Apakah backlink berfungsi sebagai situs perujuk?

Copyright © 2017 sound on mike.Pertanyaan yang paling mendasar seorang blogger dari backlink ialah,apakah benar backlink hanya berfungsi sebagai situs perujuk? Mari kita kupas sedikit tentang hal ini.
Sebagai mana yang pernah saya kupas perihal backlink disalah satu artikel saya yang berjudul backlink versi jaman now,bahwa backlink dibagi menjadi 2 jenis,yaitu backlink berjenis Nofollow dan backlink berjenis DoFollow.

Backlink berjenis Nofollow adalah backlink yang dikategorikan sebagai backlink natural yang SEO friendly,sedangkan backlink dofollow merupakan backlink yang dikategorikan sebagai backlink yang bersifat merujuk dan backlink ini dianggap paling SEO friendly.Dan kedua tehnik ini diakui oleh search engine sebagai sumber pengembangan dari pembaruan algoritma saat ini.

SEO backlinks

Fungsi pemilahan backlink

Mengapa backlink dipilah menjadi dua jenis seperti ini?

Sebenarnya maksud dari pemilahan tersebut agar lebih mudah dipahami oleh robot perayapan,sehingga robot tersebut bisa mengenali type dari sebuah situs,apakah situs Nofollow atau situs DoFollow.

Jika sebuah situs Nofollow memiliki backlink berjenis DoFollow yang berlebih,maka secara otomatis algoritma kebijakan dari search engine berlaku.Begitu pula halnya jika situs DoFollow memiliki backlink berjenis Nofollow secara berlebih,maka kebijakan algoritma pun diberlakukan kepadanya.

Itulah fungsi dari pemilahan jenis backlink.Lalu apa sih arti dari jenis jenis backlink tersebut.

1.Backlink Nofollow

Backlink jenis nofollow ialah backlink yang mengharuskan robot perayapan tidak merayapi link keluar tersebut,dengan kata lain backlink tersebut bukan berfungsi sebagai situs perujuk.

Jadi apabila didapati limpahan dari backlink berjenis Nofollow ini,robot perayapan akan menganggap traffic yang berasal dari limpahan tersebut bukan sebagai traffic yang berasal dari limpahan atau bukan berjenis refferal,melainkan berjenis direct dan dianggap sebagai backlink yang natural.

2.Backlink DoFollow 

Backlink DoFollow ialah backlink yang berfungsi sebagai situs perujuk,backlink jenis ini paling dicari oleh semua blogger,karena mampu meningkatkan jumlah visitor secara signifikan,namun untuk situs bertipe Nofollow ada baiknya mempertimbangkan rasio perbandingan backlink yang dimiliki.Agar penalti dari algoritma search engine tidak diberlakukan terhadap situs yang dimiliki.Rasio perbandingan yang baik adalah backlink berjenis Nofollow lebih besar dalam persentase dibandingkan dengan jumlah backlink DoFollow.

Kedua jenis backlink diatas memiliki manfaatnya masing masing dalam peningkatan kualitas SEO situs,Nofollow lebih digunakan sebagai link metric karena sifat kemurniannya,sedangkan DoFollow lebih bersifat sebagai perujuk dan mampu menambah jumlah visitor dari situs yang dirujuk.

Ada yang berpendapat bahwa backlink nofollow tak memiliki nilai SEO sama sekali,itu dahulu yah,ketika Matt cuts masih menjabat,perkembangan algoritma saat ini berbeda dengan dulu,algoritma pun sudah bergerak maju,jadi semua jenis backlink saat ini bernilai SEO.

Lalu berapa lama waktu dari robot perayapan mampu mengenali jenis dari backlink tersebut,belum ada yang dapat memastikan akan hal tersebut,namun berdasarkan dari pengamatan,waktu untuk mengenali jenis backlink diperkirakan selama 120 hari semenjak halaman situs mulai dirayapi,atau bahkan bisa juga lebih.Namun sekali lagi,ini hanya berdasarkan pengamatan semata,bukan sesuatu hal yang pasti.

Nah sampai disini apakah anda sudah mulai memahami fungsi sebenarnya dari backlink diatas?
Lain kali akan saya ulas secara mendalam bagaimana cara mencari backlink NoFollow dan Dofollow yang aman buat situs yang kita miliki.

Semoga bermanfaat




Komentar

  1. Begitu ya... Backlink? Berkualitas...
    👍

    BalasHapus
  2. Susah sekarang cari backlink dofollow, rata2 sudah ditutup komentarnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh kesabaran mas😊sama aja Kya ngeblog,suatu saat pasti dapet kok😊

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish