Jenis dan cara setting sound system live

Cara setting sound system live

Sound system live memiliki keunikan tersendiri dalam hal set up peralatan dan piranti yang ada didalamnya.Banyak alat pendukung yang digunakan akan semakin rumit pula system yang digunakan,bagaimanakah cara setting sound system live dan apa sajakah jenis jenisnya?  Nah kali ini sound on Mike akan mencoba menerangkan cara dan beberapa jenis settingan system khusus untuk live audio atau publik address(PA).

cara setting sound system live

Namun, sebelum kita mengetahui cara setting sound system live,kita juga harus mengetahui system apa sajakah yang biasa digunakan dan apa pengertian dari arti kata pada system itu sendiri. Inilah beberapa jenis system yang biasa digunakan dalam setting sound system live.

Jenis jenis setting System sound live

1.System direct

System ini merupakan system paling sederhana diantara system yang lainnya,dikarenakan system ini hanya melibatkan beberapa piranti utama saja,seperti mixer,graphic equalizer dan power amplifier yang langsung menuju ke speaker output.Dalam skema penerapannya, system ini terlihat sangat simple dalam hal penerapan settingan.Maka dari itu system ini merupakan system basic dari settup sebuah sound live.Dan mungkin paling banyak digunakan oleh rental rental berskala kecil yang ada diindonesia saat ini.

Skema routing system direct :

  1. Output instrument -> input channel mixer
  2. Output master mixer -> input equalizer channel
  3. Output equalizer channel -> input power amplifier channel(dapat di jumper ke input channel power amplifier lainnya)
  4. Output power amplifier channel -> input speaker box

2.System biamp

System biamp merupakan system pengembangan yang didapat dari kelemahan system direct.Dimana system direct tak memiliki pengaman elektronik sama sekali terhadap speaker outputnya.
System biamp memang agak sedikit rumit dibandingkan dengan system direct,hal ini disebabkan oleh bertambahnya piranti pendukung seperti console elektronik pemecah frequensi atau biasa disebut aktif crossover atau sekarang biasanya menggunakan DLMS(digital management loud speakers). Untuk mengetahui bagaimana routing dan cara setting system biamp bisa kalian baca di Cara setting crossover sound system.

Nah itulah jenis dan cara setting sound system live yang banyak digunakan saat ini. Sekian dari saya
Semoga bermanfaat!