Speaker 2 way 3 way 4 way mana yang terbaik

Speaker 2 way 3 way 4 way mana yang terbaik

Jenis speaker system 2 way,3 way dan 4 way mungkin sering sekali terdengar ditelinga kita para punggawa audio yang bergelut di dunia audiopro. Mungkin masih ada dari kita yang secara harfiah kurang paham apa perbedaan dari speaker 2 way,3 way,dan 4 way.

Nah kali ini saya akan membahas mengenai speaker 2 way,3 way dan 4 way dan mana yang terbaik diantara mereka bertiga. Akan tetapi sebelum kita mengklasifikasikan mana yang terbaik ada baiknya kita pahami dahulu apa itu speaker 2 way,3 way,dan 4 way.

Speaker 2 way

Speaker 2 way

Speaker 2 way adalah speaker yang berisikan 2 buah driver yang bertanggung jawab atas 2 rentang frekwensi berbeda dan saling melengkapi. Speaker jenis ini biasa ditemukan pada speaker box line array atau speaker gantung dengan ukuran yang kecil dan berisi 2 speaker. Atau speaker floor monitor yang biasanya menggunakan speaker aktif.

Speaker 3 way

Speaker 3 way

Speaker 3 way adalah speaker yang berisikan 3 buah driver yang bertanggung jawab atas 3 rentang frekwensi berbeda dan saling melengkapi agar seluruh frekwensi seperti high,mid,low yang dihasilkan dapat tercover lebih sempurna . Speaker ground stage adalah contoh paling familiar dengan box speaker 3 way.

Speaker 4 way

Speaker 4 way

Speaker 4 way merupakan speaker yang berisikan 4 buah driver yang bertanggung jawab atas 4 buah rentang frekwensi dan bertanggung jawab melengkapi satu sama lain menjadi sebuah kesatuan frekwensi yang lengkap. Speaker seperti ini biasa kita temukan pada speaker home theater yang banyak beredar dipasaran,atau speaker speaker monitor recording studio.

Kesimpulan

Dari keterangan yang ada diatas dapat kita simpulkan mengenai klasifikasi terbaik dalam hal fungsi dari 3 buah system speaker diatas memiliki kelebihannya masing masing,namun terlepas dari kelebihan dan kesempurnaan suara yang mereka hasilkan tak dapat dipisahkan dari komponen crossover pasif yang tertanam didalamnya,dan juga pengaplikasiannya.Semakin baik crossover yang digunakan semakin baik pula suara yang dihasilkan.

Nah itulah sedikit keterangan mengenai speaker 2 way,3way dan 4 way yang mungkin dapat membantu anda sedikit memberi pengetahuan mengenai speaker ini.

Semoga bermanfaat!!!!



Comments