Memahami perbedaan antara headphone,headset,earphone,handsfree

Perbedaan antara headphone headset earphone serta handsfree

Yup,dari judul diatas kita sering sekali mendengar salah satu gadget favorit yang sering digunakan apabila kita ingin mendengarkan hasil keluaran atau output audio yang lebih besar pada perangkat gadget yang kita miliki,seperti mendengarkan musik MP3 dari ponsel kesayangan,mendengarkan efx suara dari game online favorit atau mendengarkan audio dari video yang sedang tayang dihadapan kita tanpa harus mengganggu orang lain.

Apa lagi kalau bukan headphone,headset,earphone atau handsfree.

Namun diantara kita mungkin ada yang sukar membedakan gadget tersebut berdasarkan namanya,padahal gadget tersebut jelas berbeda lho gan.....

Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan antara headphone ,headset,earphone serta handsfree,ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu gadget gadget tersebut berdasarkan nama dan fungsinya.

1. Headphone


Headphone

Headphone merupakan bentuk dasar dari semua gadget yang akan kita bahas kali ini.Headphone memiliki bentuk yang relatif besar,hal ini dikarenakan oleh fungsinya yang lebih mengarah kepada music production ketimbang dari daily usage yang mana diusung oleh ketiga rekannya dibawah ini.

2. Headset

Headset

Headset merupakan gabungan antara headphone dengan microphone.Itulah mengapa ia dinamakan sebagai headset,karena memiliki tambahan dalam fiturnya.Headset biasa digunakan sebagai alat bantubkomunikasibantu operator telepon/line customer service,pilot dan Steward,juga biasa digunakan para gamer PC pada pertandingan online game team.

3. Earphone

Earphone

Earphone merupakan bentuk mini dari headphone,dikarenakan bentuknya yang dibuat sesuai dengan ukuran liang telinga manusia maka gadget ini pun dinamai earphone,namun earphone belum memiliki fitur mic dan volume pada awalnya,dan kemudian earphone pun berkembang menjadi salah satu gadget dibawah ini.

4. Handsfree

Handsfree
Handsfree merupakan bentuk mini dari haedset,ia merupakan hasil pengembangan dari earphone,dimana didalamnya disematkan fitur tambahan seperti condenser mic dan tombol volume didalam unitnya.Hal ini dikarenakan kebutuhan akan fungsi komunikasi yang lebih privasi pada ponsel yang anda miliki.

Nah itulah keempat gadget yang pada prinsipnya memiliki kegunaan yang sama namun memiliki perbedaan dalam hal konstruksi.Seiring dengan perkembangan teknoligi,tiap tiap gadget tersebut pun mengalami evolusi dan mulai menggunakan fitur wireless didalamnya dengan memanfaatkan sinyal bluetooth sebagai penghubung sinyal audio dari perangkat keras tersebut.

Sudah dapat membiasakan bukan???Jadi,mulai sekarang tak perlu lagi bingung jika ditanya mengenai perbedaan antara headphone,headset,earphone dan handsfree ya gan....
Semoga bermanfaat!!!!