Cara mengatasi Feedback audio

Copyright © 2017 sound on mike,Hello again buat para audio pros,kali ini sound on mike akan membahas topik yang cukup familiar dikalangan audio pro,saking familiarnya orang awam pun sampai hafal istilah yang satu ini,apakah itu?

Cara mengatasi FEEDBACK audio!!!!

Ya,siapa juga yang tak pernah mendengar istilah yang 1 ini....saya yakin anda pun sudah pernah mendengarnya bukan? 
Jadi....apa sih feedback itu? 
Silahkan baca juga:fungsi graphic equalizer
Feedback merupakan kata kata yang umum dikalangan para pelaku audio profesional,dan feedback audio ini adalah latensi krusial atau penyakit yang paling sering ditemui oleh para soundman.Bahkan feedback ini merupakan salah satu hal yang dapat mengurangi pembayaran gaji kita para soundman,heheheh...becanda Gan!!!!!

Sebenarnya feedback audio tidak hanya terjadi pada microphone,kadang dapat terjadi juga pada instrument yang menggunakan pickup seperti gitar,bass dan instrument lainnya yang menggunakan transducer atau biasa kita sebut sebagai spull.

Bahkan feedback pada frekwensi rendah sering dikaitkan oleh out of phase(fasa/kutub yang hilang)nya speaker FOH (far of house)yang dapat menyebabkan bocoran frekwensi rendah didalam stage atau panggung.
Jadi apa sih feedback itu?
secara harfiah akan coba saya jelaskan sebisa mungkin yah....

Pengertian dari feedback audio

Feedback audio adalah proses penangkapan signal audio melalui transducer(objek yang memiliki lilitan dan berfungsi untuk menerima signal) atau biasa kita sebut microphone yang mengirim signal ke Transformer(pengubah signal) seperti mixer lalu menuju power amplifier dan diteruskan kespeaker dan kemudian ditangkap kembali oleh transducer tersebut secara berulang ulang.

Mungkin gambar yang saya ambil dari situs resmi Harman dibawah ini akan menjelaskan maksud dari perkataan saya diatas
http://www.soundonmike.tk/2017/07/feedback-dan-cara-penanggulangannya.html
Pic by:harman

Dari gambar diatas bisa kita lihat proses terjadinya pengulangan signal yang diterima oleh sebuah microphone sebagai transducer dan pengiriman signal oleh beberapa peralatan elektronik audio sebagai Transformer nya secara continue.

Kejadian seperti ini sebetulnya dapat diminimalisir dengan menggunakan beberapa trik yang mungkin berhasil dan mujarab untuk mengatasi penyakit audio yang kerap kali muncul ditiap event event yang kita tangani. 


Dan inilah beberapa trik yang akan coba saya bagikan untuk anda.semoga bermanfaat

Beberapa cara menanggulangi feedback

  • Memaksimalkan nilai headroom gain,cara ini adalah cara paling sesuai menurut saya,namun anda harus menerapkan beberapa tehnik mixing untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan yaitu dengan tehnik standard broadcast unity Fader dan kontrol tombol PFL pada Chanel microphone yang terdapat pada mixer yang sedang kita gunakan.Penentuan tingkat level headroom dapat kita kontrol pada lampu indikator Mixer yang juga tertera pink spot didalamnya. 
  • Menjauhkan titik control speaker dari jangkauan microphone.Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa microphone yang menyebabkan feedback dikarenakan menangkap kembali signal dari speaker control maka cara terbaik dan terbijak ialah menjauhkan microphone tersebut dari sumber suara atau speaker control tersebut.
  •  Pengoptimalan cutting frequency pada graphic Equalizer. Cara ini adalah cara advanced,jadi sebaiknya gunakan opsi ini bila anda telah menguasai frequency suara,silahkan baca artikel ini terlebih dahulu sebelum anda menggunakan cara ini,contoh feedback high yang pekak ditelinga biasanya frequency yang tertangkap adalah antara 2,5khz smp 8khz,pastikan cut' frequency yang tepat,coba anda cut' dan kembalikan posisinya bila feedback tidak menghilang,namun bila feedback menghilang maka disitulah frequency laten feedback terjadi,dan jangan kembalikan posisi cutnya.biarkan saja yah😁 
  • Menggunakan console feedback destroyer.Cara ini merupakan langkah terakhir,kenapa?karena menurut saya cara ini terlalu memanjakan kita sehingga kita malas untuk mempelajari freqwensi penyebab dari feedback.namun bila cara diatas tidak mampu juga mengatasi masalah anda maka opsi feedback destroyer patut dipertimbangkan.

Itulah sekilas pengertian feedback dan cara penanggulangannya,Adapun tehnik mana yang cocok untuk Anda hanya andalah yang mengetahuinya,karena andalah yang memiliki tangan ajaib dan telinga super tersebut.semoga artikel ini sedikit banyak dapat membantu soudara sekalian.tetaplah mengasah great finger and supervision ear kalian.salam