Alat wajib soundcrew

Soundcrew adalah penunjang mobilitas rental sound system.
Sebagai seorang crew pasti akan selalu berhadapan dengan peralatan audio yang berhubungan dengan daya listrik,baik itu AC maupun DC .

Jadi seorang soundcrew diwajibkan memiliki peralatan peralatan khusus yang berhubungan erat dengan dunia kelistrikan.


Alat apa sajakah itu?




1.Test pen(tespen)


https://www.soundonmike.co.uk
test pen

Fungsi Tespen yaitu untuk mengetahui ada tidaknya tegangan listrik pada suatu benda, mesin dan sebuah rangakain listrik, fungsi lainnya yaitu untuk membuka skrub dari komponen alat listrik.makanya alat ini begitu penting.


2.Tang potong


https://www.soundonmike.co.uk
tang potong

 
Fungsinya untuk memotong kawat, kabel plastik, dan fiber tipis. Bahannya dari besi chrome vanadium. Gagangnya dilapis plastik. Kelemahan, tidak mampu memotong ukuran bidang yang besar atau tebal.Akan tetapi karena soundcrew selalu berhadapan dengan perkabelan alat ini cukup vital



3.Multi tester


https://www.soundonmike.co.uk
multimeter

Multi tester secara umum adalah alat ukur yang dipakai untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik, dan tahanan (resistansi). Sedangkan pada perkembangannya multimeter masih bisa digunakan untuk beberapa fungsi seperti mengukur temperatur, induktansi, frekuensi, dan sebagainya. Ada juga orang yang menyebut multimeter dengan sebutan AVO meter, mungkin maksudnya A (ampere), V(volt), dan O(ohm).Alat ini biasa digunakan oleh sound engineer.


4.Soldering iron dan timah




Image from pixabay
solder dan timah

Soldering iron atau patri merupakan alat bantu dalam merakit atau membongkar rangkaian elektronika pada rangkaian yang terdapat pada papan PCB.alat ini lebih cocok dibawa oleh teknisi sound.

Nah itulah beberapa alat wajib yang biasa dibawa oleh para soundcrew dari sound system' rent.semoga bermanfaat