Apa itu SERP?apa bedanya dengan SEO

Copyright © 2017 sound on mike.Kita sering mendengar tentang SERP baik dari tulisan disebuah artikel blog yang membahas SEO maupun forum forum SEO.Akan tetapi banyak juga yang bertanya apa itu SERP?SERP itu apa sih?apa SERP beda dengan SEO ?

Nah kali ini saya akan coba menjawab semua pertanyaan perihal SERP dan SEO.

SEO and SERP

Apa itu SERP?

SERP adalah sebuah akronim atau kependekan dari gabungan beberapa huruf atau suku kata yang ditulis dan dilafalkan menjadi sebuah kata seperti SERP.Jadi SERP merupakan kependekan dari Search Engine Result Page.Lalu apa perbedaan SERP dengan SEO?

Apa bedanya SERP dengan SEO?

Jika dilihat dari arti kata SERP(search engine result page) dengan SEO(search engine optimization) maka perbedaannya terletak pada fungsinya.Dengan kata lain SEO merupakan tindakan dan SERP merupakan hasil dari tindakan tersebut.Jadi,SEO adalah sebuah kegiatan yang menghasilkan SERP.

Jika SEO merupakan sebuah tindakan atau kegiatan,berarti SEO memiliki langkah langkah tertentu agar hasil di SERP dapat maksimal.Langkah langkah seperti apa sajakah yang dilakukan agar kita bisa melakukan kegiatan yang dinamakan SEO ini?

Langkah langkah SEO agar hasil SERP maksimal

1.Membuat situs yang SEO friendly(SEO on page)

Sebuah situs yang SEO ftiendly memiliki kriteria kriteria tertentu.Kriteria ini biasa disebut juga sebagai SEO on page.
Kriterianya ialah

  • Memiliki struktur data dengan markup delivery yang baik,dan sesuai dengan markups delivery yang dapat dimengerti oleh crawlbot.
  • Memiliki konten yang tertata secara struktural sehingga dapat menyajikan data yang mudah untuk dirayapi oleh mesin pencari.
  • Memiliki kekuatan kata kunci ditiap konten yang dimiliki dan memiliki nilai relevansi kata kunci yang bagus,serta memiliki kepadatan kata kunci yang ideal.
  • Memiliki respons load yang baik sehingga waktu pemuatan data tak membebani server atau memiliki respon load yang responsive.
  • Memiliki link link yang bagus baik internal link maupun eksternal link,sehingga tak ada link yang rusak didalamnya.
  • Tata bahasa yang baik juga ikut mempengaruhi,baik dalam bentuk ejaan yang disempurnakan maupun dalam hal kemudahan translasi.
Diatas merupakan kriteria situs yang SEO friendly secara garis besar,bukan khusus.Kriteria tersebut merupakan faktor penting dalam hal yang berhubungan dengan pengalaman pengguna atau biasa disebut user x.
Jika secara khusus maka ada baiknya anda mempelajari SEO on page terlebih dahulu.

2.Memiliki SEO off page yang baik dan berkualitas

Apabila berbicara perihal SEO off page maka erat kaitannya dengan backlink dan rank score.Backlink yang baik akan menghasilkan rank score yang baik pula.Apabila anda telah memiliki rank score yang baik maka akan jadi faktor penunjang dari konten yang Anda miliki.

Dari kedua kriteria diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa untuk miliki peringkat yang baik di SERP maka kita diharuskan memiliki SEO yang baik pula.Jadi bila ingin memiliki konten yang dapat menempati halaman pertama pada SERP dibutuhkan:
  1. Strukturdata agar mudah dalam perayapan
  2. Kata kunci,dengan tingkat relevansi yang tinggi(semantics)
  3. User x atau pengalaman pengguna yg bagus
  4. Skor otoritas dan popularitas(blog niche)
  5. Skor citation dan trust(onlineshop,internet marketer,affiliate marketer,webhosting dsb.)
  6. Hal lain yang menurut mesin pencari dapat digunakan sebagai pembeda dari konten konten yang memiliki kueri yang sama.
  7. Dan seterusnya hingga diperoleh hasil dari pemenang kueri.
Nah kalau kita amati sangat rumit bukan?
Sebaiknya jangan terlalu diambil pusing perihal tersebut."Cukup dengan membuat konten unik dan dicari orang serta paham cara meriset kata kunci",semua hal tersebut sudah dapat terwakili sebagai konten yang berkualitas Dimata mesin pencari.

Anda tidak percaya?percayalah!!!!😊

Semoga bermanfaat.


Komentar

  1. Jadi tau bedanya SERP dan SEO...

    BalasHapus
  2. Iya saya juga jadi tahu bedanya.. Makasih mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih dah mau mampir😊...gmn kabar blogger Bogor mas😊salam buat semua😊

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish