Mengenal 8 algoritma google

Copyright © 2018 soundonmike.Banyak para praktisi SEO yang menjadikan update algoritma dari search engine google ini sebagai tolak ukur dalam optimasi konten mereka,dikarenakan update algoritma memiliki dampak terhadap posisi rangking situs diserp google.

Para Praktisi SEO menggunakan update ini untuk memberikan wejangan wejangan terbaik untuk klien mereka.Agar posisi dari konten yang ada disitus yang mereka miliki tetap bertahan pada rangking teratas dihasil pencarian pengguna.

Apakah anda ingat bahwa google sering sekali mengupdate algoritma search engine google mereka ditahun 2017 silam?seperti munculnya algoritma google fred dan Hawk.Yup,semua itu dilakukan guna memberikan hasil terbaik bagi user mereka.
8 algoritma google

Lalu adakah cara agar terhindar dari dampak update Algoritma terbaru ini?Caranya ialah Mengenal apa dan bagaimana sih cara kerja Algoritma Google terlebih dahulu,sehingga kita tau langkah apa yang terbaik agar kita terhindar dari imbas update Algoritma Google terbaru ditahun 2018 ini.

Sebenarnya ada berapa sih Google Algoritma itu?dan apa dampaknya buat SEO?

Nah pertanyaan bagus tersebut akan saya bahas diartikel saya kali ini.Yuk dibaca,disimak dan diinterpretasikan secara bijak ya gan,,,,

Mengenal 8 algoritma google

Kok 8?yup,ada 8 algoritma google yang dikenal dikalangan praktisi SEO saat ini.Meskipun google hanya baru mengumumkan 6 algoritma secara resmi,namun praktisi SEO ikut menamai beberapa algoritma yang belum resmi diumumkan google.

Algoritma apa saja sih?
Dan apa dampak langsung bagi SEO ?

Untuk listnya mungkin akan saya berikan setelah saya menjawab pertanyaan kedua,yaitu apa dampak algoritma google terhadap SEO situs?

Dampak update algoritma jika ditilik dari segi SEO situs maka dapat memberikan perubahan yang signifikan dalam hal naik turunnya traffic situs yang diterima.Jika ada situs yang terkena penalti google akibat dari algoritma ini maka akan ada situs lain yang menggantikan posisi mereka diserp.

Bukankah esensi dari SEO ialah rangking tertinggi dihasil pencarian search engine????
Anda yang tentukan sendiri jawabannya.

Nah sekarang list atau daftar dari algoritma google.Silahkan anda lanjutkan untuk membacanya yah😊

1.Panda

Yang pertama dan telah resmi diumumkan google ialah algoritma PANDA.Sejak dirilis 24 Februari 2011 PANDA telah beberapa kali di-update oleh google.Update terakhirnya ialah di Juli 2015 silam.Tugas utama dari dipanda ini ialah:
Pengawasan terhadap konten duplikasi,plagiat atau konten yang miskin data,keyword stuffing,dan spamming user.Jadi jika ada update panda bersiap siaplah anda yang sering melakukan hal-hal yang disebutkan diatas😊

 2.Penguin

Algoritma resmi google yang kedua ialah penguin.Salah satu algoritma paling disegani oleh pelaku blackhat SEO.Karena tugasnya ialah menenggelamkan rangking situs yang kita miliki jika kita melanggar salah satu dari tugas intinya.Penguin dirilis pada 24 April 2012 dan terakhir kali di-update pada September 2016 silam.
Tugas utama pinguin:
Identifikasi spamlink,link tidak relevan,link dengan anchor teks yang terlalu spesifik atau terlalu optimum.atau bisa dikatakan melakukan blackhat SEO offpage yang berubah menjadi greyhat.Penguin akan menenggelamkan situs kalian bahkan dikeluarkan dari googlesandbox dan tak akan diindex oleh google.

3.Hummingbird

Algoritma resmi google selanjutnya ialah hummingbird.Dirilis pada 22 Agustus 2013 silam,hummingbird berfokus pada pengumpulan kueri atau biasa kita kenal sebagai keyword dan membantu google memberikan kumpulan konten yang relevan.Hummingbird juga membantu google membaca perilaku pengguna Dan dijadikan tolak ukur dari pengalaman penggunanya.Tugas utama:
Memantau penumpukan keyword,dan konten berkualitas rendah.

4.Pigeon

Algoritma resmi google selanjutnya ialah pigeon,pada awal rilisnya di 24 Juli 2014 peluncuran pigeon hanya berdampak diwilayah lokal Amerika lalu update kedua 22 Desember 2014 berdampak dilokal pencarian Inggris dan kanada juga australia kemudian menyebar ke pencarian lokal diseluruh dunia tiap kali pigeon diupdate,bahkan bisa dikatakan unnamed update yang paling sering ialah algoritma pigeon ini.Terakhir kali pigeon diupdate diberi nama google hawk karena merupakan penyempurnaan dari  possum.Karena tugas utamanya adalah:
SEO onpage dan offpage yang buruk merupakan target dari algoritma pigeon.Jadi yang gak doyan SEO pada blognya merupakan sasaran utama sipigeon ini.Jadi wajar jika traffic organik dari blog yang memiliki SEO onpage dan offpage yang buruk tak akan pernah bertambah.Karena rank serp konten yang buruk dan hal ini selalu berimbas dihasil pencarian atau serp lokal meski terkadang ikut merambah ke pencarian internasional

5.Mobile 

Algoritma resmi google selanjutnya ialah Mobile.algoritma ini memiliki banyak sekali sebutan sesuai dengan tanggal update dari algoritma ini.Pada rilis awal di April 2015 algoritma ini memiliki nama mobile geddon.kemudian di-update kedua nya yang jatuh di may 2016 algoritma ini berubah nama menjadi mobile friendly.Dan terakhir diseptember 2017 kemarin namanya berubah menjadi mobile first indexing.Tugas utama:
Menghukum situs yang tak memiliki tampilan yang bersahabat buat perangkat mobile,mengindex url mobile terlebih dahulu dan menampilkannya pada browser mobile.

6.Rankbrain(unofficial)

Algoritma yang belum resmi google namai.Namun lebih mirip dengan fungsi hummingbird.Rankbrain digadang gadang sebagai artificial intelegent yang dimiliki google,pada awal kemunculannya algoritma ini bernama google knowladge graph,kemudian berevolusi menjadi rankbrain.
Tugas utama:
Mengawasi konten Dangkal,relevansi keyword,dan user x.(mirip hummingbird)

7. Possum(unofficial)

Algoritma yang mirip sekali cara kerjanya dengan pigeon,hanya berdampak pada pencarian dan posisi lokal.
Tugas utama:
Memantau Tingkat persaingan pada target lokal.

8.Fred

Dirilis pada Maret 2017,algoritma google Fred merupakan algoritma terakhir dan belum dinamai secara resmi oleh google,meskipun memiliki dampak yang berbeda dari ke 5 algoritma lainya yang telah resmi rilis.Google Fred lebih menitik beratkan kepada penempatan iklan disitus situs artikel atau blog blog yang memasang iklan.Tugas utamanya:
Memantau situs yang melanggar google webmaster guideline,situs atau blog yang memiliki kualitas konten yang rendah dan memaksakan untuk meningkatkan pendapatan iklan.Atau bisa dibilang memantau situs yang melanggar kebijakan iklan.seperti melakukan perjanjian klik,memiliki banyak klik padahal traffic organiknya rendah.Nah hal hal semacam inilah yang menjadi target pentungan google Fred.

Nah,itulah kesemua algoritma google yang ada selama ini yang patut diketahui oleh kita agar terhindar dari pinalti google.
Bagaimana cara menghindarinya?anda bisa mengimplementasikan praktik praktik optimasi yang tak melanggar dari semua yang menjadi pengawasan utama dari 8 algoritma diatas.Contohnya bisa anda baca di artikel saya yang berjudul Mengenal lebih jauh perihal google SEO.

Semoga bermanfaat.




Komentar

  1. Untuk saya udah cukup lama kenalan dan meneliti semua algoritma google itu om. Sehingga bisa menentukan langkah2 terbaik bagi optimasi blog dan konten saya hehehe 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gmana caranya gan ? beritahu dong tips nya..

      Hapus
  2. fred yang terbaru ya gan? itu jadi kaitannya sama iklan adsense?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang paling baru,g cuma adsense aja sih,awalnya sih buat kontrol jumlah iklan diheader dan pengalaman pengguna terhadap iklan interesti dan popup,namun berkembang seiring update algoritma

      Hapus
  3. Yang saya pikirkan saat membacanya adalah, rupanya Google pencinta binatang. Kebanyakan nama algoritmanya adalah nama binatang. Berbeda dengan android yang suka dengan kue.

    Ups, gagal fokus 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk...iya juga yah🤔...tp yang memberi nama sih bukan google sepertinya mbak,melainkan para praktisi SEO dan pengamat search engine😊klo google sih cm kasian nama algoritma google...cuma karena tiap kali update yang jd sorotan beda beda akhirnya yang tdnya google core Algorithm diubah biar enak penyebutannya oleh para pengamat😊

      Hapus
  4. Bagaimana cara cek apakah situs kita terkena algoritma google atau tidak ...?? Salam Bisikan Sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo untuk untuk cek mas bisa pake tool yang namanya penguin tool mas....cukup akurat kok😊

      Hapus
    2. Ralat....panguin tools mas...sory typo😉

      Hapus
  5. Sangat membantu mas, terlebih bagi saya yang ingin mengenal mesin pencari google ini. haha :D thanks banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mas....makasih atas kunjungannya😊

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish