Antara keyword dan basic common knowladge

Copyright © 2017 sound on mike.Sebagai seorang blogger,keyword merupakan senjata andalan selain SEO offpage.Kenapa Keyword harus di riset?Karena keyword lah sebuah artikel dapat muncul dalam hasil pencarian disearch engine.

Nah kali ini saya akan membahas sedikit keyword berdasarkan pada knowladge atau ilmu pengetahuan terhadap user dari search engine.Sebagai mana yang telah kita ketahui sebagai seorang blogger target pasar kita ialah user dari search engine bukan?Nah maka untuk mendatangkan target kita tersebut butuh sedikit analisa mengenai keyword yang tepat buat blog kita atau biasa juga disebut riset keyword.

Hal ini berhubungan erat dengan hasil analistik dan analisa dasar kita sebagai pemilik blog.Lalu apa saja hal yang dibutuhkan untuk menganalisa keyword yang tepat buat pengunjung organik diblog kita?Langsung saja yah....

Riset keyword dan LSI

Hal hal yang dibutuhkan dalam proses riset keyword

1.Memanfaatkan analystic tools

Yup,analystic tool merupakan salah satu tool yang paling baik untuk dijadikan referensi kita dalam menentukan pengunjung yang tertarget.Hal ini dikarenakan pada fitur beberapa analistik tools pasti memiliki fitur pemirsa didalamnya.Sebagai contoh tools analystic yang baik adalah google analystic dan histat.

Analystic tool akan memberikan laporan yang mendetail perihal pemirsa dari blog kita,baik dalam hal halaman landing,umur,gender,OS yang digunakan sampai pada provider internet yang mereka gunakan dalam menikmati tiap artikel yang blog kita miliki.
Silahkan baca juga:
 Proses artikel menuju pageone google

2.Menggunakan keyword planner

Penggunaan tool keyword planner bertujuan untuk mengetahui seberapa besar volume pencarian user berdasarkan trend pencarian disearch engine berdasarkan pada Niche artikel kita nantinya.Selain volume pencarian,keyword planner tool juga memberikan gambaran mengenai tingkat persaingan dan nilai cpc pada keyword tersebut.

Lalu apa fungsinya yah?

Nah,karena kita sedang berusaha untuk meriset,dibutuhkan data data semacam ini sebagai acuan kita untuk membuat artikel seperti apa nantinya dan pastinya harus berisi keyword tersebut.Volume pencarian bisa dijadikan tolak ukur berapa banyak nantinya jika kita berhasil menempati posisi dipageone serp,sedangkan persaingan adalah jumlah pesaing blog atau situs yang menggunakan keyword yang sama dengan perhitungan persentase yang hanya search engine yang mengetahuinya.

Kemudian cpc,berguna untuk mengetahui harga dari sebuah artikel jika keyword tersebut berada diartikel kita,cpc ini lebih mengarah kepada hasil bid/tawaran penghasilan seorang publisher dari advertising network yang dipasang diblognya.

Contoh beberapa keyword planner seperti AdWords,keywordeverywhere,ahref keyword seggestion,dsb.

3.Penelusuran analystic search console

Penelusuran analystic search console berguna untuk mengetahui hasil kueri dari keyword yang dimasukkan kedalam kotak penelusuran dan akan menampilkan artikel kita dalam pencarian tersebut beserta posisi artikel kita diserp.
Hasil ini dapat digunakan sebagai acuan untuk penanaman internal link yang memiliki relevansi keyword dari artikel yang telah ada ke artikel yang akan dibuat berdasarkan kata kunci atau keyword yang didapat dikeyword planner tool.

4.penggunaan google search

Lho kok pake google google juga sih?
Tenang,penggunaan Google search itu memiliki fungsinya tersendiri,yaitu dalam mencari persamaan keyword atau biasa disebut sebagai Latent semantic indexing(LSI) keyword.

Bukankah tiap anda membuat kalimat akan muncul kata kunci yang disarankan?
Begitu pula kalimat kalimat yang berjejer dibawah halaman pencarian memiliki korelasi kata kunci dengan kueri yang kita ketikkan pada search box(kotak telusur).

Nah kalimat kalimat inilah yang dinamakan LSI,dan dapat kita manfaatkan agar keyword yang tertanam pada artikel kita memiliki korelasi dengan keyword keyword yang menyerupai keyword utama dari artikel kita.Itulah fungsi utama dari google search.Riset LSI.

Nah sepertinya beberapa cara diatas sudah lebih dari cukup sebagai modal dalam meriset keyword yang akan dijadikan bahan artikel kita nantinya.Mungkin bila ada cara cara yang kurang,Sudilah kiranya membagi pengalamannya didalam box komentar dibawah postingan saya kali ini.
Semoga bermanfaat


Komentar

  1. Saya kira poin penting yang tidak boleh ketinggalan adalah kualitas konten yang mudah dipahami dan informatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju...namun jika saya tulis disini nanti akan ada perbedaan topik,karena kualitas konten bentuknya tersirat dan tak tersurat,mungkin next bisa bikin postingan masalah kualitas konten itu seperti apa....makasih gan buat syaratnya😊

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish