Fungsi group pada mixer

Fungsi group pada mixer

Mixer audio,sebuah alat pencampuran signal audio yang datang dari instrument audio.Mixer audio profesional memiliki fitur fitur tambahan yang berfungsi sebagai penyempurna dan berguna untuk memudahkan usernya.

Tehnik mixing

Nah untuk kali ini saya akan khusus membahas fitur group yang ada pada mixer dan fungsi dari subgroup yang tertanam didalam mixer tersebut.Artikel kali ini merupakan lanjutan dari kumpulan artikel fungsi mixer di soundonmike.Seperti yang pernah saya tuliskan pada blog saya ini yang berjudul fungsi gain pada mixer juga fungsi tombol PFL,AFL,dan SIP pada mixer sebelumnya.

Karena kita akan membahas fungsi group pada mixer,ada baiknya kita memahami dulu apa sih subgroup atau group pada mixer itu.

Subgroup mixer

Subgroup mixer merupakan fitur tambahan dimixer audio yang berfungsi sebagai pemilah atau pembeda dari signal audio yang akan dikeluarkan pada master output mixer.Fungsi sesungguhnya dari group ialah sebagai pre-fader volume output sebelum signal masuk ke master output.Namun jika tiap channel telah dihubungkan agar outputnya dapat langsung mengarah kemasyarakatan volume,subgroup dapat dijadikan sebagai penambah volume dari signal group yang digunakan.

Group sendiri dapat diartikan sebagai pengelompokan,yang mana pengelompokan dari signal output yang telah diproses oleh channel channel input yang ada pada mixer tersebut.
Sebagai contoh penggunaan subgroup mixer yang baik apabila memiliki 8 subgroup:

  • Pilah group audio sesuai dengan fungsinya seperti group Vocal,group instrument dan group perkusi
  • Apabila sebuah mixer memiliki 8 group berarti dapat dibuat 4 buah stereo group,karena tiap subgroup yang ada pada mixer pasti pada tombol groupnya tertera 2 angka berpasangan.
  • Group 1-2 difungsikan sebagai group Vocal,group 3-4 difungsikan sebagai group instrument,group 5-6 difungsikan sebagai group perkusi,sedangkan group 7-8 dijadikan sebagai backup group.
Nah apabila pada saat hasil mixing telah diarahkan kemaster output dan pada hasil akhir terdapat kekurangan dalam tingkat kekerasan suara pada group tertentu,anda dapat menaikkan volume group tersebut melalui fader group.
Misal:
Ketika anda memixing live musik dan pada headphone anda sudah terdengar balance akan tetapi ketika anda kirim signal mix output ke master volume hasilnya suara Vocal kurang dibandingkan suara instrument,anda dapat menggunakan group Vocal untuk menambahkan tingkat suaranya.
Dengan kata lain group merupakan alat bantu untuk membalance signal output hasil mixing kita setelah menggunakan PFL dan AFL.

Sudah jelaskan apa fungsi group atau subgroup pada mixer tersebut?
Semoga bermanfaat. 


share this article to :

Comments

LAGI NAIK DAUN

Fungsi audio processor sound system( aksesoris sound system )