Pengertian out of phase di sound system

Out of Phase

Out of phase merupakan bentuk anomali signal yang dimiliki oleh gelombang suara yang dihantarkan melalui speaker atau transducer penghantar suara. Bagi kalangan audiophiler out of phase merupakan bentuk kerugian. Dikarenakan out of phase dapat merubah nilai besaran suara atau yang biasa kita sebut sebagai desibel(dB).

Out of phase

Out of phase sendiri terjadi dikarenakan kesalahan instalasi atau tabrakan antar pole atau polaritas atau kutub suara yang dihantarkan.

Dalam dunia recording out of phase merupakan bencana,karena signal yang mengalami out of phase dapat meredam signal input pada sebuah instrumen,sehingga gain yang dimiliki sulit ditingkatkan bahkan dapat hilang sama sekali.

Namun dalam dunia sound reinforcement atau lebih dikenal sebagai sound system,out of phase sangat sulit dideteksi bagi kuping yang awam. Maka banyak diciptakan alat pengukur out of phase dipasaran,baik itu dalam bentuk konvensional maupun digital.

Bagi pemilik "golden ear" out of phase dengan mudah dapat mereka deteksi tanpa menggunakan alat detektor sama sekali.Hal ini didapat dari pengalaman mereka dalam mengolah suara yang ada.

Ciri ciri sound system yang out of phase

Untuk melaih anda dalam anda mengenali sound system yang out of phase ada baiknya anda mengenali terlebih dahulu ciri ciri dari suara yang out of phase.

Suara yang out of phase biasanya ditandai oleh beberapa ciri,diantaranya :
  • Out of phase pada suara hi dimana suara hi terdengar terlalu lantang dibandingkan dengan suara yang dihasilkan oleh mixer anda yang anda control melalui headphone
  • Out of phase pada suara mid,hal yang senada dengan kejadian pada out of phase suara hi
  • Namun aktor paling menonjol dari seluruh out of phase yang ada hanya pada bagian low yang bersumber dari frekwensi Midlow  fullrange dan low dari subwoofer,cirinya adalah salah satu box speaker tersebut condong memiliki tingkat suara yang lebih dominan kebelakang ketimbang melaju kearah depan.
Jika anda perhatikan baik baik maka anda akan merasakan suara yang out of phase tersebut dapat anda ketahui dengan mengandalkan telinga anda tanpa harus membeli alat mewah pendeteksi out of phase.

Cara memperbaiki out of phase bisa kita gunakan fitur yang ada pada console crossover aktif yang memiliki menu phase didalamnya.Silahkan tekan atau lepaskan tombol phase tersebut agar kita mudah mengetahui sumber dari out of phase tersebut.

Silahkan dicoba