Mengenal macam macam IP 44 socket & plug

Socket & plug IP 44 (industrial plugs)

Socket & plug IP 44 merupakan socket & plug khusus untuk penyaluran arus listrik skala perindustrian,karena singkatan dari IP itu sendiri merupakan kependekan dari kata Industrial Plug. Maka dari itu pada postingan kali ini saya akan mencoba mengenalkan socket IP(Industrial Plug) yang biasa digunakan dalam dunia industri di Indonesia.

Ada dua macam socket IP berdasarkan durabilitas nya,ada yang surface Mounting dan ada juga mobile plug. maka dari itu saya akan mencoba menampilkan 2 versi tersebut dalam postingan kali ini.

 Macam macam IP socket&plug

1. IP 44 wall mounted 3 Pin


IP 44 wall mounted socket+plug 16A 3 pin

Socket IP + Plug pada gambar diatas merupakan socket IP untuk aliran arus 2 phase yang mana pada socket tersebut hanya memiliki 3 pin didalamnya. Untuk mengidentifikasi nilai ampere nya biasanya dibedakan dengan warna socketnya. Apabila berwarna biru sudah dipastikan memiliki 32 ampere sedangkan yang berwarna merah adalah socket yang memiliki 16 ampere dan memiliki size yang lebih kecil dari pada yang berampere 32. Meski demikian ada juga yang berwarna kuning. Namun dalam hal warna yang beredar dipasaran adalah seperti yang dituliskan diatas.

2. IP 44 wall mounted 4 pin


Tak berbeda jauh dengan saudaranya yang memiliki 3 pin,IP 44 4 pin juga memiliki klasifikasi dan ukuran yang sama dengan saudaranya yang 3 pin.

3. IP 44 mobile socket 3&4 pin


Sebenarnya IP 44 mobile ini hanyalah socket yang sama dengan IP 44 lainnya,yang menjadi perbedaannya hanyalah pada kepala plug innya saja yang dapat digunakan secara bebas tidak stay diwall mounted.

Nah itulah beberapa jenis socket plug IP 44 yang biasa ditemui dan digunakan dalam instalasi kelistrikan perindustrian. Sebenarnya masih ada berbagai macam socket IP yang belum saya cantumkan disini. Namun ketiga contoh diatas saya rasa cukup untuk memberikan gambaran pada kita bahwa selain plug steker yang biasa digunakan dirumah,ternyata ada juga plug jenis industrial seperti diatas.

Semoga bermanfaat



share this article to :

Comments

LAGI NAIK DAUN

Urutan pemasangan sound system yang benar

RAGAM JENIS JACK AUDIO

Mengenal pin dan cara pasang Jack speakon

Cara setting crossover sound system yang baik

Fungsi Tombol PFL,AFL,SIP pada mixer audio

Jangan lupa : like our Facebook page !!!