Macam macam tipe box speaker sound system

Copyright © 2018 sound on mike.Box speaker adalah hal terpenting dalam hal penyaluran suara keluar dari speaker.Bentuk dan konstruksi yang rumit dimaksimalkan pemanfaatannya guna menghasilkan suara atau SPL yang maksimal.


Nah kali ini soundonmike akan memberikan list macam macam tipe box speaker sound system yang pernah ada dan pernah dibuat dan memiliki hasil SPL yang sesuai dengan harapan penggunanya.

Ragam tipe box speaker

1.Direct loaded box

Direct loaded

Type box ini mungkin type box yang paling simple diantara semua bentuk box speaker sound system yang pernah dibuat.Bentuknya hanya memanfaatkan pemampatan atau kompresi suara belakang dari speaker yang tertanam agar kompresi yang dihasilkan mampu memberikan tekanan balik ke speaker yang tertanam didalamnya.Bentuk direct loaded biasa digunakan pada venue indoor yang tak terlalu membutuhkan SPL tinggi.

2.Horn loaded box

Horn loaded
Horn loaded merupakan bentuk box speaker yang paling cocok digunakan untuk box subwoofer,karena pemanfaatan full kompresinya dapat meningkatkan nilai SPL dari speaker yang tertanam didalamnya.

3.Plannar box

Plannar box
Nah untuk tipe box planner ini sebenarnya merupakan hasil penggabungan antara horn loaded dan direct loaded,yang mana sekat sekat yang terdapat didalam box memberikan dorongan ekstra melalui corong corong yang dibuat didalam konstruksinya.Planar memiliki banyak varian dan pengaplikasian.Box ini lebih cocok digunakan sebagai box dari speaker yang memiliki range mid low yang baik.

Nah itulah beberapa tipe box sound system yang banyak beredar diluaran sana saat ini.Untuk bentuk varian yang lain mungkin akan saya tambahkan nantinya,sesuai dengan perkembangan yang ada,karena perkembangan rancang bangun box sound system tergolong cepat,sehingga banyak produsen mengeluarkan bentuk bentuk baru pada speaker box yang mereka produksi.
Semoga bermanfaat.