Snake cable : fungsi dan jenis jenis nya

Snake cable

Postingan sound on mike kali ini akan membahas khusus tentang snake cable,apa itu snake cable,fungsi dari snake cable,hingga jenis jenis snake cable akan saya coba terangkan pada postingan kali ini.

Snake cable adalah sebuah cable audio yang dikhususkan untuk menghantarkan audio input dan output pada instrument kedalam mixer FOH(front of house) agar system FOH atau speaker public address lebih mudah terkontrol.

Snake cable sendiri memiliki berbagai macam jenis,dari yang memiliki 8 input 2 output sampai 32 input 8 output telah berada dipasaran dengan kwalitas yang beragam.

Snake cable sendiri memiliki memiliki teman seperjuangan apabila ingin digunakan berdampingan dengan control monitor stage system,atau biasa kita sebut sebagai mixer panggung.

Teman dari cable snake tersebut ialah Jump station box.Jump station box merupakan DI(direct injection) station yang dibuat secara analog,sehingga tak memiliki pre-amp didalamnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut perihal jump station box,mungkin dilain artikel akan saya kupas ya gan.

Macam macam snake cable

1. Snake cable 8 ch

Snake cable

Snake cable paling sederhana yang pernah diproduksi,biasanya digunakan untuk input drum set agar cable input dari drum set tidak berantakan

2. Snake cable 16 ch

Snake cable
Snake cable ini memiliki input tetap yaitu 16 channel dengan kombinasi output beragam,bergantung dari type dari merk dagang yang memproduksi cable snake tersebut.Biasanya output dari cable snake ini terdiri dari 2 output hingga 12 output.

3. Snake cable 24 ch

Snake cable
Snake cable ini merupakan snake cable paling ideal digunakan dalam live event seperti band perform,karena sudah memiliki jumlah kanal/channel yang cukup untuk instrument yang biasa digunakan oleh live band perform,tinggal memilih jumlah output yang dibutuhkan,Syaran saya pilih output yang banyak yaitu 8 channel output sehingga kita dapat mengkreasikan beragam jenis system output(bi-amp) pada FOH speaker.

4. Snake cable 32 ch

Snake cable

Snake cable yang paling cocok untuk pementasan kolosal,seperti wayang kulit,wayang golek,dangdut dan orchestra yang mbutuhkan banyak channel input dari instrumen yang terlibat dalam satu pagelaran.

5.Digital snake


Snake cable saat ini telah berkembang dan berevolusi dengan menghadirkan digital snake sebagai teman dari digital mixer yang telah banyak diproduksi saat ini.
Digital snake merupakan generasi snake cable terbaru yang konektifitasnya diatur oleh program digital AES/EBU dan dalam penggunaannya diperlukan kabel ethernet type Cat5 dan Cat6. Channel digital snake pun beragam mulai dari 8 channel sampai 24 channel,namun bisa saja diwaktu yang akan datang akan memiliki channel yang lebih banyak disesuaikan dengan kebutuhan pentas.

Nah,itulah tadi sekelumit pemaparan saya perihal snake cable,mungkin tak terlalu banyak,namun dapat memberikan gambaran pada kita bahwa alat yang satu ini memang sangat berguna bagi suksesnya sebuah pagelaran.Namun,semua kembali kepada human resource yang dimiliki,apakah mampu menghandle atau tidak.
Semoga bermanfaat!!!