Cara memasang unit iklan dfp

DoubleClicks for Publisher.

Kali ini soundonmike akan memberikan tips cara memasang unit iklan DFP diblog anda.Cara memasang unit iklan DFP agak berbeda dengan cara memasang unit iklan adsense.Untuk membuat unit iklan DFP dibutuhkan 2 kali proses pembuatan iklan,yaitu membuat unit inventaris iklan dan membuat unit penempatan iklan.

Inilah yang membuat cara pembuatan unit iklan DFP dikatakan rumit oleh sebagian publisher adsense.Bahkan dalam beberapa kasus unit iklan dfp tidak muncul disitus.Padahal jika sudah terbiasa pasti akan mudah juga,hehehe.
Namun sebelum kita membahas cara membuat unit iklan DFP ada baiknya kita cari tau apa sih DFP itu?

Cara memasang unit iklan DFP.

DFP atau lebih dikenal sebagai Double Click adalah sebuah console iklan yang dibuat khusus oleh pihak Google ads untuk para publisher nonhosted adsense,agar mereka memiliki akses mediasi kebeberapa jaringan iklan yang terdaftar oleh jaringan doubleclicks for publisher.

Hak akses ini berupa kepemilikan space unit yang dibuat oleh administrator doublecliks dan ditempatkan disitus(TLD) yang tertaut dengan akun adsense nonhostednya.Untuk mengetahui cara menautkan akun adsense dengan akun doubleclicks silahkan baca postingan saya yang berjudul Cara menautkan akun adsense dengan DFP.Satu satunya Cara daftar DFP yang saya ketahui itu ya dengan cara menautkan akun adsense kita ke DFP.

Cara menggunakan google DFP bisa dibilang memang rumit,dalam artian proses pengerjaannya,namun bila dikatakan sebagai alat,DFP bisa dikatakan sebagai alat pembuat space banner mandiri yang ada diblog atau situs yang tertaut dengan DFP atau bila lebih spesifik DFP merupakan  ad server yang kita kelola secara mandiri.Yang membedakannya dengan space mandiri ialah pembeli space iklan tersebut.Karena yang membeli space iklan tersebut adalah jaringan iklan yang sudah ternama seperti adsense,admob,adjug dan beberapa jaringan iklan yang terdapat dalam jaringan doubleclicks bid manager.

Untuk masalah ini mungkin akan saya bahas dilain waktu.Sekarang kepokok bahasan dulu ya gan.Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa cara membuat unit iklan atau space iklan,kita diharuskan melalui 2 tahapan seperti yang akan saya tuliskan dibawah ini.Yuk disimak😊

Cara membuat penempatan dan unit iklan DFP

Untuk memulainya sebaiknya anda log in dahulu ke situs DFP,silahkan anda kunjungi situs DoubleClicks for Publisher dan login disana dengan menggunakan email adsense anda.Setelah anda masuk dan mendapatkan dashbor DFP seperti gambar dibawah ini

Cara pasang DFP
Gambar 1.1

Silahkan klik seperti tanda panah yang ada pada gambar sehingga semua menu dapat tampil seperti pada contoh diatas.Kalau mau main main dengan menu diatas silahkan untuk sekedar mencari tau,akan tetapi berhubung kita akan membuat unit iklan DFP maka sebaiknya anda memilih menu inventaris.Pada menu inventaris ada beberapa submenu seperti pada gambar berikut
Cara membuat unit iklan DFP
Gambar1.2
Silahkan pilih submenu Unit iklan maka akan ada tampilan baru pada dasbor DFP small business anda seperti gambar dibawah ini.

Cara membuat unit iklan DFP
Gambar 1.3

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya,terdapat 2 cara agar iklan DFP dapat dipasang diblog kita.Yaitu:

1.Membuat penempatan iklan

Sebelum membuat unit iklan buat dahulu penempatan,penempatan berfungsi untuk mempersiapkan tempat dari unit iklan yang akan digunakan,caranya tinggal klik tab penempatan seperti gambar dibawah ini.Cara membuat penempatan baru bisa dilihat pada gambar berikut

Cara membuat unit iklan DFP
Gambar 1.4

Klik yang diberi tanda panah pada gambar diatas,maka akan muncul form seperti berikut.
Cara membuat unit iklan DFP
Gambar 1.5
Isi kotak nama yang kosong yang ada pada form,untuk nama buat nama sesuai keinginan Anda.Untuk kotak deskripsi biarkan saja karena bersifat opsional.Pada kotak inventaris anda akan melihat unit iklan yang akan menampilkan penempatan iklan anda.Kalau belum anda buat maka akan kosong.Jadi biarkan saja kosong terlebih dahulu.Jika sudah klik simpan.
Langsung ketahap selanjutnya

2.Membuat unit iklan


Cara membuat unit iklan DFP
Gambar 2.1

Langkah berikutnya silahkan buat unit iklan baru dengan klik tab unit iklan kemudian klik tombol seperti tanda panah pada gambar diatas.Maka akan muncul 2 pilihan yaitu satu tingkat dibawah jaringan dan tingkat saat ini,untuk kedua opsi ini akan saya jelaskan diakhir artikel,jadi baca Sampai  habis ya gan😊.

Pilih saja tingkat saat ini.Silahkan scroll down maka akan ada form untuk membuat unit iklan baru seperti gambar berikut.

