Cara menghapus broken link diblog

Apa itu broken link

Broken link atau dead link merupakan istilah dari tautan situs yang mengarah ke situs yang tak ada,atau fiktif,atau tautan yang rusak. Jadi brokenlink ialah tautan yang fiktif dan rusak yang dapat mempengaruhi kesehatan dari situs yang memilikinya.

Karena akhir akhir ini banyak yang mengeluh soal penurunan jumlah pengunjung atau visitor blog kawan kawan blogger seperjuangan yang entah dari mana akar permasalahannya,maka saya ingin membuat artikel yang satu ini,karena webblog saya ini juga mengalami hal serupa dengan kawan kawan blogger lainnya akibat broken link yang berasal dari akun komentar G+ yang menyebabkan penurunan jumlah visitor hingga 50% lebih.

Dampak broken link G+

Akhir akhir ini mungkin ada diantara para blogger yang dipusingkan dengan menurunnya jumlah visitor secara drastis pada situs yang dimiliki namun penyebabnya tak diketahui. Sebagian besar dari mereka mengira ini disebabkan oleh  akibat dari pembaruan algoritma google yang berkala.

Namun,sebenarnya banyak hal yang mempengaruhi penurunan drastis jumlah visitor disitus kita,diantaranya ialah broken link. Salah satu penyebab banyaknya broken link atau boleh dibilang sebagai badai broken link ialah ditutupnya salah satu produk google,yaitu G+.

Sebagaimana yang kita ketahui akun G+ merupakan salah satu cara berkomentar paling aman dari spam dikala akun G+ digunakan oleh sebagian blogger dalam blog walking,meskipun tak memiliki dampak backlink buat situs si pengomentar

Namun disaat G+ ditutup beda ceritanya,seluruh komentar yang menggunakan akun G+ diubah menjadi akun anonymous dan parahnya lagi akun tersebut menjadi broken link disitus yang dikomentari.

Untuk sebagian blog yang memiliki sedikit komentar akun G+ mungkin relatif mudah untuk membersihkannya,namun bagaimana jika sebuah blog memiliki komentar akun G+ yang banyak? Itu artinya brokenlink yang merusak kesehatan blog atau situs yang berdampak pada penurunan jumlah visitor yang cukup memperihatinkan.

Solusi???

Jadi,bagaimanakah solusi atau cara menghapus broken link diblog kita? Maka dari itu baca terus artikel ini sampai habis  ya gan,agar brokenlink yang agan punya diblog agan bisa dihapus.

Cara menghapus broken link diblog

Untuk menghapus broken link diblog yang kita miliki yang pertama kali kita butuhkan yaitu tools yang dapat mengecek jumlah brokenlink yang blog kita miliki.

Ada berbagai macam SEO tools yang memiliki fitur brokenlink checker didalamnya,namun tools tersebut biasanya tergolong premium dan berbayar,namun tak usah khawatir karena ada satu web yang berdedikasi khusus dalam mencari atau mengecek jumlah backlink diblog yang kita miliki,nama web tersebut ialah brokenlinkcheck.

Buka situs www.brokenlinkcheck.com kemudian cari kolom seperti gambar dibawah ini

Cara menghapus brokenlink diblog

Kemudian isi nama situs atau blog kalian di box url,bisa dengan www atau tanpa www untuk blog yang masih blogspot atau wordpress. Kemudian klik tombol "Find broken Links" yang dibawah box url. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman baru dengan tampilan seperti gambar dibawah ini

Cara menghapus brokenlink diblog
Silahkan masukkan security code pada box yang tersedia disebelah kode yang disediakan. Jangan lupa pilih opsi "Report all occurances of each dead link" agar dapat menemukan seluruh deadlink atau brokenlink yang ada di seluruh url situs atau blog yang kita punya. Kemudian hit "Find broken links now !", Maka akan muncul proses crawler seperti pada gambar berikut

