Mengenal lebih jauh tentang google cache

Copyright © 2017 sound on mike.Google cache,mungkin amat jarang blogger yang memperhatikan hal ini,namun sebaiknya Anda mulai memperhatikan yang namanya google cache ini.Mengapa?
Baiklah mari kita kupas lebih mendalam perihal google cache ini.

Google cache adalah sekumpulan link dari url web yang disimpan dalam bentuk data oleh google agar dapat dibaca oleh browser guna menampilkan hasil pencarian secara cepat.
Nah dari sini kita bisa simpulkan bahwa cache data google didapat melalui hasil crawl googlebot pada satu situs atau hasil index pada satu situs yang dikumpulkan dalam cache search engine yang bernama google tersebut.

Check google cache

Dengan kata lain google mengumpulkan data hasil index mereka pada sebuah cache.Dan diberi tanda bahwa pada tanggal tersebut google telah mengcrawl blog atau situs tersebut.
Silahkan baca: Has my site been index by google

Terlihat sepele memang,namun bagai mana jika cache expired?
Memang bisa yah?
Tentu saja bisa!Namun kita cari tau dulu bagaimana cara mengecek google cache dulu yah.
Untuk mengetahui kapan terakhir kali google menyimpan hasil crawl nya atau hasil index nya kedalam cache anda bisa melihatnya di cachedview.
Disana anda dapat mengetahui kapan google terakhir kali menyimpan hasil indexnya pada situs atau blog milik anda.
Selain google cache disana juga dapat mengecek cache dari archieve.org juga lho.
Lalu apa dampaknya jika google cache dari blog kita telah expired?
Mari disimak,ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri.

Asal muasal expired nya google cache sound on mike

Berawal ketika saya hendak memasang java script milik salah satu analystic tool ternama yaitu HISTAT.Dan berbarengan dengan itu pula saya menggunakan templete baru blogger yang bernama contempo yang terdapat script iframe didalamnya dan penggunaan server SSL dari cloudflare.Dan ternyata script histat tersebut memblokir googlebot dalam mengcrawl link url yang saya miliki.Bukan berarti saya ingin menjelekkan histat yang memang notabene sangat bagus jika digunakan pada templete non iframe.ini screenshot nya

Sumber daya yang diblokir


Jadi bisa disimpulkan bahwa jika templete anda memiliki iframe didalamnya script histat tak akan compatible dengan templete yang memiliki iframe didalamnya.
Sehingga beberapa url yang memiliki script histat didalamnya akan terblokir oleh script tersebut dan googlebot pun tak akan bisa mengindex url artikel anda karena terjadi kesalahan script didalam templete anda.

Namun jika didalam templete anda tak ada script iframe maka histat yang teetanam tak akan menjadi masalah buat googlebot untuk mengindex blog kesayangan anda.

Masalah yang timbul karena google cache yang expired

Karena bentrok antar script ini beberapa masalah pun terjadi.Mulai dari menurunnya jumlah index pada sitemap disearch console,tak bekerjanya meta tag rel=Canonical dan yang paling terparah ialah beberapa artikel yang berada diserp yang memiliki url pada waktu terakhir kali googlebot mengindex,artikel tersebut tak dapat dibuka,atau tak berada pada halaman yang kita miliki karena statusnya menjadi redirect 3xx alias tak ditemukan.ini beberapa screenshot nya

Sitemap index
Hasil sitemap Tgl 22 november 2017


Solusi yang ditempuh

Sebenarnya ada 2 cara agar googlebot mau kembali mengindex situs atau blog yang kita miliki.
  • Pertama,ganti templete ke templete yang tak memiliki iframe didalamnya dengan resiko kehilangan strukturdata yang telah terkumpul.Dan mungkin dapat berimbas pada traffic yang anda miliki.
  • Kedua,hapus script histats dan resubmit kembali semua url artikel anda kembali ke addurl search console.Cara ini menurut saya adalah yang terbaik dari pada mengubah templete anda.
Setelah saya melakukan tindakan yang kedua ini lah hasil index sitemap dari soundonmike disearch console.

Kenaikan pada sitemap
Kenaikan yang terjadi pada tanggal 25 November 2017
Sitemap
dan pada 27 November 2017
Screenshot diatas menjadi tanda bahwa jangan sekali sekali meremehkan yang namanya google cache ya gan.

Artikel terkait: Artikel tentang google disavow

Nah itulah sekelumit cerita saya dalam mengatasi eror pada templete yang saya miliki.Mungkin jika anda memiliki kasus serupa cara tersebut bisa membuat blog kesayangan anda kembali eksis karena googlebot mau kembali mengindex blog anda.


Komentar

  1. nah ini nih yang sedang dialami terakhir. lagi tahap renovasi scrip yang diblock.
    biasanya berapa lama ya hasilnya muncul di sumber daya yang diblokir ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saat ini setelah saya perbaiki script tiap laporan hasil index menanjak url yang diblokir pun berkurang mas,punya saya tinggal 10 url lagi yang masih diblok dari 74 url.jadi dalam jangka waktu seminggu 64 url telah bebas dari blok...mungkin sekitar 10 hari setelah saya publish reply ini sudah hilang semua mas...semoga😊

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish