Arti delay reverb dan fungsinya

Arti delay dan fungsinya

Delay dan reverb, sebuah kata kata yang familiar ditelinga kita apa bila kita bergelut di dunia audio pro. Banyak yang memanfaatkan jenis efx modular tersebut guna menambah aura atau tone/warna pada sumber suara yang menggunakan delay tersebut.

Arti delay dan reverb

Jika merujuk pada terjemahannya,delay memiliki terjemahan yang berarti menunda. Jadi fungsi dari efx delay ialah menunda sinyal suara output yang keluar. Delay sangat familiar bagi seorang gitaris atau pemain gitar. Delay digunakan untuk menambah khasanah suara yang lebih kaya pada hasil output gitar.

Delay berbeda dengan riverb, riverb berarti bergetar, itu tandanya suara yang dihasilkan oleh efx reverb akan membuat nuansa suara bergetar pada hasil outputnya. Efx berjenis reverb lebih sering digunakan pada prosesing vocal,agar hasil output dari microphone tak terasa berat.

Inilah mengapa banyak dari penyanyi dangdut yang sangat gemar menggunakan efx berjenis reverb ini.Hal tersebut dikarenakan mereka tak perlu mengeluarkan power vocal yang diperlukan ketika mereka sedang bernyanyi diatas panggung pertunjukan.

Nah itulah sedikit pemaparan perihal delay dan reverb,semoga tulisan kali ini dapat menjadi gambaran anda dalam memilih efx modular vocal dan gitar,sehingga anda dapat menemukan settingan efx modular yang pass buat anda.
Semoga bermanfaat!!


share this article to :

Comments

LAGI NAIK DAUN

Fungsi audio processor sound system( aksesoris sound system )