Perbedaan antara sound system organ tunggal dengan sound system full

Organ tunggal

Pada prinsipnya sound system itu tak mengenal perbedaan,namun dikarenakan trend dari regional tersebut menuntut penggunaan system yang diperlukan berdasarkan permintaan pasar,maka terjadilah perbedaan dalam persiapan sebuah system pada sound yang digunakan.

Sound system organ tunggal

Seperti diindonesia,yang mayoritas performnya saat ini didominasi oleh singlenya player keyboard atau biasa dikenal dengan organ tunggal.Perbedaan setting antara sound system pun terjadi.

Nah kali ini saya akan menuliskan perbedaan antara sound system organ tunggal dengan sound system full.Yang mana hal tersebut hanya dibedakan berdasarkan kebutuhan peralatan yang digunakan.

Sound system full

Sound system full disini yang dimaksud adalah sound system yang biasa digunakan untuk konser dan pertunjukan live perform dari full band seperti pertunjukan grup band atau orkes dangdut.Jadi system peralatannya yang digunakan pun merujuk pada kebutuhan dengan skala yang besar.

Sound system organ tunggal

Sound system organ Tunggul hanya memerlukan peralatan yang bisa dibilang lebih simple dari pada sound system full.
Jadi kebutuhan akan peralatannya pun tak memerlukan banyak piranti sound equipment yang banyak.

Pada penjelasan dibawah ini terdapat rincian sederhana tentang kebutuhan peralatan yang digunakan dalam pagelaran organ tunggal,yaitu :
  • Speaker sound left dan right sederhana(bisa speaker pasif maupun aktif dalam jumlah yang tak terlalu banyak)
  • System processor atau aksesoris yang cukup seperti equalizer,management speaker(DLMS),efx eksternal(optional)dan sebagainya.
  • Mixer dengan jumlah channel yang cukup,biasanya mixer ukuran kecil dengan jumlah channel yang sedikit(8 channel,12 channel maupun 16 channel)
  • Amplifier gitar,keyboard dan perkusi monitor(untuk keperluan organ tunggal plus)
  • Jumlah microphone yang sesuai(biasanya hanya butuh 6 buah microphone)
  • Jumlah cable audio yang tak terlalu banyak.
Nah itulah perbedaan antara sound organ tunggal dengan sound full,jadi perbedaannya hanya terletak dari kuantitas namun tetap mengutamakan kualitas pada system yang digunakan.
Semoga bermanfaat!!!


share this article to :

Comments

LAGI NAIK DAUN

Fungsi audio processor sound system( aksesoris sound system )