Fungsi mixer audio

Fungsi mixer audio

Fungsi mixer audio

Ini merupakan pembahasan dasar dari sound system itu sendiri dimana kita harus memahami fungsi mixer audio yang sebenarnya terlebih dahulu sebelum mempelajari materi sound system yang lainnya.

Mixer audio merupakan alat paling vital dalam sound processing audio. Dimana seluruh signal audio diolah dan diproses disatukan alat yang bernama mixer audio. Proses dari pencampuran audio yang biasa kita sebut mixing akan menghasilkan audio balancing didalam mixer audio ini.

Jadi fungsi mixer audio adalah sebagai alat balancing audio yang berasal dari berbagai sumber instrumen musik yang di input melalui channel channel yang berada di mixer audio dengan proses filtrasi standar dengan penggunaan potensiometer gain dan potensio equalizer serta fader volume yang ada di mixer audio lalu diumpankan keberbagai output seperti main output dan Aux output.

Kemudian ada pertanyaan "mixer merk ini bisa untuk ngangkat berapa power?".....
Jawabannya adalah mixer tak ada hubungannya dengan ngangkat(penggunaan) power. Mixer adalah penghubung awal dari signal yang akan diteruskan keberbagai peralatan/perangkat filtrasi dan disalurkan ke power amplifier agar dapat mengoperasikan transducer(speaker).

Nah itulah fungsi dari mixer audio secara umum. Selanjutnya kita akan membahas soal fungsi audio prosesor