Cara merawat kabel audio sound system dan jack

Kabel merupakan piranti paling vital dalam setting audio pada peralatan sound system anda.oleh karena itu dibutuhkan perawatan khusus dengan penjadwalan yang baik.

Memang belum ada yang dapat menetapkan jadwal terbaik untuk merawat kabel audio,namun bila ingin kabel audio kita awet,sudah semestinya dilakukan perawatan berkala.

Berikut cara cara yang baik dilakukan untuk merawat kabel audio dari perangkat kesayangan anda.

Cara merawat kabel audio dan jack

Untuk merawat kabel audio dan Jack audio ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan untuk menjaga performa kabel dalam kondisi prima.Alat alat yang dibutuhkan:

1.Kain lap basah

Kain lap basah

Kabel audio yang sering digunakan sudah pasti akan dalam kondisi kotor,kain lap basah ini dibutuhkan untuk membersihkan selaput luar kabel agar tetap bersih sehingga diwaktu penggunaannya kembali kabel tetap bersih.

2.Multi tester

Multitester digital

Alat ini berfungsi untuk mendeteksi kerusakan awal pada kabel audio anda sehingga tindakan lanjut dari hal tersebut dapat diambil.

3.Tang potong

Tang potong

Yang potong berfungsi untuk mengupas serat kabel pada kabel rusak yang akan diperbaiki kembali.

4.Solder dan timah

Solder dan timah

Solder difungsikan untuk memanaskan timah agar dapat menyambungkan kabel yang hendak diperbaiki dengan menyambungkannya kembali ke pin Jack yang akan digunakan.

Nah itulah 4 alat yang diperlukan untuk merawat kabel audio anda.Sekarang adalah langkah langkah yang harus dilakukan dalam merawat kabel audio anda.

Langkah langkah perawatan kabel audio

Inilah langkah langkah yang dibutuhkan:

  • Kumpulkan gulungan gulungan kabel Jack yang akan dirawat.

  • Siapkan kain lap yang telah dibasahi dengan air kemudian lap kabel tersebut dengan cara menarik dari ujung kabel keujubg kabel yang lainnya dengan menggunakan lap basah tadi.

  • Kumpulkan kabel kabel yang sedang bersih tadi dan keringkan dengan kipas angin agar cepat kering.

  • Untuk pengecekan gunakan multitester dan periksa tiap tiap pin Jack apakah masih dalam keadaan tersambung atau tidak.

  • Pisahkan kabel yang masih dalam keadaan baik dengan kabel yang sudah rusak.

  • Perbaiki kabel yang rusak dengan menggunakan tang potong,solder dan timah,untuk cara perbaikannya sama dengan cara menyambung kabel Jack seperti artikel saya yang berjudul Cara menyambung kabel canon xlr

  • Apabila semua kabel sudah dalam kondisi prima simpan kembali kedalam penampungan kabel audio yang anda miliki.

Nah mudah bukan cara merawat kabel audio dan Jack anda?
Sebaiknya cara diatas dilakukan tiap seminggu sekali agar pada saat anda menggunakannya dalam perhelatan musik semua kendala yang diakibatkan dari kabel dapat diatasi.Lain kali saya akan membagikan tips cara merawat dan membersihkan mixer audio dan headphone.
Semoga bermanfaat.