Minyak pembersih potensio ? Maka jangan buang benda ini

Minyak pembersih potensio ?

Bila kita mencari keyword tersebut disearch engine,yaitu "Minyak Pembersih Potensio" maka yang akan muncul banyak produk berbentuk spray yang notabene berbahan minyak yang kita tak tahu apakah akan dapat mengatasi masalah potensio kotor pada mixer maupun peralatan elektronik yang menggunakan potensio.

Minyak pembersih potensio

Namun disini saya tak akan mengulas produk tersebut,melainkan untuk memberikan solusi alternatif yang lebih makyus menghilangkan kotor pada potensio.

Berdasarkan pengalaman saya apabila potensi kotor bila kita semprotkan dengan spray pembersih maka potensio akan bersih kembali,namun kondisi tersebut hanya berlangsung sementara dikarenakan sebagian besar potensio meter menggunakan arang didalamnya sebagai penghantar nilai tahanan(ohm). Meskipun ada juga yang menggunakan lempengan PCB(tembaga).

Jadi apa solusinya?

Solusi terbaik untuk membersihkan kotoran pada potensio ialah dengan menggunakan synthetic oil, atau yang biasa kita sebut sebagai "OLI MESIN" .
Saya biasa menggunakan oli bekas motor yang saya teteskan kedalam bagian potensio yang kotor dengan sedikit bantuan dengan memutar mutar potensio tersebut agar oli tersebut dapat menyebar secara rata dan menggerus kotoran yang ada pada bagian dalam potensio tersebut.

Nah,gampang bukan? Jadi jika potensio anda kotor,tinggal ambil oli bekas yang biasanya anda simpan. Dan ingat,jangan buang oli bekas kalian ya gan,soalnya manfaat oli bekas itu masih ada ya gan....
Semoga bermanfaat!!!


Comments