Pageview VS Pageview unik

Copyright © 2017 sound on mike.Sebagai seorang blogger,visitor merupakan target utama kita dalam membangun kesuksesan blog yang kita miliki.Sebagaimana sudah sering kita baca dipostingan blog blog besar yang ada didalam negeri ini,bahwa visitor merupakan ratu dari blog kita,sedangkan konten merupakan rajanya.Lalu dengan cara apa sih kita tau berapa banyak jumlah visitor kita perhari?Ya jelas dengan menggunakan analystic tools,seperti histat atau google analystic.

Lho bukannya di dashboard blogger juga ada?

mungkin buat anda pemilik blogspot kurang jeli membaca laporan dashbor anda,yang ada didashboard bukanlah laporan visitor,melainkan laporan mengenai pageview alias penayangan.Ngomong ngomong mengenai page view,mungkin ada baiknya kita bahas sedikit mengenai pageview.

Yang mungkin berkaitan:
Pageone Google


pageview unik


Ini kata google perihal pageview:


"Pageview adalah tampilan halaman di situs yang sedang dilacak oleh kode pelacakan Analytics. Jika pengguna mengklik muat ulang setelah membuka halaman, hal ini dihitung sebagai pageview tambahan. Jika pengguna berpindah ke halaman lain, lalu kembali ke halaman awal, maka tayangan halaman kedua juga akan didata".

Nah sudah sedikit paham kan perihal pageview itu apa?
Jadi pageview bukan lah jumlah visitor,melainkan jumlah tayangan yang diakumulasi dari beberapa kunjungan dari visitor blog anda.Dengan kata lain pageview adalah perilaku visitor anda.
Apakah jumlah pageview menandakan bahwa blog anda ramai pengunjung?
Belum tentu juga,bisa saja anda memiliki visitor 30 namun memiliki pageview 100.atau bisa juga anda memiliki visitor 100 dengan pageview 100.

Lalu apa indikasi yang menentukan bahwa blog kita ramai pengunjung?
Begini,pageview bukan hanya berasal dari manusia,pageview bisa juga dihasilkan oleh robot crawl yang dimiliki oleh situs yang memiliki robotcrawl,seperti googlebot itu sendiri,bingbot,yandexbot,alexabot dan lain sebagainya.
Lalu bagaimana cara untuk mengindikasikan bahwa kita memiliki real visitor atau human visitor alias orang asli?
ya saya akan balik bertanya pada anda,
Pernahkah anda mendengar istilah Pageview unik?


Kalau google sendiri sih bilang bahwa :


"Pageview unik, seperti yang terlihat di laporan Ikhtisar Konten, menggabungkan pageview yang dihasilkan oleh pengguna yang sama selama sesi yang sama. Pageview unik menunjukkan jumlah sesi ketika halaman itu dilihat satu atau beberapa kali."


Bila diliat dari penjelasan google diatas bahwa real visitor memiliki sebuah tindakan,berbeda dengan robot yang hanya sekedar mampir lalu pergi,seperti datang tak diundang pulang tak diantar,nah seperti itulah perbedaan real visitor dengan robot.

Visitor unik biasanya berasal dari search engine,(walaupun ada juga sebagian yang berasal dari situs sosial),yang mengklik hasil penelusuran dari kueri yang diinput melalui kotak penelusuran yang kemudian terhitung dianalitik akun sipemilik web,dikarenakan niat user untuk menggali apa yang sedang user tersebut cari,kemudian user tersebut melalukan beberapa tindakan,dari scrolling halaman yang dihitung lamanya tindakan mereka oleh analystik(kaya anda yang sedang asik scrolling diartikel saya ini) ,sampai tindakan mengunjungi halaman berbeda dari situs yang sama sehingga laporan bounce pun tersusun.Maka jadilah laporan Pageview unik ini.

Itulah mengapa salah satu situs pemberi rangking yang bernama alexa menggunakan metode ini sebagai tolak ukur kepopuleran situs anda.
Namun Alexa hanya spesifik melihat pengguna yang berasal dari search engine yah,klo sosmed sepertinya tidak,apalagi traffik bayaran yang mengandalkan bot sebagai visitornya.

Maka dari itu jangan sampai salah kaprah mengenai pageview yah....
Karena pageview bukanlah visitor,melainkan hasil tindakan visitor.klo mo laporan lengkap soal visitor coba histat,lebih mudah dibaca laporannya.hehehehe.....
Klo masih penasaran dan mau tau peringkat blog kalian di Alexa coba cek url milik kalian di siteinfo alexa.O iya klo mo kebuka semua fitur anda harus membuat akun premium dlu di Alexa.

Tampaknya tulisan saya kali ini sudah pada tahap akhir.Jadi bila ada kesalahan dalam penulisan atau kekurangan dalam penuturan gaya bahasa di sini,saya selaku penulis memohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya.Akhir kata dari saya

Semoga Bermanfaat.

sumber : google analystic support


Komentar

  1. Selalu memberi ilmu yang bermanfaat agan satu ini,jadi
    nambah ilmu nih.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan emg tujuan kita ngeblog buat berbagi mas ebleh Wases😊
      Makasih dah mampir...sukses dg blognya mas👍

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish