Fungsi grounding system wire pada sound system lapangan

Fungsi grounding system wire pada sound system lapangan

Copyright © 2017 sound on mike.Sesuai dengan judulnya fungsi grounding wire untuk sound system lapangan yang sangat dasar sekali dalam pengaplikasiannya disound system lapangan anda,kali ini saya akan memberikan sedikit tips mengenai halaman ini.

Namun sebelumnya akan saya ajukan beberapa pertanyaan untuk anda.
Apakah mic kabel anda suka nyetrum?Apakah ketika memegang besi panggung waktu nyeker kaki anda suka tersengat listrik?(meski tidak terlalu besar)
Nah,kali ini akan saya berikan tips untuk mengatasinya.Coba disimak yah!

Grounding wire


Kabel ground sound system' lapangan
Pic:wikipedia


Grounding wire adalah kabel yang ber-fungsi untuk memberikan polaritas bumi pada tiap instalasi elektrikal yang kita gunakan.Karena sound system lapangan merupakan salah satu aktifitas instalasi elektrik,maka grounding wire pun diperlukan agar memiliki polaritas bumi diperangkat elektronik sound system lapangan yang dimiliki. Hal ini guna mencegah suara dengung/humming pada sound, istilah sananya "speakers make buzzing noise when plugged in and grounding wire Is the humming sound from speakers solution"

Fungsi grounding wire

Seperti pernyataan saya diatas grounding wire berfungsi sebagai pemberi polaritas bumi,atau dengan kata lain berfungsi untuk menghilangkan induksi elektrik yang berasal dari perangkat sound system kita yang notabene adalah perangkat elektronik semua.

Apa sih induksi elektrik itu?
Jawabannya ialah arus liar yang tak terkontrol dan berasal dari perangkat elektronik yang tak memiliki grounding pada koneksi kelistrikannya.Contohnya seperti pertanyaan saya pada awal artikel ini.

Cara mengatasi induksi

Caranya cukup simple,yaitu denganenambahkan kabel grounding,sehingga seluruh induksi tadi bisa diredam oleh bumi yang memiliki polaritas min( - )pada rumus polaritas kelistrikan.

Cara memasang grounding wire

  • Pertama tama siapkan 1 kabel yang panjangnya dapat menjangkau bumi/tanah
  • Berikan bahan metal pada ujung yang hendak ditancapkan ke bumi,bisa sebuah paku panjang maupun batang besi yang memiliki ujung yang lancip agar mudah dibenamkan ke tanah.
  • Kupas ujung kabel satunya dan tempelkan serat kabel yang telah dikupas kulitnya tadi keperangkat elektronik sound system anda.(suaranya saya tempelkan pada baut atau sekrup panel aksesoris sound system agar lebih mudah dipantau)
  • Kabel berserat tembaga merupakan penghantar terbaik untuk grounding wire
  • Jangan lupa,basahi tanah tempat anda membenamkan paku atau batang besi dari grounding wire tersebut yah,hal ini bertujuan untuk memberikan nilai efektifitas penghantaran.
Nah,bagaimana?sederhana bukan?Namun efeknya bisa sangat serius lho....
Karena apabila arus induksinya besar dapat mengakibatkan korban jiwa ketika anda sedang mentas(pengalaman salah satu rental teman saya).Mengenai cerita ini,mungkin tak perlu dibahas disini yah.
Intinya "safety first".
Selamat mencoba


Komentar

  1. ooh brrti bisa mngatasi masalah pada sound system seperti mic yang mengeluarkan bunyi seperti "bunyi semut" gitu ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish