Blogger : memahami peranan 3 menu edit blog post

Membuat sebuah postingan merupakan hal terpenting didalam keseharian kita dalam mengelola blog yang dimiliki.Namun terkadang kita luput akan hal hal yang mendasar,seperti membuat blog post yang baik dan memahami tiap opsi menu yang ada didalam halaman edit post yang ada diblogger.

Hal tersebut memang terlihat sepele,namun sebenarnya jika anda pahami secara mendalam hal tersebut merupakan aspek yang penting.Karena sebagian dari menu menu yang ada diedit post merupakan pondasi awal dari sebuah konten yang Anda miliki.

Bahkan hal ini dapat menentukan sebuah nilai dari konten atau artikel yang anda punya.Dengan kata lain,menu tersebutlah yang akan membuat artikel anda mudah dikenali oleh perayapan dari mesin pencari.

Saya rasa pembukaan kata dari artikel saya ini sudah cukup untuk anda pahami bukan? Bila anda masih bingung juga,akan saya buat penjelasan yang lebih sederhana.Menu edit post yang terdapat pada halaman edit post blogger anda merupakan jembatan awal Anda memulai sebuah praktik SEO dari konten yang akan anda persembahkan kepada pengguna blog anda.

Sebagai awal mula SEO pada konten anda

Yup,sebuah artikel yang baik merupakan bagian awal dari praktik SEO onpage yang wajib anda pahami.Mengapa? Sebab sebuah konten yang mampu menyuguhkan informasi yang berguna merupakan salah satu faktor penilaian search engine dalam memberikan peringkat atau rangking.

Sebenarnya saya orang yang termasuk enggan bertele-tele dalam memberikan penjelasan,jadi saya akan berusaha membuat anda dapat memahami apa yang akan saya uraikan kali ini.

Awal mula SEO anda adalah SEO onpage bukan?
Nah,memahami menu yang ada diedit post merupakan salah satu bagiannya.
Kenapa?
Karena sebuah struktur yang anda bentuk dalam konten atau artikel anda bermula dari menu edit post ini.

Seperti:

1.Menu heading

Menu pada blog post


  • Menu heading sebagai indikasi dari sub judul artikel yang anda miliki.Jika struktur data yang anda miliki belum dirayapi secara maksimal,maka opsi inilah yang dijadikan tolak ukur awal dari rich snippet yang berkaitan dengan heading oleh mesin perayapan dan mempersembahkannya pada pengguna search engine.Jadi sebagai blogger pemula,ada baiknya anda memaksimalkan penggunaan dari menu heading ini.Dan jadikan sebuah kebiasaan untuk membuat struktur dari artikel anda menjadi lebih komplit.

2.Tombol bold,Italic,dan underline

Menu pada blog post

  • Berfungsi sebagai pemberi informasi kepada pengguna atau pembaca artikel anda,dan juga menunjukkan pada search engine perihal keyword penting yang ada didalam artikel yang anda miliki.Nah buat anda yang masih ragu dengan keyword dari artikel anda,cobalah berikan informasi kepada mesin perayapan dengan memaksimalkan pemberian bold,Italic maupun underline pada kata kata yang ada didalam artikel sebagai kata kunci(keyword) yang anda bidik.

3.Tombol Teks edit


  • Tombol ini berfungsi untuk mengedit teks yang telah terbaca strukturnya oleh mesin pencari,biasanya tombol ini untuk mengedit postingan yang memiliki struktur yang telah selesai dicrawl oleh mesin crawler,namun setelah pergantian template konten tersebut tak dapat dicrawl ulang karena memiliki duplikat didalamnya.Cara menggunakannya pun cukup simpel,anda tinggal ctrl+a lalu klik tombol tersebut,maka seluruh struktur artikel akan kembali pada bentuk default,sehingga bentuk yang termodifikasi pun akan kembali kebentuk bawaan template.Yang perlu anda lakukan selanjutnya ialah mengedit subjudul dan judul minor serta tanda baca lainnya seperti bold,Italic dan sebagainya.
Nah,itulah 3 menu blog post yang mesti Anda pahami peranannya.
Semoga bermanfaat.



Komentar

  1. saat kita kita memberikan heading di dalam artikel, kadang satu paragraft berubah formatnya, baik unuran huruf maupun tebal huruf.
    Sedangkan saat kita rubah dengan jenis huruf atau ukuran huruf, maka hanya paragraft itu saja yang berubah.
    Bagaimana agar saat memberikan heading pada kalimat tertentu, tetapi format huruf pada paragraf tdk berubah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogspot emg gitu om handy😊perubahan heading per satu klik enter=1 paragraf...jadi jika dirubah hanya satu sintax dalam satu paragraf ya 1 paragraf itu ngikut berubah semua kalau masalah heading...kecuali buat bold,Italic dan underline ya😄

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish