuk mentransmisikan data video tanpa kompresi dan data audio digital terkompresi atau tidak terkompresi dari perangkat yang kompatibel dengan HDMI,seperti DVD player ke monitor komputer maupun HDtv,proyektor video,atau perangkat audio digital.

Kabel HDMI merupakan evolusi dari kabel RCA yang selama ini telah digunakan.Jika anda ingin mengetahui apa itu kabel RCA silahkan anda baca artikel saya yang berjudul Mengenal apa itu Kabel RCA.

Sejarah kabel HDMI

HDMI pertama kali diperkenalkan dipasaran pada akhir tahun 2003 dibenua Eropa.Kabel HDMI didistribusikan dalam bentuk paket bundled yang disertakan ditiap pembelian produk elektronik seperti HD tv dan HD DVD player.

Pengenalan kabel HDMI sebagai produk bundled membuat banyak produksi kabel mulai memproduksi kabel HDMI massal,yang ditujukan bagi konsumen pengguna elektronik HD tersebut.Hal tersebut berkembang sampai sekarang.

Standarisasi signal

HDMI memiliki standar EIA/CEA-861 yang menentukan format video dan bentuk gelombang, pengangkutan data audio, pelengkap, terkompresi, dan LPCM, data pelengkap, dan implementasi VESA EDID.

Sinyal CEA-861 merupakan sinyal standar yang digunakan oleh DVI atau biasa dikenal sebagai Digital visual interface.Sehingga seluruh sinyal yang dikirim dalam bentuk digital lebih mudah di terjemahkan oleh produk elektronik berbasis high defenition atau HD.

Nah saya rasa penjelasan saya diatas sudah cukup untuk menjawab pertanyaan seputar kabel HDMI yang perlu anda ketahui.
Semoga bermanfaat.