Pemahaman Mic atau microphone

https://www.soundonmike.co.uk

Microphone pic by pixabay.com

Pemahaman Mic atau microphone

Microphone atau biasa kita sebut mic,mike,sombok adalah sebuah peralatan audio yang sangat vital kegunaannya.Fungsinya adalah sebagai transducer yang mengubah gelombang suara atau energi akustik menjadi sinyal listrik.Pada awalnya microphone ini difungsikan sebagai alat bantu komunikasi manusia,dimana dahulu microphone ini biasa digunakan pada telepon,alat rekam,alat bantu dengar,radio serta televisi.

Namun seiring dengan kemajuan,microphone berevolusi menjadi sebuah instrument yang tak bisa terpisahkan oleh dunia tarik suara.Para penyanyi menjadikan microphone ini sebagai senjata andalan mereka.Sebelum kita bahas lebih jauh ada baiknya kita mengetahui berbagai jenis microphone ini terlebih dahulu.

Microhone dibagi menjadi beberapa jenis,diantaranya:

- microhone karbon


microphone karbon adalah microphone yang terbuat dari sebuah diagram logam yang terletak pada salah satu ujung kotak logam yang berbentuk silinder. Cara kerja microphone ini berdasarkan resistansi variabel di mana terdapat sebuah penghubung yang menghubungkan diafragma dengan butir-butir karbon di dalam mikrofon. Perubahan getaran suara yang ada akan menyebabkan nilai resistansi juga berubah sehingga mengakibatkan perubahan pada sinyal output microphone.

- microphone kumparan bergerak


 Microphone Kumparan yang Bergerak adalah microphone yang terbuat dari kumparan induksi yang digulungkan pada silinder yang berbahan non magnetik dan dilekatkan pada diafragma, kemudian dipasang ke dalam celah udara suatu magnet permanen. Sedangkan kawat-kawat penghubung listrik direkatkan pada diafragma yang terbuat dari bahan non logam. Jika diafragma bergerak karena adanya gelombang suara yang ditangkap, maka kumparan akan bergerak maju mundur di dalam medan magnet, sehingga muncullah perubahan magnetik yang melewati kumparan dan menghasilkan sinyal listrik.

- microphone kapasitor


 microphone Kapasitor adalah microphone yang terbuat dari sebuah diafragma berbahan logam, digantungkan pada sebuah pelat logam statis dengan jarak sangat dekat, sehingga keduanya terisolasi dan menyerupai bentuk sebuah kapasitor. Adanya getaran suara mengakibatkan diafragma bergerak-gerak. Diafragma yang bergerak menimbulkan adanya perubahan jarak pemisah antara diafragma dengan pelat statis sehingga mengakibatkan berubahnya nilai kapasitansi. microphone kapasitor ini memerlukan tegangan DC konstan yang dihubungkan ke sebuah diafragma dan pelat statis melewati sebuah resistor beban, sehingga tegangan microphone dapat berubah-ubah seiring perubahan tekanan udara yang terjadi akibat getaran suara.

-microphone elektret


 microphone Elektret adalah jenis khusus microphone kapasitor yang telah memiliki sumber muatan tersendiri sehingga tidak membutuhkan pencatu daya dari luar. Sumber muatan berasal dari suatu alat penyimpan muatan yang terbuat dari bahan teflon. Bahan teflon tersebut diproses sedemikian rupa sehingga mampu menangkap muatan-muatan tetap dalam jumlah besar, kemudian mempertahankannya untuk waktu yang tak terbatas. Lapisan tipis teflon dilekatkan pada pelat logam statis dan mengandung muatan-muatan negatif dalam jumlah besar. Muatan-muatan tersebut terperangkap pada satu sisi yang kemudian menimbulkan medan listrik pada celah yang berbentuk kapasitor. Getaran suara yang ada mengubah tekanan udara di dalamnya sehingga membuat jarak antara diafragma dan pelat logam statis juga berubah-ubah. Akibatnya, nilai kapasitansi berubah dan tegangan terminal microphone pun juga berubah.

- microphone piezoelektris


 microphone Piezoelektris adalah mikrofon yang terbuat dari bahan kristal aktif. Bahan ini dapat menimbulkan tegangan sendiri saat menangkap adanya getaran dari luar jadi tidak membutuhkan pencatu daya. Cara kerjanya ialah kristal dipotong membentuk suatu irisan pada bidang-bidang tertentu, kemudian dilekatkan pada elektrode atau lempengan sehingga akan menunjukkan sifat-sifat piezoelektris. Kristal akan berubah bentuk bila mendapatkan suatu tekanan sehingga akan terjadi perpindahan muatan sesaat di dalam susunan kristal tersebut. Perpindahan muatan mengakibatkan adanya perbedaan potensial di antara kedua pelat-pelat lempengan. Uniknya, kristal tersebut dapat langsung menerima getaran suara tanpa harus dibentuk menjadi sebuah diafragma, sehingga respon frekuensi yang diterima akan lebih baik dari microphone lainnya walaupun tingkat keluarannya jauh lebih rendah, yaitu kurang dari 1 mV.

 -microphone pita


microphone Pita ialah mikrofon yang terbuat dari pita yang bersifat sangat sensitif dan teliti. Cara kerja microphone ini berpedoman pada suatu pusat pita yaitu kertas perak metal tipis yang digantungkan pada suatu medan magnet. Getaran suara yang ditangkap menimbulkan terjadinya pergerakan pita. Gerakan tersebut mengakibatkan berubahnya medan magnet yang kemudian menghasilkan sinyal listrik. Oleh karena microphone pita pada awal kemunculannya merupakan mikrofon yang dapat menampilkan suara paling alami, maka industri rekaman dan siaran segera memanfaatkan microphone ini pada awal tahun 1930-an. microphone ini tidak memerlukan pencatu daya atau baterai dalam pengoperasiannya. Pertumbuhan besar pada jenis microphone ini terlihat dari besarnya minat masyarakat pada rumah perekaman yang menyediakan microphone pita dengan kualitas tinggi seperti microphone buatan perusahaan Royer AEA, yang kemudian menjadi standar bersama untuk studio perusahaan-perusahaan Tiongkok seperti Sontronics, SE dan Golden Age.

Nah itulah sekilas gambaran mengenai microphone kali ini,jika ingin mengetahui produsen microphone paling dikenal diindonesia anda bisa membacanya diartikel saya yang berjudul 3 microphone paling dikenal diindonesia dan kenali kelemahan dan kekurangannya.
Sekian dari saya,taruna kasih
sumber referensi artikel : wikipedia