Otoritas atau Popularitas? DA PA atau Alexa ?

Otoritas atau popularitas?

Copyright © 2017 sound on mike.Otoritas dan popularitas blog merupakan faktor terpenting yang wajib dimiliki oleh sebuah blog yang ingin dimonetasi.

Mengapa bisa demikian yah?


Baiklah,mari kita bahas sedikit mengenai apa itu otoritas dan popularitas.


Seiring dengan bergulirnya algoritma baru Google perihal mobile indexing dan algoritma Fred yang mengutamakan user experience,otoritas sebuah blog merupakan harga mati dalam perkembangan Google SEO selama ini,sedangkan popularitas adalah penopang dari otoritas blog anda dimana user experience atau pengalaman pengguna sebagai indikatornya.

Untuk sebuah blog baru ada baiknya mementingkan nilai SEO terlebih dahulu sebelum memulai untuk meraih popularitas. Atau anda bisa membaliknya dengan mengembangkan popularitas dulu kemudian otoritas sambil melakukan penyempurnaan SEO onpage anda.

Hal tersebut berguna untuk memperkokoh dan menjaga kelanggengan posisi artikel anda disearch engine.Jika hanya mengandalkan popularitas maka tak akan ada jaminan bahwa artikel kita akan langgeng bertengger dipageonenya google dan search engine lainnya,kecuali anda memiliki keyword yang memiliki nilai persaingan yang kecil.
Yang sedang saya bicarakan diatas adalah jika anda mentargetkan pengunjung internasional yah.Jika kurang paham apa itu pengunjung internasional kita harus tau terlebih dahulu dari mana sumber traffic tersebut berasal.Silahkan dibaca artikel saya tentang proses artikel agar berada dipageone google saya,dari sana mungkin bisa didapat pemahaman masalah target internasional tersebut.Lanjut yah...


Tapi apakah anda yakin keyword tersebut akan tetap langgeng dan memiliki nilai persaingan yang tetap?


Nah,untuk mengantisipasinya kita butuh yang namanya otoritas bukan?


Kemudian yang jadi pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara mencari otoritas dan popularitas?

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menerangkannya dengan bahasa yang mudah mudahan lebih bisa dimengerti oleh anda semua.



Page authority



OTORITAS SITUS

Otoritas situs merupakan nilai dari sebuah situs yang memiliki otorisasi pada sebuah konten,atau bisa juga disebut sang pemilik yang sah dari sebuah konten.Hal ini akan memperkuat posisi konten sipemilik situs yang notabene adalah anda para blogger yang telah memiliki skor otoritas,semakin tinggi nilai skor otoritas yang anda maka makin kuat otoritas dari konten anda.


Cara meningkatkan otoritas


Otoritas dibagi menjadi 2 bagian,yaitu otoritas domain/DA dan otoritas halaman/PA.


Bacaan menarik lainnya:
Blogwalking

Otoritas domain(Domain Authorithy) ditentukan oleh umur dan nilai otoritas halaman (DA)situs,semakin tua domain name maka semakin tinggi peringkat otoritasnya.

Otoritas halaman/PA merupakan hal paling awal dan paling fleksibel untuk ditingkatkan,karena otoritas halaman/PA adalah otoritas yang dimiliki oleh tiap tiap URL yang ada diblog kita,cara meningkatkan otoritas halaman yang baik adalah dengan memiliki jumlah backlink dari situs yang kredibel dan memiliki otoritas situs yang tinggi,semakin banyak jumlahnya maka angka skor yang didapat akan lebih baik pada akhir audit skor otoritas yang digalang oleh dmoz(sudah berganti menjadi moz),Backlink tersebut akan diaudit per 2 bulan semenjak blog kita berdiri.

Berbicara mengenai backlink mungkin akan saya kupas sedikit nanti,agar tak ada kerancuan dalam pemahaman backlink yang berkualitas itu seperti apa.

Jadi intinya jika situs kita ingin memiliki nilai skor otoritas halaman/PA yang baik,kita harus memiliki backlink dari beberapa situs yang tidak melanggar ketentuan dari search engine,baik itu dalam hal phissing,gambling,pornografi atau sebagainya(tak memiliki relevansi dengan blog yang kita miliki).


Popularitas situs

Jika berbicara mengenai Popularitas situs,sudah bisa dipastikan sangat erat kaitannya dengan salah satu anak perusahaan Amazon,yaitu Alexa.

Alexa merupakan satu satunya situs yang memonopoli kepopuleran blog kita saat ini,berkat keyword dan algoritma baru Google yang mengandalkan user experience,Alexa telah mengembangkan algoritma terbarunya,karena dulu Alexa sangat mudah diakali,kini Alexa menggandeng google dalam pengembangan algoritma baru mereka.


Bacaan menarik lainnya:
Insting seo

Perhitungan tingkat kepopuleran kini cenderung diutamakan pada jumlah traffic organik dan pageview unik yang lebih akurat berkat keterkaitan antara google analystic dengan Alexa bot,sehingga semakin besar kedua faktor tersebut dimiliki oleh sebuah blog/situs  maka tingkat popularitas mereka semakin tinggi,dan berimbas kepada semakin kecil atau semakin rampingnya nilai Alexa skor yang dimiliki.

Bila dilihat dari keterangan diatas,maka mana dulu yang harus dipenuhi?saya rasa tergantung pada Niche masing masing blog,mengapa? karena tiap Niche memiliki nilai kepopulerannya sendiri,begitupula otoritas sebuah Niche.Jika blog anda menginginkan Niche dengan konten yang Evergreen,saya rasa kedua faktor tersebut harus saling mengisi.

Sekian dari saya.semoga bermanfaat.


Komentar

  1. Ini nih yang saya cari-cari, sangat mencerahkan terimakasih...

    BalasHapus
  2. Butuh kesabaran dan kerja keras agar otoritas blog nilainya bagus.

    Yang penting harus rajin jalan-jalan ke blog tetangga. Jangan lupa tinggalkan komentar yang relevan.

    Kalau urusan popularitas, menurut saya terletak pada kualitas konten. Konten yang berkualitas mampu mendongkrak pengunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akur mas...asal jangan bw bw an+klik cendol😂

      Hapus
  3. Im glad to hear if my article is useful for someone...hope you enjoy to read it😊

    BalasHapus
  4. Mantap om mike,,, izin sedot ilmunya ya untuk saya praktekan di blog saya :D

    Otoritas dan popularitas blog memang harus senada dan seirama, seimbang.
    Dan itulah yg sedang saya bangun sekarang hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjut bang...biar tambah mancuap blognya😊

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish