Mengenal jenis,kekurangan dan kelebihan dari microphone

 Mengenal jenis,kekurangan dan kelebihan dari microphone

Copyright © 2017 sound on mike.Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang jenis jenis microphone serta kekurangan dan kelebihannya.Namun bukan berdasarkan pada merk dagangnya,melainkan pada type fungsionalnya.
"Apa sajakah jenis atau type yang dimaksud?"

"Dan apa saja kelebihan dan kekurangannya?"



Mic condenser


Secara garis besar kita dapat menarik kesimpulan bahwa jenis microphone ini dapat dibagi menjadi 3 jenis type aplikasi yang selama ini biasa kita gunakan.

Dalam pengaplikasian sebuah microphone ada beberapa jenis type,yaitu type microphone wireless dan type kabel serta type  microphone condensor.Tiap type atau jenisnya memiliki pengaplikasian dalam hal pengiriman signal yang berbeda,namun kali ini bukan hal tersebutlah yang menjadi pokok bahasan dari artikel saya kali ini.Apalagi bila membicarakan harganya dari tiap tiap jenis microphone ini.hehehe....

Artikel terkait:
microphone
microphone condenser 
3 microphone paling dikenal diindonesia
3 lavalier-microphone-terbaik 
Kali ini saya hanya mengulas mengenai kelebihan dan kekurangannya saja,Maka dari itu mari kita cari tahu apa sajakah kekurangan dan kelebihannya?


1.Mic wireless.


Mic wireless adalah microphone yang tak memiliki atau tidak terkoneksi kabel pada tubuh microphone tersebut.microphone ini menggunakan signal radio dalam pengiriman signalnya.

Kelebihan mic wireless ini ialah jangkauannya yang tak dibatasi oleh panjangnya kabel audio.Walaupun mic wireless ini menggunakan kabel juga pada recievernya.Biasanya jenis mic ini digunakan sebagai mic vokal utama atau sebagai personal microphone.

Walaupun sebenarnya sah sah saja bila digunakan sebagai miking instrument namun dinilai oleh para penggunanya kurang efisien.Contoh macam macam mic wireless bertipe clipon atau lavalier yang sering digunakan untuk saxophone dan alat tiup lainnya.

Nah kelemahan dalam kurang efesiensinya ada pada waktu penggunaan yang dibatasi oleh kinerja baterai,dimana baterainya memiliki keterbatasan dalam hal waktu penggunaan.

2.Dynamic microphone/mic kabel.


Dynamic microphone atau biasa kita sebut mic kabel adalah type microphone yang terkoneksi dengan kabel dalam pengiriman signal audionya.

Mic ini multi fungsi baik sebagai mic vocal maupun mic untuk miking instrument,kelebihan dari mic jenis ini ialah gain yang konstan dan tak mudah berubah warna walaupun apabila mic yang satu ini sering terjatuh atau terkena benturan bisa menyebabkan kolorasi suara namun perubahan pada warna suaranya tak terlalu signifikan.

Untuk kelemahannya terletak pada efisiensi yang bertolak belakang dengan mic wireless.Untuk ukuran mic yang digunakan dalam pertunjukan microphone ini hanya cocok untuk seorang singer yang stagnan alias seorang musisi yang juga sebagai seorang vokalis.

3.Condenser microphone


Mic type yang satu ini jarang sekali digunakan sebagai mic vocal utama walau pun ada beberapa artis besar yang menggunakannya dikarenakan volume atau power suara mereka yang kurang kuat.

Jenis mic yang satu ini tergolong spesial karena rentang daya tangkapnya yang jauh.

Kelemahannya ialah memiliki gain yang lebar sehingga amat mudah terkena feedback,

Kelebihannya sepertinya sudah saya jelaskan diatas bahwa type mic yang satu ini dapat menangkap suara objek yang jauh.

contoh dari mic ini ialah mic Boomer yang biasa digunakan dalam syuting syuting film.

Nah itulah penjelasan singkat dari saya mengenai microphone kali ini.Sebenarnya saya ingin menambahkan bagian bagian yang terdapat pada microphone pada artikel kali ini,mungkin hal tersebut akan saya tuliskan pada artikel lain,jadi tunggu kelanjutannya yah.Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya.salam blogger!!!

Sumber gambar:pixabay



share this article to :

Comments

Post a Comment

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely

LAGI NAIK DAUN

Fungsi audio processor sound system( aksesoris sound system )