Cara memasang kabel pada Jack canon(xlr)

Kali ini saya akan menulis cara memasang kabel pada Jack xlr atau biasa disebut jack canon.Jack xlr atau Jack Canon memiliki dua kombinasi cowok dan cewek.(Kok cowok dan cewek?entahlah,mungkin karena bentuknya kali yah,ya sudahlah jangan dibahas.....heheheh).Bila dalam sehari hari kita biasa menyebutnya Jack mic.

Cara memasang Jack xlr

Pada artikel ini akan diterangkan bagaimana cara pasang Jack xlr yang baik,dimana pemasangannya harus memenuhi beberapa kriteria.

 Diantaranya:

  1. Bahan
  2. Tata cara
  3. Fungsi

Artikel terkait:
mengenal pin dan cara pasang jack speakon

pemasangan


Seperti yang saya uraikan diatas untuk memasang Jack xlr dibutuhkan bahan bahan yang wajib ada.

Diantaranya:

  • Kabel analog balance atau unbalance
  • Timah dan soldering iron
  • Tang potong
  • Multitester
  • Jack xlr

Persiapan dan proses pemasangan


Siapkan bahan bahan yang dibutuhkan sesuai dengan list yang sudah saya tuliskan diatas,ukur panjang kabel analog yang dibutuhkan,sesuaikan dengan jarak yang dibutuhkan nanti dilapangan,untuk kabel Jack microphone biasanya dibutuhkan bentangan sekitar 4 sampai 8 meter untuk ukuran panggung midle size(6x8mtr),boleh dilebihkan menjadi 10 meter namun akan ada sisa gulungan ketika dilapangan.

Potong kulit luar kabel analog(biasanya kabel canare type l2t2s atau sejenis)usahakan menggunakan kabel ORI ya guys...ukuran potongan kalau bisa tidak lebih dari 80mm,agar waktu memasang penutup Jack,kulit kabel akan tetap terjepit didalam pressernya.

Setelah kulit luar kabel dipotong akan terlihat serat kawat yang terajut rapih,gunakan ujung multi tester untuk mengurai rajutan pembungkus agar terurai dan mudah dipilin.Pilin atau putar serat serabut kawat pembungkus tersebut,serat kawat ini nantinya akan kita jadikan ground untuk kabel.setelah terkelupas dan serat terurai dan dipilin dengan rapih akan nampak 2 buah kabel berwarna lainnya diikuti beberapa benang nylon yang menjaga kabel selaput dalam.

Potong dan bersihkan benang benang tersebut menggunakan cutter atau tang potong.Hal ini berguna agar selama proses penyodetan tak terganggu oleh benang benang tersebut.

Saatnya proses penyolderan.

Kupas dua kabel berwarna,biasanya merah berpasangan dengan putih,atau merah dengan biru,atau hitam dengan putih.kupas ujung kabel agar seratnya terlihat,tidak perlu panjang jarak pengupasan antara kulit kabelnya,cukup 2 mm sehingga kabel dapat dibubuhi timah solder.berikan juga timah ke serat yang sudah dipilih.

Persiapkan Jack xlr,buka semua penutup pin nya.anda akan melihat 3 buah pin yang dibubuhi angka pada dasar plastik PIN xlr nya.
Ada pin 1, 2, dan pin 3.pin tersebut berguna untuk menandai polaritas kabel yang akan kita pasang.Tentukan warna kabel yang hendak ditempelkan pada pin pin tersebut.

Sebagai standarisasi, warna kabel adalah tanda polaritasnya.Begini polaritas kabel yang baik

  • Pin 1 sebagai ground berpasangan dengan kawat serabut kabel
  • Pin 2 sebagai nilai plus(+) polaritas biasa disandingkan dengan kabel berwarna merah
  • Pin 3 sebagai nilai min(-) polaritas biasa disandingkan dengan kabel berwarna netral seperti putih atau hitam.
Sebelum menyambung kabel dengan pin jangan lupa memasukkan penutup ulir Jack kekabel terlebih dahulu yah.agar setelah disorder kita tak kebingungan menyambungkan cap xlr dengan penutup ulirnya.

Setelah siap sambungkan kabel kabel sesuai dengan pin yang sudah saya tuliskan diatas.masukkan plastik PIN kedalam cap xlr,pasang pressernya lalu tutup dengan penutup ulirnya.dan selesai.jack xlr anda telah terpasang.Lakukan pula pada ujung kabel yang satunya yah.....
Ingat penyambungan kabel disesuaikan dengan pin yang sama.

Semoga beemanfaat