Cara membuat unit iklan DFP
Gambar 2.2
Cara mengisi form unit iklan baru pada gambar 2.2:

  • Pada kotak kode,buatlah kode yang sesuai dengan yang anda ingat.Buat sedeskriptif mungkin,misal anda ingin membuat unit iklan dengan ukuran 300x250 bisa anda buat dengan nama "kodeunit1300x250" atau sebagainya yang dapat menandakan unit iklan tersebut.
  • Pada kotak nama buat nama yang mudah untuk diingat oleh anda,misal ads1 atau yang lainnya yang dapat membedakan unit iklan satu dan yang lainnya.Mengapa mesti dibedakan?Karena Nama unit ini akan muncul dipencarian advertiser adwords dan biro iklan lainnya setelah anda memiliki akun ad exchange nantinya.
  • Lalu kotak deskripsi,isi saja deskripsi yang sesuai atau biarkan kosong karena sifatnya optional.
  • Selanjutnya pilihan ukuran,pilih saja satu ukuran yang akan tampil pada saat anda mengklik kotak ukuran,saran saya untuk awal mula coba ukuran 300x250 terlebih dahulu,agar tampilan iklan cocok pada versi seluler dan juga desktop.
  • Kemudian ada opsi vast,opsi ini untuk iklan yang akan menampilkan video didalamnya,untuk awal sebaiknya biarkan saja kosong.
  • Kemudian opsi jendela target,untuk yang satu ini terdapat dua pilihan antar top dan blank,untuk pilihan top artinya tayangan iklan yang diklik akan menimpa situs anda,sedangkan untuk pilihan blank artinya tiap tayangan iklan yang diklik akan membuka jendela baru pada browser yang digunakan sang pengguna.
  • Kotak penempatan,jika penempatan yang anda buat sebelumnya muncul dikotak ini dan ada pada bagian sebelah kiri,anda dapat memindahkannya kesebelah kanan dengan mengklik sertakan agar penempatan tadi berpindah kesebelah kanan.
  • Kemudian setelan inventaris adsense,silahkan anda klik timpa dan centang kotak yang terlihat sebelum tulisan "Maksimalkan penghasilan dari inventaris yang belum laku dan tersisa dengan adsense"hal ini berguna untuk menimpa unit iklan yang belum mendapatkan pesanan,sehingga iklan adsense default tetap tampil di unit iklan DFP yang telah anda buat.
  • Batas frekwensi unit iklan dan rasio penyegaran sebaik dibiarkan saja terlebih dahulu.
  • Kemudian klik simpan 
  • Kemudian anda kembali ke setingan penempatan lalu pilih inventaris yang ditetapkan seperti pada gambar 1.5,lalu simpan.
Nah selesai sudah cara membuat unit iklan DFP anda,langkah selanjutnya ialah mendapatkan kode iklan agar dapat ditempatkan kedalam template blog yang kita miliki.

Cara membuat dan menempatkan kode iklan DFP

Cara membuat kode iklan DFP sangat mudah,anda tinggal menuju ke inventaris > unit iklan >pilih unit iklan pada box unit iklan lalu scroll down kebawah nanti anda akan melihat tab "buat tag" seperti pada gambar berikut

Cara membuat unit iklan DFP

Klik tab tersebut lalu akan muncul popup seperti berikut

Cara membuat unit iklan DFP
Anda tinggal klik tab lanjutkan sampai ke tahap 3 dimana akan muncul kotak kode hasil dari google publisher tag seperti berikut

Cara membuat unit iklan DFP

Bisa kita lihat bahwa kode unit iklan DFP memiliki 2 kode utama,yaitu kode header dokumen dan badan dokumen.Untuk memasang kode header dokumen,Silahkan copy kode header dokumen tersebut dan tempatkan tepat diatas kode </head> pada template Anda.
Untuk badan dokumen silahkan anda copy kode tersebut lalu letakkan antara kode <body>...</body>.

Saran saya untuk mempercepat loading ada baiknya kode tersebut anda parse terlebih dahulu,meski tidak diparse kode tetap dapat bekerja.Untuk badan dokumen jika anda memasang kode penempatan adsense didalam artikel adalah tempat yang paling cocok.

Untuk memasang unit iklan DFP lebih dari satu ada baiknya anda buat unit iklan DFP lain,namun type unit iklan yang yang anda pilih sebaiknya unit iklan satu tingkat dibawah jaringan unit iklan utama yang baru saja anda buat,cara ini akan mengatasi permasalahan unit iklan DFP yang tak muncul disitus nantinya.

Perbedaan antara unit iklan Tingkat saat ini dengan satu tingkat dibawah jaringan adalah tingkat saat ini dapat disebut unit iklan utama sedangkan satu tingkat dibawah jaringan bisa diartikan sebagai sub-unit iklan dari unit iklan Tingkat saat ini.

Nah selesai sudah artikel saya perihal cara memasang unit iklan DFP .Next saya akan memberikan tips selanjutnya seputar DFP,jadi tunggu saja ya gan....
Semoga bermanfaat.



share this article to :

Comments

  1. Mantap kang. Thank you untuk pencerahan nya.

    ReplyDelete
  2. Kemaren sempat buat iklan DFP ini,,,tapi belom ada pihak pengiklan yang mau mampir ke blogku,mungkin karena blog saya sama artikel masih sedikit n masih acak kadut x y mas 😂..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo masalah pengiklan sama mas saya jg blm dapet,coba aja buat pesanan dg jaringan iklan adsense,siapa tau work....tutornya belum sempet saya bikin,karena masih berjalan risetnya mas😊

      Delete
  3. Ok mas..saya tunggu artikel berikutnya makasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely

LAGI NAIK DAUN

Fungsi audio processor sound system( aksesoris sound system )