3 cara terbaik praktik SEO pada blog ditahun ini

SEO

Menerapkan SEO pada blog
Pic:pixabay

Copyright © 2017 sound on mike.Pada kesempatan kali ini,saya akan mencoba menjelaskan tata cara penerapan SEO yang baik pada blog ditahun 2018.
Sebenarnya banyak para blogger yang melupakan tehnik ini,dan menganggap SEO merupakan hal yang tak penting,padahal secara tak sadar mereka pun sebenarnya menerapkan SEO tersebut.

Saya pun dahulu beranggapan bahwa SEO bukanlah sebuah kepastian,dikarenakan banyaknya orang yang menuliskan tentang hal ini dengan berbagai macam gaya bahasa dan gaya penerapannya.

Namun karena rasa penasaran saya akan 1 hal ini akhirnya saya memutuskan untuk membuat sebuah riset pribadi dalam hal SEO.Bentu dari rasa penasaran saya bisa  anda baca dipengalaman ngeblog diblogspot

Inilah 3 bentuk pengoptimalan hasil dari riset saya mengenai SEO yang katanya sulit dipelajari namun sangat penting keberadaannya untuk keberlangsungan blog yang kita miliki.Ini merupakan praktik dari penerapan yang berkesinambungan,bukan dengan cara praktik yang berkutat pada satu pokok bahasan saja.
Contoh:
Anda terlalu fokus terhadap SEO onpage,namun anda lupa dengan SEO offpage dan keyword Optimation maka anda gagal dalam penerapan SEO.
Rumus kongkritnya adalah equalisasi atau penyetaraan seperti rumus dibawah ini:
SEO onpage+SEO offpage+keyword Optimation=Pageone di SERP

3 cara terbaik praktik SEO ditahun 2018

1.SEO onpage


SEO onpage terdiri dari beberapa bagian penting yang coba saya pilah sendiri menurut pemahaman saya,semoga anda yang membaca artikel ini akan lebih mudah memahami juga.Karena SEO onpage selalu berhubungan dengan tampilan blog yang akan anda suguhkan kepada pengguna search engine,maka search engine akan memilih blog yang memiliki :


- Responsive templete

Kecepatan loading situs merupakan awal dari terpilihnya sebuah situs yang layak bagi pengguna search engine,sehingga search engine akan mengkategorikan situs yang memiliki kecepatan loading yang baik sebagai situs yang layak berada dihasil pencarian tertinggi.Beberapa situs speed check buatan Google bisa menjadi tempat anda untuk mengetahui kecepatan loading yang dimiliki oleh situs anda.
Diantaranya:



Kedua situs speed checker diatas sudah cukup untuk mengetahui speed load situs yang kita miliki.


- Structured Data

Struktur data merupakan bagian terpenting dalam menentukan type blog,waktu penerbitan,waktu modifikasi atau optimasi,profile penulis,dan lain halnya yang berkaitan dengan keabsahan struktural blog yang anda miliki.
Hal ini dapat membuat web crawl dapat mengenali bentuk dan type artikel yang kita miliki.Malahan hal ini sangat dibutuhkan oleh adsbot yang memerlukan struktural blog dalam menentukan nilai dari sebuah blog bahwa blog yang kita miliki memang dibuat untuk manusia atau sebagai deteksi awal user x buat crawlbot search engine.


Baca juga: Blog walking

- Minimum error page agar lebih mudah terindeks oleh crawl search engine

Sudah tak bisa dipungkiri bila sebuah blog baru lahir sudah dipastikan memiliki nilai eror yang sangat banyak,baik dalam segi penulisan,penempatan gambar,struktural artikel sampai kepada duplicate content dan mixed content.Duplicate content dapat mengganggu nilai rank kita Dimata search engine,bahkan duplicate content,mixed content,match content,brokenlink dsb,akan mempengaruhi robot crawl kala mereka merayapi blog atau website yang kita miliki.Bahkan dampaknya dapat mempengaruhi waktu loading dari blog atau website kita.Maka cara terbaik adalah untuk sesegera mungkin meminimalisir eror yang dimiliki oleh blog/website kita.Caranya bisa menggunakan beberapa tool SEO yang tersedia didunia Maya.Atau anda bisa mencoba beberapa tools yang telah saya tulis didalam artikel saya yang berjudul 3 free SEO tools.



2.SEO offpage

SEO offpage sebenarnya lebih sederhana artiannya namun tingkat kesulitannya lebih sulit dari yang dibayangkan.Pada dasarnya SEO offpage adalah cara agar url kita tersebar ke seantero dunia Maya,sehingga blog atau website kita menjadi semakin populer.Untuk permulaan share ke media sosial merupakan jawaban terbaik,karena pemirsa media sosial akan mulai mengenali blog atau website yang kita miliki.Namun ada batasan yang tak diungkap oleh search engine.Karena peringkat atau rank yg kita miliki bukan berasal dari situs social media,melainkan dari hasil natural atau dari hasil pencarian si user search engine itu sendiri di kotak penelusuran.

Share melalui medsos hanyalah sebuah bentuk dari cara mendapatkan backlink di medsos tersebut.
Jadi,penerapan SEO offpage yang sebenarnya ialah terletak pada cara kita mendapatkan backlink dan menyebarkan link url yang kita miliki.Backlink merupakan penyangga dari konten situs sehingga sampai saat ini masih dijadikan tolak ukur guna mendapatkan rangking pada web yang ditunjuk oleh search engine.Dalam hal menentukan rangking hanya moz dan Alexa lah yang memiliki obligasi untuk menerbitkan rank sebagai rujukan bagi para search engine.

Untuk mengetahui rank dari situs atau blog kita,coba anda kunjungi situs berikut:







Di moz anda dapat mengetahui skor otoritas dari domain dan halaman situs atau blog anda,sedangkan di Alexa hanya berguna untuk mengklaim situs yang anda miliki.Namun jika hanya ingin mengecek score dari situs anda,beberapa tools yang tersedia dalam bentuk online banyak sekali tersedia saat ini.Namun saya rasa disini bukanlah tempat untuk membahas akan hal tersebut.


3.Keyword optimation

Hal ini merupakan bentuk akhir dari SEO.Karena SEO merupakan praktik seorang webmaster agar blognya dapat ditemukan oleh mesin pencari,keyword Optimation adalah salah satu cara agar keyword dari konten anda mampu ditemukan oleh user dari search engine yang akan mencari sesuatu disearch engine.

Itulah 3 faktor paling penting dalam penerapan SEO pada blog.Bila ingin bermain diranah keyword yang memiliki persaingan ketat,maka SEO onpage yang baik dan SEO offpage atau backlink merupakan penunjang konten yang berkualitas.Namun mesti diingat,backlink pun harus berkualitas,dengan kata lain kita diharuskan memiliki backlink dari situs yang relevan baik dalam hal Niche,isi konten,nilai relevansi dari sebuah backlink lah yang mampu menunjang konten yang kita miliki.



Sebagai contoh:

Sebuah blog perjudian lebih baik memiliki backlink sesama blog perjudian.
Bila blog perjudian menginginkan backlink dari situs/blog tutorial maka kedua situs akan mengalami yang namanya dampak backlink spam alias ketidak sesuaian dalam hal kebijakan yang dimiliki antar sesama situs,hal ini biasa tertuang dihalaman Term of service situs yang dimiliki.Alhasil penalti yang akan diterima.

Dari contoh diatas,kita dapat mengambil kesimpulan bahwa backlink berkualitas adalah backlink yang memiliki kesamaan kebijakan antar sesama situs.Bila kebijakan yang berbeda saling terkait maka googlebot akan menganggap kebijakan tersebut dilanggar oleh sipemberi kebijakan itu sendiri.

Nah,dari hasil pengamatan saya mengenai SEO diatas,saya harap sedikit banyak dapat dipahami oleh anda yang membacanya,sehingga anda sekalian pun dapat memahami yang namanya SEO itu adalah exact bukan lah sebuah ilmu yang selalu berubah.Yang ada malah penambahan bukan perubahan.Karena berubah beda artinya dengan ditambahkan.

Bila ada kata kata yang kurang dari penyampaian saya kali ini,saya mohon maaf,dan sebisa mungkin saya harapkan koreksi dari anda dikolom komentar dibawah ini,agar artikel ini dapat lebih bermanfaat bagi yang lainnya.
Salam.


Komentar

  1. Wah belum ada lanjutannya. Gpp udah terlanjut dimari... Komen dulu

    BalasHapus
  2. Wahh mantap sekali mas pembahasannya.. dan sekarang udah ada iklannya manstappp.. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk...makasih kang dah mau mampir...kan gara gara ente ini juga....hahahaha...

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish