Perhitungan sederhana SPL

Apa sih SPL itu???

SPL adalah singkatan dari Sound Pressure Level atau dalam bahasa Indonesianya Tingkat Tekanan/kebisingan dari suara.adakah cara untuk mengetahui seberapa kuat daya tekan dari suara tersebut?sudah dipastikan ada,karena ia adalah bentuk dari sebuah gaya maka rumus matematika sederhana yang akan diuraikan dibawah ini akan sedikit memberikan penerangan pada kita tentang perhitungan sederhana secara matematis tentang gaya tekan suara.

Perhitungan gaya suara/SPL

Seperti yang saya kutip dari tulisan karya Mike bannon&Frank kaputa :
Saat orang ingin mengukur  tingkat kebisingan, sudah pasti ada hubungannya dengan desibel. Ini mungkin saja berkaitan dengan seberapa keras suara musik band rock, mesin jet, atau kebisingan kota. 

Jadi apakah itu desibel ?

Untuk menjawabnya, mari kita lihat dulu apa itu SOUND PRESSURE(tingkat kebisingan). Suara diukur dengan perubahan tekanan udara. Semakin keras suaranya, semakin besar tekanan udara yang berubah. Perubahan di sini adalah perubahan dari tekanan atmosfir normal hingga gangguan yang dilakukan oleh suara. Perubahan tekanan ini bisa diukur dengan perangkat atau komputer dengan mikrofon khusus.

 Sound pressure biasanya diukur dalam pascal, yaitu unit SI (metrik). Satuan pascal (simbol Pa) sama dengan kekuatan satu newton per meter persegi. Satuan pascal adalah satuan terkecil jika dibandingkan dengan satuan tekanan yang umum dikenal, seperti pound per inci persegi. Misalnya, tekanan ban 35 pound per inci persegi sama dengan sekitar 241.000 pascal, atau sekitar 241 kilopascal. Tekanan suara terkecil dari telinga manusia bisa didengar adalah 20 micropascals (0.000020 Pa). Jadi satuan ukuran ilmiah yang mudah digunakan ialah: 2.0 × 10(pangkat-5) Pa 

kita akan menggunakan ini nanti sebagai referensi.
Mari kita lihat tabel dibawah ini


 Sumbertingkat tekanan suara
(Pa)
Suara daun0.0000632
Suara orang mengobrol0.01
Suara TV dirumah0.02
Suara mobil dijalanan0.1
Suara ketukan palu2.0
Suara mesin jet dari jarak 100 yards100
Kebisingan band rock200
Suara mesin jet dari jarak 1 yard630
Seperti yang dapat Anda lihat, angka-angka ini berkisar dari yang sangat kecil, dengan empat nol setelah titik desimal, sampai angka ratusan. Agar bekerja dengan rentang angka ini lebih mudah diatur, skala logaritma khusus telah dirancang.

Untuk menyegarkan ingatan kita, fungsi logaritma adalah kebalikan dari fungsi eksponen. Contoh eksponen adalah:

Sound Pressure level




 



Berikut dari fungsi logaritmik ini (log10), adalah sebagai berikut: 


Sound Pressure level




 



Unit desibel (simbol dB) adalah unit logaritmik yang mengekspresikan rasio antara dua nilai. Desibel itu dinamai untuk menghormati ilmuwan terkenal Alexander Graham Bell (1847-1922). Saat mengukur suara, kita menggunakan rumus logaritma berikut untuk menentukan tingkat tekanan suara (SPL) dalam desibel.

Sound Pressure level






Berikut adalah tekanan suara yang kita ukur, dan Pref adalah referensi kita, tekanan suara terkecil yang bisa kita dengar, 2,0 × 10(pangkat -5) Pa (Anda ingat ini, kan?). Misalnya, jika kita mengukur tekanan suara 0,4 Pa, kita bisa menentukan SPL di dB:

sound pressure level

Jadi perubahan tekanan 0,4 Pa setara dengan sekitar 86 dB. Jika Anda tidak ingin melakukan perhitungan matematika atas semua contoh di atas, berikut adalah tabel yang sama, sekarang termasuk tingkat tekanan suara.



Sumbertekanan suara (Pa)Sound Pressure Level (dB)
Suara daun0.000063210
Suara mengobrol0.0154
Suara TV0.0260
Suara mobil dijalan raya0.174
Suara ketukan palu2.0100
Suara mesin jet dari jatak 100 yards100134
Kebisingan rock band200140
Suara mesin jet dari jarak 1 yard630150



Seperti yang bisa Anda lihat, sekarang kami memiliki rentang angka yang terlihat lebih sederhana - dari 10 sampai 150 - bukan rentang dari jumlah yang sangat kecil hingga jumlah ratusan. Jika Anda ingin mencoba formula tadi dengan menambahkan nilai tekanan yang berbeda,Mungkin anda akan melihat bahwa untuk setiap kenaikan 20 dB, tekanan suara akan meningkat 10 kali. Itu karena skala dengan desibel tidak linier, melainkan logaritmik. Hal ini digunakan untuk menghasilkan angka yang lebih kecil, bukan rentang dari yang sangat kecil kerentanan yang lebih besar.
Untungnya, saat ini banyak perangkat yang dapat mengukur tingkat tekanan suara dan perhitungan matematika untuk kita diluaran sana, dan memberi kita tingkat tekanan suara dalam desibel yang akurat.jadi kita tak perlu repot repot lagi menghitung SPL secara manual lagi...teknologi memang pemberi solusi yah😁
Baiklah sekian dulu dari saya...have a nice day