Fungsi domain itu apa ? Apa itu domain ?

Domain

Kata kata yang sering sekali didengar dalam membangun brand situs adalah domain.Dalam hasil pencarian disearch engine banyak pencarian terkait perihal domain ini,seperti apa itu domain dan hosting,artinya domain,tujuan domain dan banyak hal yang sering sekali dicari orang perihal domain ini.

Apa itu domain

Lalu sebenarnya "Apa itu domain?"
Jika dilihat dari penjelasan beberapa situs seperti Wikipedia dan situs penyedia host menyatakan bahwa domain adalah susunan angka dan huruf berupa string dan dijadikan sebagai alamat dari sebuah situs web.Susunan angka dan huruf yang diterjemahkan oleh browser inilah yang menjadikan sebuah domain sebagai alamat dari web tersebut.

Dikarenakan hasil dari penerjemahan string tersebut maka lahirlah yang namanya domain name atau nama domain.Domain merupakan pondasi awal dari yang namanya Uniform Resource Lokator atau bisa kita sebut dengan URL.

Fungsi Domain

Seperti penjelasan saya diatas bahwa domain merupakan cikal bakal dari url maka fungsi domain adalah sebagai penunjuk dan penentu alamat sebuah situs bagi browser dan crawler dari robot crawl yang selalu merayapi string yang membentuk URL domain.

Mudahnya domain berfungsi sebagai penunjuk bagi sebuah crawlbot dalam menentukan identitas dari sebuah URL.
Maka dari itu banyak tulisan yang mengulas perihal dampak domain name bagi SEO.

Secara tidak langsung hal tersebut memang mempengaruhi SEO.Meskipun hanya menjadi salah satu faktor dari beberapa faktor yang mempengaruhi peringkat artikel anda di SERP.

Maksudnya gimana ya gan?
Kita buat sebuah contoh saja yah...

TLD vs ccTLD Niche Tutorial
Sebut saja 
Blogging.com vs blogging.co.id
.com merupakan domain comercials sedangkan .co.id merupakan domain usaha/corporate pada GEO yang tertera dibelakangnya.Dalam hal ini co=Corporation dan id=Indonesia
Bisa dikatakan sebuah domain komersial melawan domain usaha regional bertarung dikeyword yang sama.Maka domain komersial akan lebih cepat melejit di serp dari pada domain korporasi regional.

Tak usah jauh jauh...blog ini merupakan salah satu contohnya.Blog saya memiliki domain dengan ccTLD dan berniche audio.Sehingga jika ingin bersaing dikeyword tutorial blogging,maka butuh perjuangan extra dalam merebut posisi terbaik di SERP.

Mengapa saya memilih ccTLD untuk Niche audio?
Karena situs yang menguasai sebagian besar keyword audio adalah online shop yang menggunakan Top level domain komersil atau TLD bukan ccTLD.(merupakan program riset case study)

Kesimpulan

Ada baiknya pertimbangkan dahulu dalam memilih sebuah domain name jika anda ingin membangun sebuah situs baru.

Nama dari domain anda merupakan sebuah kata kunci terkuat dalam membangun brand awarness kepada search engine.Jadi pertimbangkanlah masak masak dalam membuat nama sebuah situs dan pilihlah domain/TLD yang sesuai dengan namanya.Sehingga Niche dari situs anda dapat diperkuat oleh domain name situs yang anda miliki.

Semoga bermanfaat.





share this article to :

Comments

LAGI NAIK DAUN

Fungsi audio processor sound system( aksesoris sound system )