Mengenal apa itu Kabel RCA

Apa itu kabel RCA?

Anda pasti sering mendengar kabel rca bukan? Kabel rca atau biasa disebut kabel phone merupakan kabel yang digunakan untuk mengirim signal audio dan video pada peralatan elektronik seperti televisi,cctv dan CD/DVD player.RCA sendiri merupakan kepanjangan dari Radio Corporation of America yang mana kabel ini berfungsi sebagai alat pengirim signal analog audio video keperalatan lainnya.

Kabel RCA pertama kali didesign dan diperkenal pada awal tahun 1940 dan berfungsi sebagai penghubung antar chassis pada peralatan radio photography rumahan.Namun penggunaan kabel RCA mulai dikembangkan ditahun 1950an seiring dengan perkembangan teknologi peralatan audio saat itu.

Ciri ciri

Kabel RCA

Kabel RCA saat ini sudah mengalami beberapa perubahan seiring dengan perkembangan teknologi peralatan elektronik rumah tangga yang pesat.Kabel rca saat ini memiliki 3 buah kabel yang memiliki 3 buah kabel utama yang ditiap ujungnya memiliki kepala Jack rca yang dibedakan dengan warna sebagai pembeda fungsionalitasnya.

Warna warna tersebut sudah dipatenkan sebagai lambang dari Jack RCA itu sendiri.
Diantaranya:
  • Warna kuning : sebagai penghubung signal video
Kabel RCA

  • Warna merah dan putih : sebagai penghubung signal audio stereo R(right) dan L(left)
Kabel RCA

Seiring dengan perkembangannya kabel RCA telah mengalami berbagai macam modifikasi dalam hal konektifitas.Ada yang berbentuk :

 VGA to RCA
Kabel RCA


HDMI to RCA
Kabel RCA


TRS to RCA
Kabel RCA


dsb.

Memilih kabel RCA

Untuk penggunaan rumah tangga atau home application kabel RCA standar sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dari peralatan audio video anda,dikarenakan penggunaannya yang stagnan atau tetap dan tak berpindah pindah.

Namun jika penggunaannya membutuhkan kekuatan durabilitas atau selalu berpindah pindah ada baiknya anda memilih kabel RCA yang berkualitas bagus.Ciri ciri kabel RCA yang bagus banyak ditemukan pada perangkat audio mobil dan peralatan cctv karena penggunaan mereka membutuhkan kinerja optimal dari kabel RCA itu sendiri.

Nah,saya rasa pembahasan saya mengenai kabel rca ini sudah cukup untuk memenuhi keinginan Tahuan anda bukan? Bila ada pertanyaan seputar kabel RCA silahkan anda isi pertanyaan anda dikolom komentar yang telah tersedia dibawah artikel.
Semoga bermanfaat.



share this article to :

Comments

LAGI NAIK DAUN

Fungsi audio processor sound system( aksesoris sound system )