DIY: memperbaiki crossover behringer

Ini postingan kategori apa yah?
Apa sajalah,yang jelas postingan kali ini seputar DIY:memperbaiki crossover behringer yang mati mendadak.

crossover

Berawal dari WhatsApp kolega saya yang mengatakan bahwa salah satu crossover console yang tim kami miliki mengalami trouble yaitu mati mendadak.Berhubung saya sedang libur,jadi saya meminta kolega saya untuk menyimpannya diworkshop kami.

Pada hari berikutnya ketika saya masuk kerja,perhatian saya langsung tertuju ke console yang rusak tersebut.Berdasarkan cerita bahwa console tersebut mengeluarkan bau gosong.

Kecurigaan awal saya bermula pada board PCB yang ada didalamnya.namun setelah diperhatikan PCB nampak masih baik baik saja.

cross x

Lalu kecurigaan saya pun beralih ke sikring pada panel belakang console ini,letaknya agak tersembunyi,berada pada steker AC input

crosover behringer

Langsung saja saya congkel tempat penyimpanan sikring tersebut,dengan menggunakan obeng kecil.Dan benar saja ternyata sikring ya putus๐Ÿ˜Š
memperbaiki crossover behringer
Karena situasinya urgent saya mencoba dengan membuat ulang sikring yang putus dengan cara memanaskan bagian logam sikring dengan solderan saya dan mengganti kawat sikring yang putus dengan kawat tembaga yang saya ambil dari kabel yang Tak terpakai.

memperbaiki crossover behringermemperbaiki crossover behringermemperbaiki crossover behringer


Setelah sikring tersebut jadi saya pasang kembali sikring tersebut dan saya hidupkan kembali crossover yang mati ini,dan....walah...hidup bersemi kembali.....๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š.
Namun setelah beberapa lama ketika saya ingin mecoba testing crossover tersebut ternyata crossover tersebut mendadak mati lagi,dan mengeluarkan aroma seperti sesuatu yang terbakar,ternyata bagian power suply dari crossover tersebut ada part yang gosong bahkan ada yang prack capasitornya.


Berhubung part yang saya butuhkan musti dibeli terlebih dahulu,maka artikel kali ini saya sudahi dulu sampai disini,untuk kelanjutannya tunggu artikel saya yang selanjutnya yah....
Salam blogger!!!