Cara merawat mixer audio agar selalu baik performanya

Tips merawat mixer

Anda pernah menemui mixer audio anda mengalami kendala dalam mengirim signal dari channel ke main output?

Cara merawat mixer audio

Mungkin anda lupa untuk merawat mixer audio anda.Hal semacam ini sebenarnya tak akan terjadi jika anda menerapkan beberapa tips ringan dari saya perihal merawat mixer audio yang akan saya jelaskan sesaat lagi.

Merawat mixer audio sudah menjadi sebuah keharusan bagi pemilik mixer,dikarenakan harga mixer kesayangan anda tergolong tak murah bukan?

Apalagi kendala tersebut terjadi ketika sedang diadakan pagelaran dan pentas seni,bukan saja malu yang anda dapat karena anda dikomplain oleh klien,tapi kepercayaan akan branding rental anda pasti ikut menurun.Karena pasar diindonesia perihal rental sound system itu paling ampuh jika strategi marketing yang diterapkan ialah dari mulut kemulut.

Bayangkan jika image anda rusak hanya karena kurangnya perawatan pada mixer atau mixing console yang anda miliki...
Untuk meminimalisir kendala tersebut,mari kita simak sedikit tips dari saya tentang cara merawat mixer audio kesayangan anda.

Alat alat yang dibutuhkan

Untuk merawat mixer ada beberapa alat bantu yang perlu anda sediakan,diantaranya:

Kuas


Berfungsi untuk menyingkirkan debu debu yang menempel pada permukaan board mixer karena pemakaian diluar ruangan yang memiliki intensitas tinggi.

Oli bekas


Berfungsi menyingkirkan karat pada potensiometer,fader volume,switch atau saklar dan segala bentuk karat yang terjadi akibat kelembaban yang disebabkan oleh paparan udara yang diterima oleh mixer audio,seperti ruangan ber AC,terkena percikan hujan dan sebagainya.
Note:Jangan pernah menggunakan cairan pembersih atau spray perontok karat pada mixer audio,karena akan memperburuk kondisi potensio dan switch mixer yang anda miliki.

Obeng

Berfungsi untuk membuka skrip yang menempel pada body mixer jika hendak memperbaiki bagian bagian yang rusak,seperti fader volume yang sudah mulai haus.

Solder dan timah juga sedotan timah

Berguna dalam reparasi mixer.

Tata cara merawat mixer

Untuk melakukan perawatan sebaiknya anda ikuti tatatcara berikut ini
Buka hard casing tempat anda menyimpan mixer dan keluarkan mixer anda dari hardcasenya

Kemudian gunakan kuas untuk membersihkan debu debu yang menempel pada permukaan mixer,usahakan untuk menyapu debu tersebut kearah samping,agar debu tak masuk kedalam sela sela fader volume

Cek eror mixer dengan memberikan sinyal audio,deteksi dichannel mana,bagian apa yang patut direparasi atau dirawat.

Jika fader volume terdengar Gresek atau terjadi cacat suara ketika fader tersebut dinaikkan,cara terbaik ialah memberikan oli bekas kedalam sela sela fader volume tersebut sambil anda naik turunkan fader volume tersebut.

Jika pada potensio lakukan hal yang sama dengan diatas Sabil anda putar putar potensiometer nya.

Jika pada switch ambil knob switch lalu teteskan oli bekas,tutup kembali dengan knob switch lalu tekan tekan agar oli mengenai part switch yang ada didalam switch tersebut.

Pantau tiap perubahan melalui signal audio

Jika kendala sudah hilang berarti mixer anda telah kembali pada performa terbaiknya.

Jika kendala tetap muncul,itu artinya mixer anda perlu direparasi.

Nah untukereparasi part mixer mungkin akan saya bahas dilain artikel.Sekian tips perawatan mixer dari saya kali ini,jika ada yang kurang jelas dalam penulisan saya sebagai penulis memohon maaf,dan jika anda ingin menambahkan sesuatu silahkan anda kirimkan melalui kotak komentar kami yang berada tepat dibawah artikel kami kali ini.
Semoga bermanfaat.


share this article to :

Comments

LAGI NAIK DAUN

Fungsi audio processor sound system( aksesoris sound system )