Cara menghapus brokenlink diblog

Jika blog kita memiliki banyak broken link maka akan mirip dengan gambar dibawah ini
Cara menghapus brokenlink diblog

Nah dari sinilah kita akan dapat mendeteksi lokasi url dari broken link atau dead link yang ada di blog kita. Anda bisa liat sumber dead link atau broken link pada gambar diatas yang ditandai oleh tanda panah. Terdapat tulisan "url" dan "src" yang berwarna biru. Jika anda klik "url" maka anda akan dibawa ke url source atau sumber dari dead link,sedangkan jika anda mengklik "src" maka anda akan dibawa ke jendela lain yang menampilkan source html code dari dead link yang terdeteksi.

Untuk lebih jelas bila kita menekan "url" lebih lama melalui smartphone kita maka akan menampilkan gambar seperti dibawah ini

Cara menghapus brokenlink diblog

Namun jika kita menekan "src" maka akan memiliki tampilan seperti gambar dibawah ini
Cara menghapus brokenlink diblog
"Nb:sumber code deadlink akan diblok merah"

Jika anda telah menemukan sumber dari dead link atau broken link dari tiap tiap dead link yang ada di blog kita,langkah berikutnya kita tinggal menghapus link yang menjadi dead link tersebut.

Berhubung dead link yang saya tampilkan diatas berasal dari akun komentar maka tindakan yang paling baik hanya dengan menghapus komentar yang memiliki akun link tadi. Oh iya jika dilihat bahwa web ini memiliki jumlah 209 dead link yang berasal dari komentar maka saya wajib membersihkan seluruh komentar tersebut agar kesehatan web saya kembali ke semula. Sebagai tambahan dead link diatas semuanya berasal dari komentar yang menggunakan akun G+ sebelumnya,karena G+ telah dihapus oleh pihak google maka akun tersebut berubah menjadi anonymous alias anonim.

Untuk mendapatkan hasil maksimal ulangi cara cek broken link ini beberapa kali sampai blog kita bersih dan tak ada dead link atau broken link lagi.

Nah itulah cara menghapus broken link diblog yang kita miliki,semoga artikel saya kali ini mudah untuk dipahami,jika kurang jelas bisa ditanyakan melalui kolom komentar dengan menggunakan akun name/url,biar bisa kunbal dan jadi backlink natural ya gan....hi hi hi

Semoga bermanfaat!


share this article to :

Comments

  1. Saat menghapus komentar, tentunya ada komentar milik kita juga kan. Apakah dihapus juga ? karena kalau tidak dihapus, seperti tidak nyambung aja komentar sendiri.
    Dan berapa lama proses normal brokenlink tersebut. Karena kalau di cek kembali muncul tampilan timeout server

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya diplatform blogger jika menghapus komentar(bukan hapus konten yah)setiap balasan pasti ikut dihapus mas.
      Mengenai proses nya sih setelah kita selesai mengambil tindakan bisa langsung di cek ulang kok via brokenlinkcheck ya....cuma harus masukin ulang kode securitynya...klo bisa regenerated new security code sebelum cek ulang,biar afdol...

      Delete
  2. hapusnya hanya komentarnya saja kan ? kalau komentarnya di disqus apakah harus masuk ke kontennya dulu lalu hapus disana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya hanya komentarnya saja yang dihapus....klo Disqus setau saya gak jadi brokenlink kok mas...soalnya linknya mengarah ke disquss

      Delete
  3. Ada ngga ya cara untuk menghapus link nya saja, tanpa menghapus komentarnya. Rasanya sayang banget untuk menghapus komentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo begitu belum Nemu saya caranya😊

      Delete

Post a Comment

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely

LAGI NAIK DAUN

Urutan pemasangan sound system yang benar

RAGAM JENIS JACK AUDIO

Mengenal pin dan cara pasang Jack speakon

Fungsi Tombol PFL,AFL,SIP pada mixer audio

Cara setting crossover sound system yang baik

Jangan lupa : like our Facebook page !!!