Cara Menggunakan Mixer sound system

Cara Menggunakan Mixer sound system


Cara Menggunakan Mixer sound system

Mixing Konsol atau lebih kita kenal sebagai mixer dijual dengan jumlah channel yang berbeda beda dengan harga yang sesuai. Jika kita tahu apa yang bisa dilakukan oleh satu channel, maka kita juga akan tau bagaimana cara menggunakan semua  channel lainnya di mixer sound system kita. Setelah semua channel diatur maka semua signal akan dimasukkan ke bagian master. Ini membuat pencampuran signal antar channel tak terlalu dominan dan lebih terkontrol.

Untuk memulai mempelajari cara menggunakan mixer maka kita mulai dari atas,yaitu channel mixer pertama atau channel nomor 1. Dan kita harus tau bagian bagian yang ada didalamnya. Diantaranya :

Gain

Biasanya terletak di bagian teratas dari channel. Ini mengontrol berapa banyak sinyal yang masuk ke mixer. Anda juga bisa menganggapnya sebagai sensitivitas. Ini biasanya diatur sekitar pukul 11 atau lebih. Namun, tidak ada aturan pasti di mana mereka harus atau tidak harus ditetapkan. Jika ada lampu peak level per channel (kadang-kadang terletak di atas fader) menyala itu menandakan bahwa kita mengirim sinyal terlalu banyak pada channel ini. Hal Ini menandakan kliping, yang dapat mengakibatkan distorsi. Ini dapat dikurangi menggunakan gain di bagian atas saluran.

Mic atau line level

Tombol ini terletak di bagian atas. Tombol ini digunakan untuk memilih apakah yang kita tancapkan ke channel itu berjenis mikrofon atau perangkat level line seperti pemutar CD, pemutar DVD, iPod, dll.

Phase

Tombol phase terlihat seperti lingkaran dengan garis melaluinya. Tombol ini akan mengubahkan sinyal dari fasa (membalik positif ke negatif). Sebagian besar kasus ini tidak boleh digunakan. Contoh penggunaan yang benar: miking snare drum dengan mikrofon di atas dan satu di bawah. Anda akan meng- out of phase(fasa terbalik) mikrofon bagian bawah dari fasa awal untuk mencegah suara ter canceled dikarenakan kesamaan fase antar kedua mic. Selain skenario tertentu, semua mikrofon harus dalam keadaan in-phase(normal,tak berubah fasanya) untuk hasil yang bersih.

Phantom Power 48+

Ini adalah tombol catu daya untuk mikrofon kondensor electret. Beberapa mikrofon membutuhkan daya dari phantom power untuk beroperasi, seperti pada mic paduan suara, podium dan beberapa mikrofon vokal yang sebagian besarnya merupakan mic kondensor. Phantom power tidak akan memengaruhi mikrofon lain yang tidak memerlukannya. Mixer berbiaya lebih rendah hanya akan memiliki satu sakelar 48V yang dapat diletakkan di bagian belakang mixer. Sedangkan mixer lain yang harganya lebih mahal akan memilikinya di setiap channel.

EQ

Bagian EQ digunakan untuk 'menyesuaikan' suara dengan keinginan Anda. Mixer biasanya memiliki penyesuaian bass dan treble (juga disebut hi dan low, LF, HF, dan lainnya), yang menyesuaikan frekuensi dengan rak. Ini mirip dengan kontrol radio mobil Anda. Beberapa mixer memiliki mids tetap, dan yang lain memiliki mids Sweepable. EQ yang dapat disweep memungkinkan untuk memilih frekuensi, dan kemudian memotong atau meningkatkannya.

Aux

Campuran Aux disesuaikan secara terpisah dari mixer utama. Mereka berguna untuk membuat monitor, rekaman, dan campuran lainnya. Ada 2 jenis auxes: pre-fader dan post-fader. Beberapa mixer memiliki konrol fix, yang lain dapat dipilih dengan tombol. Pre-fade berarti sinyal diambil sebelum fader, dan fader tidak akan mempengaruhi sinyal. Ketika Anda memindahkan volume fader ke atas dan ke bawah, volume itu tidak akan memengaruhi volume aux Anda. Dalam mode pasca-fader, mengubah volume fader juga akan mengubah volume aux Anda, karena sinyal diambil setelah fader. Anda akan menggunakan mode pre-fader untuk monitor panggung Anda, dengan cara itu campuran instrumen tidak terpengaruh oleh kontrol house(channel asal signal). Mode post-fader digunakan untuk merekam, dan efek seperti reverb. Sinyal diambil setelah fader, sehingga gerakan membuat di house menindak lanjuti aux. Rekaman Anda dapat memiliki fade in dan efek Anda dapat tetap proporsional. Di bagian Master, ada keseluruhan ‘aux master’ untuk setiap baris aux.

Pan Stereo Kiri dan Kanan

Jika Anda tidak menggunakan sub fader, tombol pan harus tetap berada di tengah, untuk memastikan campuran yang sama keluar dari speaker kiri dan kanan. Ini diinginkan untuk pengaturan PA. Ini menetapkan saluran ke sub fader kiri atau kanan. Beberapa mixer juga akan memiliki output mono. Mixer Anda mungkin memiliki fader sub group(kumpulan signal suara house), yang salurannya dapat ditetapkan untuk masing-masing sub group atau kiri dan kanan untuk semua output. Untuk menetapkan pan ke sub grup 1 & 2 Anda akan menekan tombol berlabel grup 1 dan memutar kenop pan Anda ke kiri, pada sub grup 2 Anda akan memutar pan Anda ke kanan. Sub grup 3 dan 4 akan menggunakan tombol 3 & 4 dan menggeser dengan cara yang sama.

Tombol PFL (Pre-fade listen)

Tombol ini digunakan untuk memantau setiap saluran di headphone. Terlepas dari mute, volume, pengaturan house, Anda dapat melihat pratinjau sinyal. Akan ada lampu di bagian utama (dan setiap saluran) yang menunjukkan status PFL. Anda dapat memantau lebih dari satu saluran sekaligus. Saat Anda tidak memantau saluran, Anda akan dapat mendengar seluruh campuran di headphone Anda. Saluran individu dapat diisolasi untuk pemeriksaan lebih dekat. Jika Anda memiliki mixer dengan AFL (After-fader listen), Anda dapat mendengarkan campuran yang terisolasi.

Fader

Naikan slot fader ke atas dan ke bawah untuk mengontrol volume di output utama.

Ini adalah prinsip dasar dari channel mixer analog. Setelah Anda mengetahui cara kerja mixer analog, pengetahuan ini dapat diterapkan ke mixer digital.

Catatan penting :
Luangkan waktu untuk bermain (dalam waktu nyata, latihan?) Dengan mixer sehingga Anda dapat memperluas pengetahuan Anda

Semoga bermanfaat!